12 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Malas dalam Bekerja

ilustrasi menghilangkan rasa malas dalam bekerjaRasa malas bisa menyerang siapa saja. Bukan hanya mereka yang dasarnya memang punya sifat malas. Orang yang punya semangat tinggi dalam bekerja pun terkadang di serang rasa malas. Akibatnya pekerjaan yang seharusnya selesai tepat waktu jadi terlambat. Oleh karena itu, harus ada cara untuk menghilangkan rasa malas dalam bekerja.

Apakah Anda juga sering mengalami hal ini? jika benar, sebaiknya segera cari tips untuk melawan rasa malas tersebut agar tidak menjadi sebuah kebiasaan yang nantinya akan merugikan diri Anda sendiri.

Berikut 12 tips ampuh menghilangkan rasa malas yang selalu mengganggu Anda dalam bekerja.

1. Jangan Suka Menunda Pekerjaan

Menghilangkan rasa malas dalam bekerja bisa Anda mulai dengan meninggalkan kebiasaan buruk seperti menunda pekerjaan. Hal ini memang terlihat sepele. Anda beranggapan bahwa tugas yang Anda tinggalkan tidak begitu penting. Tapi, sekali Anda mengabaikan satu tugas. Maka lain waktu Anda akan mengulangi hal yang sama.

Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan maka akan membuat tugas-tugas Anda terbengkalai. Sehingga akan menimbulkan rasa malas karena beban pekerjaan Anda semakin berat.

Oleh sebab itu, hindari dalam menunda sebuah pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Meskipun pekerjaan tersebut tidak bersifat segera. Dengan begitu Anda akan terhindar dari rasa malas karena harus menyelesaikan tugas yang menumpuk. Disamping itu, atasan juga akan senang melihat Anda selalu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu.

Baca juga : 12 Tips Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Selalu Muncul

2. Selalu Jaga Kondisi Tubuh

Menjaga kondisi tubuh agar selalu fit menjadi tips selanjutnya dalam mengatasi rasa malas bekerja. Coba Anda bayangkan sendiri jika kondisi sedang lemas. Tentu Anda malas untuk melakukan aktifitas apapun. Begitu pun ketika rasa lapar sedang melanda, Anda akan kehilangan konsentrasi sehingga tidak fokus dalam bekerja.

Meskipun begitu, Anda juga tidak perlu makan secara berlebihan. Karena terlalu kenyang juga tidak baik untuk kondisi tubuh. Anda jadi mudah mengantuk dan malas bergerak. Oleh karenanya, selalu jaga kondisi tubuh Anda dengan makan secukupnya dan konsumsi vitamin agar tidak mudah lelah.

3. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Anda Konsumsi

Penyebab malas yang Anda alami mungkin bisa dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Coba Anda ingat-ingat kembali makanan apa yang biasa Anda santap? Jika suka mengkonsumsi makanan cepat saji yang mengandung bahan pengawet tinggi. Maka jangan heran jika tubuh Anda cenderung mudah capek dan cepat mengantuk.

Apalagi bagi Anda yang tinggal sendirian dan belum punya istri. Biasanya karena tidak memasak, Anda lebih banyak makan mie instan. Padahal keseringan mengkonsumsi mie instan tidak baik untuk kesehatan.

Di lansir dari CNN Indonesia bahwa mie instan memaksa sistem pencernaan bekerja keras selama berjam-jam. Meskipun begitu, tidak banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, tubuh Anda akan terkontaminasi dengan bahan pengawet dan zat aditif yang dibawa oleh mie instan.

Selain mie instan, hindari juga makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Seperti yang terjadi pada para penderita diabetes. Mereka biasanya cepat lelah, mudah mengantuk bahkan sering lupa akan sesuatu.

Oleh sebab itu, mulai sekarang konsumsilah makanan yang sehat. Selain untuk menghilangkan rasa malas, juga untuk menjaga kesehatan Anda sendiri agar tidak mudah terserang penyakit.

4. Ukur Kemampuan Diri Anda

Yang tahu kemampuan Anda hanya diri Anda sendiri. Anda yang tahu seberapa cepat Anda bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan. Sehingga Anda harus bisa memberikan target atas pekerjaan yang sedang Anda tangani.

Hal ini tentunya akan bisa memberikan semangat pada diri Anda sendiri. Apalagi kalau Anda mampu menyelesaikan tugas lebih cepat dari yang Anda targetkan. Tanpa Anda sadari, Anda sudah bisa mengatasi rasa malas karena bisa merampungkan tugas dengan cepat.

Baca juga : 9 Cara Sederhana Menjadi Diri Sendiri

5. Buat Jadwal untuk Diri Sendiri

Agar kegiatan Anda lebih terkontrol. Mulai dari sekarang cobalah membuat timeline atau jadwal aktifitas untuk diri sendiri. Terutama dalam hal mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab Anda.

Anda bisa mencatatnya di buku atau memanfaatkan aplikasi di handphone Anda untuk membuat to do list mulai dari harian, mingguan, bulanan bahkan triwulan.

Disini Anda bisa memprioritaskan tugas mana yang harus di selesaikan segera dan mana yang bisa di kerjakan belakangan. Memang cara seperti ini membutuhkan kedisiplinan yang memaksa Anda untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Namun, cara ini cukup efektif dalam menghilangkan rasa malas karena jika Anda tidak melaksanakan apa yang sudah di jadwalkan, maka akan membuat tugas-tugas lain terbengkalai sehingga Anda sendiri yang akan kerepotan.

6. Bangun Lebih Pagi

ilustrasi menghilangkan rasa malas dan ngantukSiapa bilang jika bangun lebih pagi akan membuat kita mengantuk saat bekerja di kantor. Orang-orang sukses seperti Tim Cook, Jack Dorsey, Indra Nooyi dan Howard Schultz selalu membiasakan bangun lebih pagi untuk menghadapi segala rutinitas sepanjang hari.

Bangun pagi menjadi cara ampuh melawan rasa malas. Anda akan lebih siap dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk memulai aktifitas. Berbeda dengan mereka yang suka bangun siang. Mereka akan tergesa-gesa karena waktu yang terbatas.

Baca juga : 11 Tips Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

7. Maksimalkan Bekerja di Pagi Hari

Cara lain agar tidak malas dalam bekerja ialah menggunakan waktu sebaik-baiknya di pagi hari. Hal ini mengingat stamina dan pikiran Anda masih fresh sehingga menjadi waktu yang tepat untuk menyelesaikan segala tugas yang ada.

Apalagi udara dibagi hari masih sangat menyegarkan. Anda tentu akan lebih bersemangat. Berbeda jika Anda bekerja di siang hari. Stamina Anda sudah menurun serta dihinggapi lapar akan menimbulkan rasa malas dalam bekerja.

Untuk itu, maksimalkan waktu di pagi hari untuk mengerjakan tugas yang paling sulit terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk sarapan agar konsentrasi dalam bekerja bisa bertahan lama sampai jam makan siang. Dengan begitu, segala pekerjaan Anda akan bisa selesai tepat waktu.

8. Atur Tata Letak Ruangan Senyaman Mungkin

Faktor lain yang menyebabkan rasa malas bisa dari ruangan tempat Anda bekerja. Entah itu karena kotor atau tata letak ruangan yang berantakan.

Maka dari itu, coba tata ulang ruangan Anda. Misalnya memindahkan meja kerja Anda dekat jendela, menambah hiasan dinding atau mengecat ruangan sesuai keinginan Anda. Disamping itu, jaga selalu kebersihan ruangan Anda. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih nyaman dan semangat dalam bekerja.

9. Punya Motivasi Diri

Faktor lain yang menyebabkan orang malas kerja adalah tidak punya target atau tujuan untuk karirnya. Sehingga dia tidak punya motivasi apapun yang ingin di capai. Hal ini bisa di karenakan sudah bosan dengan pekerjaan yang sekarang atau sedang mengalami permasalahan pribadi.

Jika alasan Anda demikian, cobalah untuk mengingat kembali untuk apa Anda bekerja selama ini. Misalnya Anda sudah berkeluarga. Ingatlah dengan istri dan anak-anak Anda. Jadikan mereka sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan.

Karena jika Anda malas-malasan, bisa-bisa Anda di pecat dari pekerjaan yang mana akan menimbulkan masalah baru yang tentunya berdampak pada keluarga Anda.

Baca juga : 10 Cara Jitu Meningkatkan Semangat Kerja – Apapun Profesi Anda

10. Istirahat yang Cukup

Rasa malas sering timbul akibat faktor tubuh yang kelelahan. Karena rasa lelah yang melanda biasanya membuat semangat kerja maupun konsentrasi menurun drastis. Yang ada di pikiran Anda hanyalah segera beristirahat.

Tapi banyak orang yang tidak memanfaatkan waktu istirahat dengan benar. Misalnya seperti kebiasaan bergadang. Selain membuat aktifitas istirahat Anda berkurang, bergadang juga tidak baik untuk kesehatan.

Maka dari itu, berikan tubuh Anda waktu istirahat yang cukup. usahakan jam 10 malam mata Anda sudah terpejam. Hindari penggunaan alat elektronik seperti Gadget atau menonton TV agar tidur Anda lebih berkualitas.

11. Olahraga Secara Teratur

Kondisi tubuh yang bugar bisa Anda dapatkan dengan olahraga yang teratur. Terutama dipagi hari sebelum Anda melakukan rutinitas yang lain. Selain itu, olahraga juga bisa membantu Anda dalam menghilangkan rasa malas. Mulailah dengan olahraga ringan seperti jogging di pagi hari, senam atau berjalan kaki.

Memang di awal Anda akan merasa lelah. Namun jika Anda rutin dan sudah terbiasa. Rasa lelah tersebut akan hilang dengan sendirinya dan berganti menjadi semangat untuk menjalani segala aktifitas.

Namun, sebaiknya Anda menghindari olahraga yang terlalu berat di pagi hari. Karena olahraga yang berat tentu membutuhkan tenaga yang besar sehingga tubuh Anda menjadi kelelahan dan malas melakukan apapun.

12. Ambil Cuti

Hal lain yang menjadi penyebab rasa malas bisa jadi karena moril Anda dalam bekerja sudah menurun. Jika demikian, sebaiknya Anda mengajukan cuti tahunan. Anda bisa mengajak keluarga untuk liburan agar otak Anda menjadi lebih fresh.

Datangilah destinasi wisata yang bisa membantu Anda melawan rasa malas dalam bekerja. Misalnya dengan pergi ke pantai, menyewa villa di puncak dan lain sebagainya. Dengan begitu, pikiran Anda akan lebih segar dan siap untuk menjalani rutinitas keseharian.

Seperti yang saya sebut diatas. Rasa malas bisa menyerang siapa saja. Akan tetapi, Anda tidak boleh membiarkannya karena bisa menjadi sebuah kebiasaan yang tidak baik. Coba tips-tips diatas untuk menghilangkan rasa malas Anda dalam bekerja. Karena jika Anda punya semangat tinggi, kesempatan untuk meraih kesuksesan tentu akan lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...