14 Bisnis Tanpa Modal Untung Besar yang Bisa Anda Coba

ide bisnis tanpa modal untung besar

Mungkin Anda pernah bertanya dalam hati atau pada orang lain, bisakah memulai sebuah bisnis tanpa modal sepersenpun? Kedengarannya seperti tidak masuk akal. Namun, jika Anda mau memperhatikan secara seksama, sebenarnya ada beberapa bisnis yang bisa di mulai tanpa modal.

Kalau di bilang bisnis tanpa modal sama sekali, saya rasa mungkin tidak ada. Karena hampir semua peluang bisnis yang saya tulis di bawah ini tetap membutuhkan modal. Terutama keahlian dan tenaga Anda. Karena memang setiap bisnis apapun tetap membutuhkan sebuah keahlian.

Selain itu, Anda juga membutuhkan peralatan untuk menunjang usaha Anda. Tapi hampir semua peralatan tersebut biasanya sudah dimiliki sebagian besar orang seperti handphone, kouta internet, laptop dan lain sebagainya.

Jadi, intinya Anda tetap membutuhkan modal tapi tidak banyak. Seiring dengan perkembangan jaman, bisnis tanpa modal lebih banyak dilakukan secara online. Namun tetap ada juga yang bisa dilakukan secara offline.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Bisnis Tanpa Modal Online

Perkembangan internet yang sangat pesat memungkinkan seseorang bisa memulai bisnis tanpa mengeluarkan modal besar. Anda mungkin hanya butuh handphone, laptop dan kouta internet yang pastinya sudah Anda miliki.

Berikut contoh bisnis tanpa modal banyak yang bisa Anda lakukan secara online

1. Blogger Profesional

Bagi Anda yang suka menulis, tidak ada salahnya mencoba menjadi blogger profesional. Salah satu bisnis online ini cocok dijalankan siapa saja. Misalnya sebagai usaha sampingan karyawan, ibu rumah tangga bahkan para pelajar.

Jika Anda benar-benar ingin memulainya tanpa modal sepersenpun, Anda bisa memanfaatkan platform website gratisan seperti blogspot atau jomla. Di situs tersebut, Anda bisa langsung membuat blog gratis tanpa bayar sedikitpun.

Namun agar dapat menghasilkan uang dari blog, butuh waktu yang tidak sebentar. Anda harus membangun blog tersebut agar memiliki pengunjung atau trafik tinggi. Setelahnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk dapat penghasilan dari blog Anda.

Untuk itu, rutinlah membuat artikel unik dan berkualitas untuk mendatangkan trafik. Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Salah satu yang paling populer dan banyak dijalankan para blogger pemula adalah mengikuti program PCC Google Adsense.

Blog matahidup.com sendiri Alhamdulillah sudah bisa memberikan penghasilan rutin untuk saya tiap bulan dari Google Adsense. Intinya semakin banyak pengunjung, penghasilan Anda akan semakin besar.

Selain program PCC, Anda juga bisa menyediakan space iklan dengan harga sewa yang Anda tetapkan, mengikuti program affiliate marketing, pay per lead dan masih banyak yang lainnya.

Jika ingin tau lebih banyak tentang blog, silahkan baca cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula.

2. Penulis Lepas / Content Writer

menjadi penulis lepasMembangun sebuah blog memang membutuhkan proses lama. Setidaknya Anda butuh 6 bulan untuk mendapatkan trafik yang lumayan banyak.

Jika Anda termasuk orang yang tidak sabaran ingin segera menghasilkan uang dari hobi menulis Anda. Maka pilihan yang cocok untuk Anda ialah menjadi penulis lepas atau istilah kerennya content writer.

Menjadi penulis lepas memiliki peluang untuk mendapatkan pundi-pundi uang dalam waktu singkat. Potensinya pun cukup besar sekarang.

Alasannya karena banyak para blogger yang websitenya sudah besar mulai kewalahan mengelolanya sendiri. Sehingga mereka orang yang bisa membantunya untuk selalu update artikel. Karena bagaimanapun juga nyawa dari sebuah blog adalah artikel.

Hampir sama seperti blog, modal untuk memulai menjadi penulis lepas hanyalah laptop dan koneksi internet. Jadi bagi Anda yang sudah memilikinya, bisa dikatakan bahwa bisnis ini merupakan usaha tanpa modal.

Sebagai pemula, Anda bisa bergabung dengan situs-situs besar yang menerima content writer.

Beberapa situs yang berani membayar mahal tulisan Anda diantaranya

  • Babe
  • UC news
  • Idntime
  • Vebma
  • dan lain-lain.

Anda juga bisa membuka jasa penulisan artikel sendiri. Kemudian tawarkan jasa Anda pada para blogger yang memang membutuhkan jasa Anda. Promosikan saja jasa Anda lewat blog pribadi atau menshare ke grup Facebook yang membahas tentang blogger. Anda akan menemukan market Anda disana.

Baca juga : 15 Jenis peluang bisnis online terbaru  bermodal kecil

3. Menjadi Seorang Youtuber

Anda pasti tahu Youtube bukan?

Sebuah situs berbagi video terbesar di dunia. Anda bisa menikmati berbagai macam video disana. Dan orang yang rela membagikan video secara cuma-cuma biasa disebut content creator atau youtuber.

Para youtuber melakukannya bukan tanpa alasan. Mereka sedang bekerja untuk mendapatkan bayaran dari Youtube. Dan untuk mereka yang sukses, bayarannya bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

Yang lebih menyenangkan lagi, menjadi youtuber juga masuk kategori bisnis tanpa modal. Karena membagikan video di Youtube tidak dipungut biaya sepersenpun. Hal inilah yang membuat banyak generasi milenial memilih untuk terjun menjadi youtuber.

Untuk menjadi youtuber, langkah-langkahnya hampir sama dengan membangun blog. Anda membuat video yang kreatif dan berkualitas, ketika banyak yang menonton dan menjadi subscriber Anda, maka Anda akan segera mendapatkan uang dari Youtube.

Hampir semua jenis video di Youtube memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Beberapa yang banyak diminati ialah video lucu, video prank, video tutorial, video tentang gaming, video masakan dan lain-lain.

Nah, jika Anda merasa punya ide untuk membuat video yang kreatif, tidak ada salahnya Anda mencoba salah satu bisnis online yang sangat menjanjikan ini.

Silahkan baca artikel tentang cara jadi youtuber yang sukses dan terkenal, jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang menjadi youtuber

4. Menjadi Dropshiper

Nah bagi Anda yang suka jualan, bisnis tanpa modal banyak yang bisa Anda jalankan adalah menjadi dropshiper.

Bisnis online yang satu ini sekarang semakin menjamur. Caranya mudah dan bisa langsung dapat uang menjadi alasan banyak orang menjalankan bisnis ini.

Bisnis dropship sendiri adalah kerja sama antara Anda sebagai penjual barang dengan supplier atau distributor. Ketika Anda mendapat pembeli, Anda tinggal menghubungi supplier. Kemudian supplier yang akan mengirimkan barang ke konsumen atas nama Anda.

Jadi Anda tidak perlu stok barang sama sekali. Hal inilah yang menjadikan bisnis dropship bisa dilakukan tanpa modal sepersenpun.

Pebisnis dropship atau reseller yang sudah profesional biasanya memiliki website atau toko online sendiri untuk memajang produk-produk mereka. Namun butuh proses lama juga untuk bisa mendapatkan pengunjung di toko online Anda.

Solusinya, Anda bisa berjualan di marketplace. Karena disana Anda tidak perlu susah payah mencari konsumen.

Ingin tau lebih banyak tentang menjadi dropshiper?

Silahkan baca cara memulai bisnis dropship dari marketplace

5. Selegram atau Endorser

endorse di instagramBagi Anda yang memiliki banyak follower di media sosial terutama Instagram, salah satu bisnis yang tidak membutuhkan modal ialah menjadi selegram. Anda akan di minta sejumlah produsen untuk memperkenalkan produk mereka secara online.

Oleh sebab itu, jika anda memiliki banyak pengikut di Instagram, biasanya Anda akan diminta untuk mengiklankan produk mereka atau istilah kerennya endorsement.

Jadi peran Anda hampir mirip seperti artis di televisi. Dengan mengajak kerja sama dengan selegram, para produsen berharap produk mereka juga akan digunakan oleh pengikutnya.

Simak juga : 8 cara mudah mendapatkan uang di Instagram

6. Menjadi Desain Grafis

Bagi Anda yang sedang kuliah di jurusan desain grafis, ada pekerjaan sampingan yang bisa menambah jam terbang Anda yakni menjadi pedesain grafis profesional.

Salah satu usaha rumahan ini memiliki prospek yang besar loh. Karena banyak pelaku bisnis yang mempercayakan desain logo mereka kepada para desainer online.

Contohnya saja di situs 99disegn. Disana ribuan orang berlomba-lomba untuk mengikuti lomba desain grafis. Bayaran untuk pemenang lomba tersebut tidak sembarangan. Jumlahnya bisa mencapai ribuan dollar.

Saya berkata demikian karena sepupu saya juga sering mengikuti lomba desain yang diadakan situs tersebut. Dia memulainya dari nol dengan mengikuti tutorial video di Youtube.

Jadi, meskipun Anda masih pemula, tetaplah belajar jika Anda memang memiliki minat dengan desain grafis.

7. Jasa Penerjemah Online

Jika Anda menguasai satu jenis bahasa asing, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mencari uang di internet. Yakni dengan menjadi penerjemah online.

Karena bagaimanapun juga tidak semua orang memiliki kemampuan dalam hal bahasa. Jadi lebih baik Anda manfaatkan kelebihan Anda tersebut.

Sebagai langkah awal, Anda bisa bergabung dengan komunitas seperti freelancer.co.id. Dengan bergabung di komunitas tersebut, Anda akan segera mengetahui bagaimana cara memperoleh pekerjaan sebagai jasa penerjemah online.

8. Jual Foto Di Internet

peluang usaha fotografiSaat ini banyak orang suka mengabadikan apa yang mereka lihat menjadi sebuah foto. Dan jika juga sering melakukan hal yang sama, tidak ada salahnya untuk menghasilkan uang dari menjual hasil jepretan Anda.

Sangat disayangkan jika hasil foto Anda hanya disimpan di laptop atau sekedar nampang di media sosial yang Anda miliki. Karena saat ini ada banyak situs yang mau membayar mahal foto-foto Anda.

Jika Anda tidak percaya, silahkan kunjungi situs-situs seperti fotolia.com, shutterstock.com, iStockphoto,com dan masih banyak yang lain. Disana Anda akan menemukan banyak foto yang di hargai mahal.

Jika hasil foto Anda memang layak dijual, Anda akan mendapatkan keuntungan sekian persen dari setiap foto yang berhasil terjual. Bayangkan jika Anda memiliki banyak foto yang sering di download konsumen, Anda mendapatkan bayaran besar dari keahlian Anda tersebut.

Baca juga : 7 Tips memilih jenis usaha yang cocok untuk pemula

9. Menjadi Admin Media Sosial

Satu lagi usaha online tanpa modal yang siap memberikan Anda pundi-pundi rupiah ialah menjadi admin media sosial atau istilah kerennya media sosial specialist.

Untuk bisa menjadi admin media sosial, Anda bisa menawarkan diri kepada pemilik toko online, sebuah instansi atau bahkan perusahaan. Tugas Anda tidak hanya sebatas membuat konten yang menarik dan meningkatkan jumlah followers saja.

Anda juga bertanggung jawab untuk bisa meningkatkan performa pelanggan Anda di mata pengguna media sosial. Selain itu, Anda juga harus berupaya untuk bisa mendongkrak nilai jual brand mereka.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika menjadi admin media sosial bisa dibayar sangat mahal.

Bisnis Tanpa Modal Offline

Selain bisnis online, ada beberapa bisnis sampingan tanpa modal secara online yang bisa Anda kerjakan di sela-sela kesibukan Anda. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

10. Makelar Properti

Sebenarnya menjadi makelar properti juga bisa dilakukan secara online. Namun sebagai langkah awal, Anda tetap harus memulainya secara offline.

Untuk sukses dalam menjalankan profesi ini, Anda harus memiliki ilmu marketing yang baik sehingga akan mudah bagi Anda untuk mencari pembeli.

Yang menguntungkan dari jadi agen seperti properti ialah Anda akan mendapatkan komisi baik dari penjual atau pun pembeli.

Biasanya penjual properti akan memberikan imbalan karena Anda berhasil mendatangkan pembeli. Sedangkan pembeli juga akan memberikan tip karena memudahkan mereka dalam mendapatkan properti.

Bisnis ini bisa dikategorikan sebagai bisnis tanpa modal karena hanya membutuhkan keahlian Anda dalam strategi pemasaran. Kalau pun biaya yang harus keluar mungkin hanya biaya operasional selama Anda menawarkan property kepada konsumen.

Jika Anda tertarik ingin menjadi agen properti, silahkan baca 11 cara memulai bisnis properti tanpa modal

11. Menjual Produk Orang Lain

Menjual barang milik orang lain bisa dikatakan sebagai usaha tanpa modal. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat produk yang akan Anda jual. Anda hanya perlu fokus menjual produk orang lain.

Keuntungan yang Anda dapatkan adalah selisih harga yang ditetapkan oleh pemilik produk dengan harga jual Anda pada konsumen.

Kalau dalam usaha online hampir sama dengan sistem dropship. Namun Anda melakukannya secara offline.

Kebanyakan pelaku untuk usaha ini ialah bisnis di bidang kuliner. Misalnya Anda menjual produk kue kering atau jajanan ringan yang Anda ambil dari distributor. Terkadang ada juga yang menerapkan sistem komisi untuk setiap barang yang berhasil Anda jual.

12. Menjual Jasa

Usaha di bidang jasa hampir merata sebenarnya tidak membutuhkan modal. Karena hal yang diperlukan adalah keahlian Anda. Kalaupun harus mengeluarkan biaya, saya rasa tidak membutuhkan modal yang besar.

Yang cukup populer saat ini ialah jasa titip barang. Misalnya Anda membelikan barang di mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Jadi, tugas Anda hanya mengunggah foto produk di akun media sosial anda. Kemudian menawarkannya kepada orang-orang yang Anda kenal.

Jika ada yang tertarik, Anda tinggal membelikan barang terlebih dahulu kemudian menjualnya ke konsumen.

Namun jika ingin sukses dalam menjalankan bisnis ini, akan lebih baik jika Anda memasarkannya secara online. Karena peluang untuk mendapatkan banyak pelanggan tentu lebih besar.

Jualan jasa lain yang cukup populer di internet diataranya jasa menambah follower, jasa optimasi search engine optimization (SEO) jasa mempercepat loading blog, jasa pembuatan website dan lain sebagainya.

Simak juga : 15 Cara promosi produk paling efektif dan terbukti berhasil

13. Buka Les Privat

Nah, bagi Anda yang memiliki latar dalam hal mengajar, bisnis yang paling pas untuk Anda adalah buka les privat. Bisnis yang satu ini bisa dimulai tanpa modal sedikit pun. Karena yang dibutuhkan adalah keahlian Anda dalam mengajar.

Anda bisa menawarkan jasa les privat Anda kepada tetangga, keluarga atau kenalan Anda. Jika Anda memang tidak memiliki modal sama sekali, Anda bisa memanfaatkan ruang tamu Anda sebagai media untuk belajar.

Toh di awal Anda memulainya, pasti belum terlalu banyak yang ikut. Sehingga Anda belum memerlukan tempat khusus untuk mengajar. Atau Anda juga bisa mendatangi murid Anda di rumahnya.

14. Jualan Costum Pre-Order

Usaha sampingan tanpa modal lainnya yang bisa Anda kerjakan ialah jualan costum pre-order. Tugas Anda hanyalah menawarkan produk seperti kaos atau aksesoris yang masih berupa gambar.

Ketika sudah banyak orang yang pesan dan memberikan uang muka, Anda tinggal memesan kepada vendor kemudian mengirimkannya kepada konsumen.

Usaha ini akan lebih cepat menghasilkan jika Anda bisa memasarkannya secara online. Jika memang desain yang Anda tawarkan menarik, pasti akan banyak yang memesannya.

Memulai bisnis tanpa modal memang bukan hal yang mustahil di era milenial ini. Memang dalam menjalankannya, tetap butuh modal sebagai penunjang bisnis Anda seperti handpone, kouta internet, biaya transportasi dan sebagainya. Namun semua itu akan terbayarkan ketika Anda mendapatkan keuntungan yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *