12 Kebiasaan Yang Wajib Anda Lakukan Agar Menjadi Orang Sukses

12 kebiasaan yang wajib anda lakukan agar menjadi orang sukses Menjadi orang sukses adalah impian semua orang. Siapa yang tidak ingin memiliki rumah dan mobil mewah. Serta dapat membeli apapun yang diinginkan. Namun, untuk bisa sukses tidak seperti membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan dan usaha yang keras guna mencapai tujuan tersebut.

Bill Gates, Amancio Ortega, Warren Buffet, Carlos Slim Helu, dan Jeff Bezos merupakan orang-orang hebat yang masuk deretan orang sukses dan terkaya didunia. Jika Anda ingin sukses seperti mereka, Anda harus mencontoh kebiasaan yang mereka lakukan.

Bukankah sesuatu yang besar berawal dari hal-hal kecil. Untuk itu, mulailah untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang tidak bermanfaat dan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik untuk meraih kesuksesan.

Berikut 12 kebiasaan yang wajib Anda lakukan agar menjadi orang sukses.

1. Bangun Lebih Pagi Setiap Hari

Untuk menjadi orang sukses Anda bisa mengawalinya dengan kebiasaan kecil seperti bangun lebih pagi. Udara di pagi hari yang segar membuat pikiran Anda lebih jernih. Bangunlah tiga jam sebelum Anda berangkat kerja. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan segala sesuatu lebih maksimal.

Bangun lebih pagi bisa Anda gunakan untuk melakukan aktivitas seperti olahraga, menyiapkan sarapan atau membaca surat kabar. Karena memiliki waktu yang panjang, Anda bisa lebih santai berangkat ke kantor. Selain itu, Anda jadi lebih konsentrasi dalam pekerjaan

Nah, mulai sekarang Anda harus membiasakan diri bangun lebih pagi setiap hari. Walaupun hari libur, cobalah untuk tetap bangun pagi sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu di pagi hari dengan lebih optimal.

Baca juga : 11 Tips Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

2. Berolahraga untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Ilustrasi kebiasaan orang sukses BerolahragaKesuksesan akan didapat jika tubuh Anda sehat dan bugar. Oleh karena itu, terapkanlah gaya hidup sehat dari sekarang. Salah satunya dengan berolahraga rutin. Olahraga dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh. Jadi, biasakan diri untuk berolahraga setiap hari agar tubuh Anda fit untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Waktu olahraga yang baik dan efektif adalah di pagi hari. Udara pagi yang masih segar dan kaya oksigen dapat membuat jantung dan paru-paru sehat serta melancarkan peredaran darah.

Nama-nama besar seperti Tim Cook yang merupakan CEO Apple, bangun lebih awal untuk latihan gym setiap hari. Sementara  itu, Howard Schultz, CEO Starbucks, mengawali hari dengan bersepeda bersama istrinya. Lain halnya yang dilakukan oleh Barrack Obama, mantan presiden Amerika Serikat ini melakukan aktivitas lari pagi bersama istri dan anak-anaknya.

Jika Anda ingin sukses seperti mereka, tirulah kebiasaan olahraga yang mereka terapkan. Anda bisa mengawalinya dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging memutari komplek di pagi hari.

Jika malas olahraga di luar, Anda bisa melakukannya di rumah. Manfaatkanlah alat olahraga ringan seperti tali skipping untuk membakar kalori di tubuh Anda. Atau gunakan dumbell dan ketel untuk membentuk otot lengan Anda.

Baca juga : Perlu Anda Ketahui! 14 Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

3. Jangan Suka Menunda Pekerjaan dan Hargailah Waktu

Suka menunda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda tinggalkan. Pekerjaan tidak cepat selesai dan tugas menumpuk adalah kerugian seringnya menunda-nunda pekerjaan. Akibatnya Anda menjadi malas dalam bekerja karena harus menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Sementara tugas lain sudah menunggu.

Ada sebuah peribahasa yang menyatakan bahwa “waktu adalah uang.” Peribahasa inilah mungkin yang diterapkan oleh orang-orang sukses didunia ini. Mereka  sadar bahwa menghargai waktu sangat penting karena waktu yang telah lewat tidak akan kembali lagi. Waktu yang diisi dengan hal-hal yang positif tentu akan menghasilkan kesuksesan di kemudian hari. 

Oleh karena itu, biasakan untuk  menghargai waktu dan jangan suka menunda pekerjaan. Berusahalah untuk menjadi orang yang lebih produktif sehingga pekerjaan lebih cepat selesai dan Anda siap untuk tugas berikutnya.

Baca juga : 10 Cara Jitu Meningkatkan Semangat Kerja – Apapun Profesi Anda

4. Buatlah Jadwal Rutin Setiap Hari

Anda masih ingat saat sekolah dulu? Pihak sekolah membuat jadwal pelajaran rutin untuk siswa setiap hari. Dengan jadwal tersebut semua materi pelajaran bisa di sampaikan dengan baik. Bahkan, untuk siswa kelas tiga diberikan jadwal les tambahan. Tujuannya adalah agar para siswa siap untuk menghadapi ujian.

Pendiri Fueled, Rameet Chawla adalah contoh orang sukses yang menerapkan jadwal rutin yang konsisten setiap harinya. Dengan jadwal rutin akan lebih mendorong Anda menuju keberhasilan.

Cara ini cukup sederhana untuk dilakukan. anda bisa membuat jadwal kegiatan harian untuk diri Anda sendiri. Tulislah pada selembar kertas jadwal rutin dari bangun sampai tidur kembali selama satu bulan. Anda bisa menempelkan jadwal tersebut pada dinding kamar supaya Anda dapat memeriksanya setiap hari. Dengan begitu kegiatan Anda akan lebih terkontrol dan konsisten.

5. Jangan Cepat Puas dan Terus Belajar

Lulus sekolah maupun kuliah bukan berarti Anda lantas berhenti belajar untuk menimba ilmu. Jangan cepat puas dengan ilmu yang Anda miliki. Dunia ini begitu luas untuk Anda menggali lebih banyak pengetahuan. Kesibukan di kantor bukanlah alasan untuk tidak mau belajar lagi.

Proses belajar tidak melulu seperti saat di sekolah. Belajar bisa Anda lakukan dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun. Misalnya Anda tidak pandai memasak, Anda bisa belajar dengan ibu atau sanak saudara yang pandai. Apalagi sekarang teknologi semakin cangkih. Anda tinggal mencari resep masakan di internet.

Orang sukses tidak pernah puas dengan ilmu yang mereka miliki. Oleh karena itu, gunakan setiap kesempatan yang ada untuk belajar. Sehingga pengetahuan dan wawasan Anda bertambah.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

6. Perbanyaklah Membaca

Ilustrasi kebiasaan orang sukses membacaSebuah pepatah mengatakan jika buku adalah jendela dunia. Tak heran jika orang sukses kebanyakan menjadikan membaca sebagai kegemaran. Warren Buffett, Bill Gates, Howard Schultz, dan Barack Obama adalah contoh orang sukses yang selalu menyempatkan diri membaca surat kabar di pagi hari untuk menambah wawasan dan informasi yang up to date.

Untuk itu biasakan diri Anda untuk membaca. Luangkan waktu setiap hari untuk membaca walaupun hanya beberapa lembar saja. Dengan membiasakan membaca setiap hari, maka Anda telah membuka jendela kesuksesan untuk masa depan.

7. Catat Kemajuan Perkembangan Setiap Hari

Orang sukses selalu mencatat kemajuan perkembangan diri setiap harinya. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui kemajuan yang telah Anda capai selama ini. Catatan tersebut bisa Anda jadikan pedoman bahwa Anda telah mengalami perkembangan setiap harinya.

Contohnya saja, melakukan push up 40 kali tanpa henti. Mungkin tidak semua orang dapat melakukannya. Namun, dengan latihan dan membiasakan push up setiap hari. Tentu bukan hal yang mustahil. Anda tinggal mencatat perkembangannya setiap hari. Usahakan untuk menambah satu atau dua hitungan setiap harinya. Dengan begitu, selama sebulan Anda akan dapat mencapai target yang Anda inginkan.

Dengan mencatat setiap perkembangan pada diri Anda, tentu akan memotivasi diri sendiri agar sukses dalam melakukan apapun.

8. Pengeluaran Tidak Lebih Besar daripada Pemasukan

Untuk menjadi orang sukses, Anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Jika Anda seorang karyawan yang bergaji 5 juta per bulan. Jangan Anda habiskan uang tersebut untuk keperluan selama sebulan.

Sisihkan penghasilan sehingga Anda memiliki tabungan untuk masa depan. Menabung 15-20% tidak akan terlalu berat jika mampu mengatur pengeluaran Anda.

Selain itu, menabung bisa dijadikan investasi untuk masa depan. Anda bisa masuk bursa saham atau membuka peluang usaha sendiri. Dengan begitu, Anda akan mendapat penghasilan tambahan.

Baca juga : 10 Kebiasaan Kecil Yang Bikin Pengeluaran Semakin Boros

9. Tidak Menuruti Nafsu

Menuruti nafsu memang tidak ada habisnya. Semua orang ingin memiliki baju yang lagi trend atau gadget terbaru. Namun jika anda tidak memiliki cukup uang untuk membelinya, jangan anda memaksakan diri. Dalam kehidupan berumah tangga, menuruti keinginan atau nafsu bisa menjadi penyebab masalah keuangan yang sering dialami sebuah keluarga.

Cobalah untuk menahan nafsu anda dalam membeli sesuatu yang tidak terlalu penting. Karena jika dipaksakan, maka bisa membuat anda terlilit hutang. Orang sukses kebanyakan menyimpan uang untuk keperluan yang penting daripada hanya untuk menuruti keinginan pribadi.

Baca juga : 14 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Anda Terlilit Hutang

10. Dekati Teman yang Telah Sukses

Orang sukses adalah orang yang tidak segan untuk belajar kepada orang lain. Jangan minder ketika melihat teman Anda telah sukses. Lebih baik dekatilah teman-teman Anda yang sudah sukses. Dengan begitu, Anda dapat belajar dan mengikuti kebiasaannya sehari-hari. agar Anda dapat meraih kesuksesan serupa. 

11. Berjuang Keras dan Pantang Menyerah

Orang menjadi sukses bukan karena hoki atau keberuntungan. Butuh perjuangan keras agar dapat mencapai hal tersebut. Ketika mengalami kegagalan, orang sukses tidak akan putus asa. Mereka pantang menyerah untuk mencoba dan terus mencoba.

Pemain sepak bola terkenal seperti Cristiano Ronaldo meraih kesuksesan bukan hanya karena bakatnya. Tetapi karena perjuangan keras untuk selalu datang lebih awal saat berlatih dan pulang paling terakhir dibanding rekan-rekannya. Sementara Thomas Alva Edison harus melewati percobaan hingga ratusan kali untuk dapat membuat lampu pijar.

Untuk menjadi orang sukses tidak bisa anda raih dalam sekejap. Anda butuh perjuangan keras serta sikap pantang menyerah untuk dapat meraihnya.

12. Seimbang Dalam Menjalani Hidup

Orang yang terus-menerus bekerja setiap hari belum tentu akan meraih kesuksesan. Jika Anda terlalu fokus untuk bekerja dan lupa dengan hal-hal penting lainnya seperti kebersamaan dalam keluarga, maka Anda tidak akan sukses. Menjaga keharmonisan dalam rumah tangga merupakan salah satu cara meraih kesuksesan

Untuk itu, seimbangkanlah diri Anda dalam menjalani kehidupan. Anda tetap harus bekerja. Namun jangan lupakan keluarga. Bagaimanapun  keluarga adalah prioritas yang harus Anda kedepankan. Mereka adalah orang terpenting yang akan selalu memberikan semangat pada Anda.

Itulah 12 kebiasaan yang wajib Anda lakukan agar menjadi orang sukses. Anda tidak perlu sekaligus menerapkan kebiasaan-kebiasaan diatas. Mulailah dengan dua atau tiga kebiasaan mulai dari sekarang. Dengan menerapkannya sedikit demi sedikit, maka membuka peluang Anda untuk menjadi orang sukses di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *