kemasan makanan unik dan menjual

Tips Membuat Kemasan Makanan Unik yang Menjual

Kemasan makanan sebuah produk tidak bisa dibuat asal-asalan. Sebab fungsi utama dari sebuah kemasan selain untuk menjaga mutu produk juga untuk menampilkan image serta pandangan terhadap isi produk yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu dari segi desainnya pun haruslah menarik.

Kemasan produk yang baik seharusnya mampu membuat orang yang melihatnya langsung tertarik dengan apa yang menjadi isinya. Coba Anda perhatikan kemasan produk yang sudah terkenal. Rata-rata selalu memiliki kemasan yang unik dan juga menarik.

Apalagi untuk kemasan produk makanan. Kemasannya paling tidak harus mampu mempresentasikan kelezatan makanan yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, wajar saja jika packingan produk bisa menjadi salah satu faktor utama keberhasilan sebuah bisnis makanan.

Fungsi Kemasan Makanan untuk Keberhasilan Bisnis

Pastinya bukan tanpa tujuan sebuah produk di kemas sedemikian rupa. Namun yang pasti alasan utamanya tidak hanya sekadar sebagai pembungkus sebuah produk. Artinya fungsi dari kemasan bisa dibilang tidak sesempit itu. Hal ini pun berlaku juga untuk packing makanan.

Nah, berbicara mengenai fungsi kemasan pada makanan, paling tidak memiliki 7 fungsi utama. Sebuah pengetahuan paling mendasar yang harus diketahui oleh Anda yang bergerak dibidang bisnis makanan ringan.

Lalu, apa saja fungsi kemasan produk pada makanan?

1. Wadah Makanan

Jika berbicara mengenai bisnis makanan, fungsi paling mendasar dari kemasan adalah sebagai wadah makanan. Wadah untuk membungkus makanan agar tidak tercecer. Sehingga produk tersebut aman sampai di tangan konsumen.

2. Melindungi Makanan

Fungsi kedua adalah untuk melindungi makanan itu sendiri. Melindungi makanan agar tidak rusak pastinya. Apalagi dalam hal ini bisnis yang Anda geluti adalah bisnis makanan. Yang potensi kerusakannya sangatlah besar. Oleh sebab itu, usahakan untuk memilih kemasan makanan ramah lingkungan dan dapat melindungi makanan dari kerusakan.

3. Identitas Produk

Fungsi kemasan yang ketiga adalah sebagai identitas produk makanan itu sendiri. Lewat label yang ada pada kemasan tersebut, pembeli bisa langsung mengenali produk makanan yang ada di dalamnya. Selain itu lewat kemasan ini pembeli bisa membedakan produk makanan Anda dengan produk sejenis lainnya.

4. Memudahkan Proses Distribusi dan Perhitungan

Sebagai pebisnis, Anda harus paham kunci efisiensi dalam aktivitas perpindahan suatu produk. Dalam hal ini tentunya perpindahan produk dari produsen ke konsumen. Nah, dalam hal inilah fungsi utama dari sebuah bungkusan makanan.

Kenapa?

Karena produk yang dikemas rapi pastinya akan membuat proses distribusi serta perhitungan menjadi lebih mudah. Selain itu, adanya kemasan pun akan membuat proses penyimpanan menjadi lebih mudah.

5. Meningkatkan Daya Tarik

Inilah yang menjadi alasan utama kenapa jika Anda perhatikan setiap produk berbeda-beda kemasannya. Dan hal seperti ini pun terjadi pada produk makanan ringan. Sebab, pada akhirnya kemasan bisa menjadi strategi promosi produk untuk meningkatkan daya tarik pembeli pada produk makanan itu sendiri.

Coba Anda perhatikan makanan ringan seperti keripik singkong. Pebisnis yang ala kadarnya membungkus makanan tersebut dengan kemasan plastik biasa pasti menjual harga keripik singkong dengan harga yang relatif murah.

Berbeda dengan kemasan keripik singkong yang beredar di supermarket. Harganya bisa 5 kali lipat dibandingkan keripik singkong yang dijual dengan kemasan biasa. Padahal dari segi rasa tidak jauh berbeda.

6. Memperluas Pemasaran

Kemasan makanan unik dan menarik tentunya bisa berfungsi untuk memperluas pemasaran. Sebab produk makanan yang dikemas menjadi beberapa bentuk bisa membantu memperluas area pemasaran. Itulah kenapa terkadang satu merek makanan memiliki kemasan yang berbeda-beda.

Baca juga : 8 Strategi pemasaran produk baru paling efektif

7. Sarana Informasi dan Iklan

Bungkus pada sebuah produk makanan juga bisa berfungsi sebagai sarana informasi dan iklan. Hal ini disebabkan Anda bisa menyelipkan banyak informasi pada kemasan itu sendiri.

Informasi-informasi yang biasanya dimasukkan biasanya meliputi nama produk, nama perusahaan, kehalalan produk, tanggal kedaluwarsa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal tersebut tentunya bisa dijadikan sebagai salah satu sarana dalam beriklan.

Jadi seperti itulah fungsi dari kemasan plastik makanan. Nah, untuk membuat kemasan produk yang menjual, sudah pasti harus berpijak pada ketujuh fungsi kemasan di atas. Barulah akan tercipta sebuah kemasan produk terbaik.

Tips Membuat Kemasan Makanan yang Menarik

desain kemasan makanan ringan yang menarik

Sampai di sini pastinya Anda sepakat jika kemasan snack memiliki posisi yang sangat penting. Artinya kemasan tidak bisa dibuat asal jadi saja. Pastinya secara desain kemasan maupun bentuk harus dibuat dengan sebaik-baiknya.

Untuk menciptakan sebuah bungkus yang menarik, mungkin beberapa tips mendesain kemasan produk ini bisa Anda terapkan. Tips ini sebenarnya umum untuk semua jenis kemasan produk. Tetapi juga sangat baik jika diterapkan untuk kemasan produk makanan.

1. Buatlah Desain yang Sederhana

Kemasan yang baik justru kemasan yang dari segi desainnya sederhana. Meskipun demikian masih banyak yang salah persepsi dengan bentuk desain yang sederhana. Nah, yang dimaksud di sini adalah desain kemasan yang simpel namun menarik.

Selain itu, buatlah desain kemasan makanan yang mudah dibawa serta mudah dikonsumsi. Sebab desain kemasan yang ingin Anda buat adalah untuk produk makanan. Meskipun demikian, sebisa mungkin berikan kesan unik pada kemasan tersebut.

Baca juga : 17 Ide Usaha Makanan Ringan Paling Menjanjikan

2. Pilih Warna yang Cerah

Rata-rata warna kemasan produk terkenal adalah warna-warna cerah. Dalam hal ini Anda pun disarankan untuk mengikutinya juga. Alasannya warna cerah terkesan mencolok. Sehingga lebih mudah menarik perhatian konsumen.

3. Tambahkan Gambar yang Menarik

Ingat, salah satu fungsi utama dari kemasan adalah untuk menggambarkan isi yang ada di dalam kemasan tersebut. Itulah kenapa pada kemasan produk rata-rata didukung dengan sebuah gambar menarik dari produk itu sendiri.

Apalagi dalam hal ini Anda ingin membuat bungkus makanan yang menjual. Gambar pada kemasan bisa dijadikan sebagai media untuk menarik perhatian konsumen. Sehingga konsumen pun akan langsung membayangkan kelezatan makanan yang ada di dalam kemasan tersebut.

4. Tambahkan Data Legalitas

Mencantumkan data legalitas yang berasal dari lembaga pemerintah adalah hal yang harus ada pada kemasan produk makanan. Dengan demikian, konsumen pun akan yakin jika makanan yang Anda jual terjamin dari segi kesehatan dan kehalalannya.

Simak juga : 10 Jualan yang paling laku dan menguntungkan saat Ini

5. Struktur Kemasan Makanan

Anda harus memastikan produk makanan dari berat atau bobotnya haruslah seimbang dengan kemasannya. Ini untuk mencegah agar bungkusan makanan tidak terlalu berat. Sedangkan makanan yang ada di dalamnya justru ringan.

Kenapa harus dibuat seimbang, sebab jika makanan yang ada di dalamnya terlalu berat, kemasan mudah rusak atau robek. Dan jika makanannya yang terlalu enteng, maka akan membuat konsumen kecewa. Sehingga kapok untuk membelinya lagi.

6. Narasi atau Cerita

Saat ingin membuat kemasan produk makanan, jangan lupa untuk memasukkan narasi atau cerita yang berkaitan dengan produk makanan yang ada di dalamnya. Sebuah narasi atau cerita yang mampu membuat yang membacanya langsung tertarik dan ingin membelinya.

Narasi atau cerita ini berfungsi sebagai penjelasan bagaimana makanan tersebut layak untuk dikonsumsi hingga apa saja cerita menarik berkaitan dengan produk makanan tersebut. Dan jika memang dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk membuat narasi dalam bahasa Inggris juga.

Pada dasarnya mengulas mengenai trik membuat suatu kemasan bisa dibilang sangat kompleks. Sebab terkadang ada faktor tertentu sehingga membuat trik tersebut kurang efektif jika diterapkan.

Kalau Anda kebingungan membuat desain kemasan untuk produk makanan Anda karena tidak bisa desain atau tidak ada ide. Anda bisa percayakan desain kemasan produk Anda pada para jasa desain baik di daerah Anda atau secara online.

Contohnya saja Anda bisa memakai jasa desain dari sribu.com. Disana Anda akan menemukan banyak pendesain handal yang akan membantu membuat desain kemasan yang unik dan menarik.

Menciptakan kemasan makanan unik dan menjual memang tidak mudah. Analisis menjadi hal yang cukup penting untuk Anda lakukan. Dengan demikian Anda bisa menemukan cara terbaik dalam membuat kemasanĀ  yang menjual.

 

 

Tag: , , , , , , , , ,
Previous Post
strategi pemasaran produk baru
Pengembangan Diri Solusi Bisnis

8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

Next Post
ilustrasi ciri ciri pasangan selingkuh
Hubungan

10 Ciri Ciri Pasangan Selingkuh Yang Harus Anda Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *