12 Cara Menjadi Orang Sukses dan Berhasil di Usia Muda

cara menjadi orang sukses di usia mudaCara menjadi orang sukses memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dan saya yakin Anda juga memimpikannya bukan. Apalagi jika kesuksesan tersebut diraih saat usia Anda masih muda. Karena dengan meraih kesuksesan di usia muda, Anda bisa menikmati setiap jerih payah yang telah Anda lakukan.

Oleh sebab itu, bangunlah kesuksesan Anda mulai dari sekarang. Jika saat ini usia Anda 25 tahun, maka Anda harus memiliki target dalam 10 tahun kedepan untuk menjadi orang yang sukses.

Lalu bagaimana cara menjadi orang sukses dan berhasil di usia muda?

Ada banyak proses yang harus Anda lalui untuk mencapai mimpi Anda tersebut. Jika Anda mau menerapkan apa yang akan saya bagikan dibawah ini, mudah-mudahan Anda bisa menjadi pribadi yang sukses baik secara finansial maupun kesuksesan lainnya.

Berikut ini 12 cara menjadi orang sukses dan berhasil di usia muda

1. Memotivasi Diri Sendiri untuk Sukses

Sebelum Anda berpikir gimana cara jadi orang sukses, Anda harus bisa motivasi diri sendiri terlebih dahulu. Yakinkan diri Anda bahwa dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan, Anda akan sukses sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jadi, jika sampai saat ini Anda masih ragu atau pesimis dengan masa depan Anda. Sebaiknya buanglah jauh-jauh pikiran negatif Anda tersebut. Menjadi orang sukses memang tidak mudah, tapi bukan berarti Anda tidak akan bisa meraihnya.

Anda bisa membaca cara terbaik memotivasi diri sendiri agar sukses untuk membentuk mental sukses terlebih dahulu.

Dengan memotivasi diri sendiri bahwa Anda akan bisa sukses seperti orang lain. Maka Anda sudah satu langkah lebih maju untuk meraih kesuksesan.

2. Ketahui Terlebih Dahulu Apa Itu Sukses?

saatnya memikirkan untuk suksesKesuksesan itu mencakup banyak hal. Banyak orang berpendapat bahwa kesuksesan dilihat dari banyaknya harta yang telah diraih. Atau dari profesi yang telah dicapai oleh seseorang.

Pendapat seperti ini tidaklah salah. Karena cara mengukur tingkat kesuksesan seseorang paling mudah ialah dilihat dari kekayaannya.

Padahal sebenarnya sukses tidak sebatas hanya dari sisi finansial saja. Ada banyak hal yang bisa dijadikan patokan bahwa Anda telah meraih kesuksesan yang sebenarnya. Mulai dari sukses kecil sampai dengan sukses yang sangat besar.

Sukses sebenarnya adalah ketika seseorang bisa meraih apa yang dia inginkan. Entah itu sebuah impian, cita-cita atau hal-hal yang ingin di capai baik dimasa sekarang maupun yang akan datang.

Contoh kecilnya saja Anda adalah seorang pemuda pemalu yang ingin berkenalan dengan wanita cantik. Ketika Anda berhasil melakukannya, maka bisa dikatakan Anda telah sukses melawan rasa malu Anda.

Atau Anda memiliki target ingin menikah maksimal di usia 30 tahun. Jika sebelum usia tersebut Anda sudah menikah, maka Anda telah sukses mencapai target awal yang Anda canangkan sebelumnya.

Memang kesuksesan tidak akan ada habisnya karena sifat manusia yang selalu ingin lebih dan lebih. Tapi menurut tipspengembangandiri.com, setidaknya ada 5 dasar sukses yang bisa Anda jadikan patokan sebagai cara menjadi orang sukses dan berhasil di usia muda.

5 sukses yang harus Anda raih diantaranya

Sukses spiritualitas

Kesuksesan pertama yang seharusnya Anda raih ialah sukses spiritual. Percuma Anda memiliki uang yang melimpah jika Anda melupakan siapa yang menciptakan Anda.

Anda bisa melihat bahwa orang yang sukses secara spiritualitas, wajahnya terlihat cerah meskipun mereka tidak memiliki banyak uang. Oleh sebab itu, apapun agama Anda, selalu dekatkan diri Anda kepada sang pencipta.

Misalnya Anda beragama islam, maka Anda harus menunaikan rukun islam diantaranya shalat 5 waktu, puasa, zakat dan seterusnya.

Sukses finansial

Sukses secara finansial memang menjadi patokan orang lain untuk mengukur kesuksesan seseorang. Dan untuk meraih sukses yang satu ini, Anda butuh ketekunan dan semangat kerja tinggi untuk mendapatkannya.

Sukses keluarga

Bagaimana dengan sukses keluarga?

Tentu saja Anda harus bisa menjaga keharmonisan dalam rumah tangga Anda. Memiliki pasangan yang menyayangi Anda sepenuh hati dan anak yang penurut dan membuat Anda bangga sebagai orang tua.

Untuk memiliki keluarga yang bahagia, silahkan baca tips rumah tangga bahagia dan harmonis selamanya.

Sukses kesehatan

Percuma Anda memiliki karier yang cemerlang dan harta yang banyak tapi Anda sering sakit. Kekayaan Anda tidak ada artinya jika Anda sakit. Untuk itu, mulailah untuk menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat yang selama ini sudah mulai dilupakan banyak orang.

Misalnya dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan hindari stres.

Sukses Sosial

Kesuksesan yang Anda raih tidak akan lengkap jika Anda hanya menikmatinya sendiri.

Mengapa?

Karena Anda tidak hidup sendirian didunia ini.

Bagilah kesuksesan Anda dengan orang lain seperti kerabat, teman, tetangga dan orang-orang yang membutuhkan. Ketika mereka membutuhkan pertolongan Anda, sebisa mungkin bantulah mereka selagi Anda mampu.

Baca juga : Rahasia menjadi orang kaya dengan 12 cara sederhana

2. Buat Sasaran untuk Diri Sendiri

Setelah Anda memiliki motivasi untuk sukses dan seperti apa arti sukses itu sebenarnya. Sekarang saatnya Anda membuat sasaran untuk diri sendiri.

Sasaran yang akan Anda buat tentu tidak hanya satu. Anda pasti memiliki target atau cita-cita yang ingin Anda raih entah untuk sebulan ini, setahun kedepan atau 5 tahun kedepan.

Sebagai contoh Anda adalah seorang karyawan yang gajinya tidak seberapa. Sementara dalam 5 tahun kedepan Anda ingin memiliki rumah sendiri. Karena merasa dengan mengandalkan gaji saja tidak cukup, akhirnya Anda mencari usaha sampingan.

Disinilah Anda harus buat sasaran untuk diri sendiri. Misalnya usaha apa yang ingin Anda pilih, bagaimana cara memulai usaha tersebut, berapa modal yang dibutuhkan dan lain sebagainya.

Simak juga : 10 Langkah merintis usaha sendiri dari nol

3. Rencanakan dengan Matang

Setelah Anda memiliki sasaran, langkah selanjutnya yang bisa Anda ambil adalah segera merencanakannya dengan matang. Sebuah sasaran yang Anda bidik akan terealisasi dengan baik jika Anda memiliki perencanaan yang matang.

Contohnya saja saat Anda memilih untuk buka usaha laundry kiloan. Ada banyak hal yang harus Anda rencanakan agar usaha Anda bisa berjalan dengan lancar.

Mulai dari modal yang harus Anda siapkan, pemilihan lokasi laundry, membeli peralatan, mencari pegawai dan masih banyak yang lainnya. Tanpa itu semua, usaha laundry Anda mungkin tetap berjalan, tapi tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

4. Segera Action

perencanaan yang matangYang membuat orang tidak bisa sukses ialah tidak segera mengambil suatu tindakan dari ide-ide yang ada dipikirannya. Mereka baru menyesal setelah ada orang lain yang bergerak terlebih dahulu.

Contoh kecilnya saja Anda memiliki keinginan jualan pulsa pada rekan sekantor dan tetangga di rumah. Hitung-hitung sebagai penghasilan tambahan. Karena gerakan Anda lambat, ternyata ada teman Anda yang lebih dulu berjualan pulsa.

“Ingat bahwa apa yang ada di pikiran Anda sekarang mungkin orang lain juga sedang memikirkan hal yang sama”

Oleh karena itu, ketika Anda sudah memiliki sasaran yang jelas serta perencanaan yang matang. Sebaiknya segera segera ambil tindakan untuk merealisasikannya.

Segera action dengan berpedoman dari rencana yang sudah Anda buat. Dengan begitu Anda tidak akan salah langkah.

5. Memperbaiki Apa yang Menjadi Kekurangan Anda

Meskipun setiap apa yang Anda targetkan sudah memiliki perencanaan yang matang. Belum tentu hasil yang didapat sesuai dengan yang Anda harapkan.

Anda akan mulai mengetahui setiap kelebihan dan kekurangan setelah Anda terjun secara langsung. Dari situ, Anda tinggal mencari cara bagaimana cara memperbaikinya.

Sebagai contoh Anda membuka usaha sembako di rumah. Meskipun warung sembako Anda isinya lengkap, ternyata tidak banyak yang konsumen yang datang membeli di warung Anda.

Disinilah Anda harus segera memperbaiki apa yang menjadi kekurangan Anda. Apakah karena Anda menjual barang dengan harga yang mahal, lokasi rumah Anda tidak strategis atau ada permasalahan yang lain.

Setelah Anda mengetahui penyebabnya, segera tindak lanjuti agar warung Anda bisa segera dapat banyak pembeli.

6. Jangan Pernah Berhenti untuk Belajar

Cara menjadi orang sukses berikutnya adalah tidak pernah lelah untuk terus belajar. Jangan Anda beranggapan bahwa belajar hanya untuk anak-anak sekolah dan mahasiswa saja. Anda pun harus terus belajar.

Orang yang sukses adalah mereka yang tidak pernah berhenti belajar. Bahkan bisa dikatakan belajar yang sesungguhnya adalah ketika Anda terjun langsung di lapangan.

Mereka yang terbukti telah menjadi orang sukses dan kaya seperti Bill Gates, J.K Rowling dan Henry Ford bukan langsung sukses begitu saja. Mereka juga pernah gagal dalam membangun bisnis.

Namun dengan ketekunan dan kemauan untuk terus belajar memperbaiki kesalahan, pada akhirnya mereka bangkit yang menjadi orang yang benar-benar sukses.

Selengkapnya bisa Anda baca 10 kisah orang sukses yang pernah alami kegagalan

Oleh sebab itu, jangan buang waktu untuk hal-hal yang tidak penting. Lebih baik Anda belajar bagaimana cara menjadi orang sukses dengan banyak-banyak membaca buku, mengikuti seminar atau belajar dengan mereka yang sudah sukses.

7. Bangun Relasi yang Baik

membangun relasi yang baikRahasia sukses berikutnya ialah membangun relasi yang baik dengan banyak orang. Anda perlu tahu bahwa wirausahawan sukses biasanya memiliki rekan bisnis yang hebat. Mereka tidak akan sukses tanpa bantuan dari pihak-pihak tertentu.

Oleh karena itu, jangan hanya fokus untuk mencapai kesuksesan seorang diri. Karena hal tersebut akan terasa berat.

Sebagai contoh pelaku jasa jahit baju. Jika mereka berdiam diri saja tanpa melakukan promosi, tentu tidak akan ada orang yang menggunakan jasa mereka.

Coba jika mereka memiliki kenalan beberapa guru atau kepala sekolah. Dengan promosi dan penawaran yang tepat, bisa jadi pelaku jasa jahit rumahan tersebut mendapatkan order jahit seragam murid-murid disana.

Bisa dikatakan kesuksesan dari sebuah bisnis tergantung juga dengan bagaimana cara membangun jaringan bisnis tersebut. Anda juga harus melakukan hal tersebut jika ingin merah sebuah kesuksesan.

8. Berani Menghadapi Resiko

Tidak ada sebuah kesuksesan tanpa ada resiko yang harus diambil. Jika Anda tidak mau mengambil resiko apapun, maka selamanya Anda hanya akan jalan ditempat saja.

Contoh kecil saat saat kita sekolah dulu. Untuk dapat nilai bagus maka ialah harus belajar. Kalaupun Anda memutuskan untuk mencontek, tetap memiliki resiko ketahuan ibu guru.

Mungkin sekarang Anda adalah seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan besar. Jika Anda merasa sudah sukses dan cukup dengan gaji yang Anda miliki saat ini. Maka Anda tidak perlu keluar dari zona nyaman Anda.

Beda halnya jika Anda ingin memiliki bisnis sendiri karena apa yang Anda raih saat ini belum sesuai dengan target yang Anda canangkan. Solusinya Anda harus resign dari kantor dan memulai bisnis Anda sendiri.

Memang ada banyak tantangan untuk memulai usaha sendiri. Disinilah Anda harus berani mengambil resiko. Apakah mau langsung mengundurkan diri atau mencoba bisnis sambil tetap menjadi karyawan. Semua tergantung dari diri Anda. Karena setiap langkah yang Anda ambil memang memiliki resiko besar yang harus Anda hadapi.

9. Bekerja Keras Namun Cerdas

Ada sebuah pepatah yang mengatakan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Ungkapan ini mungkin benar adanya.

Anda bisa mencontoh pemain sepak bola terbaik dunia seperti Cristiano Ronaldo. Di usianya yang sudah diatas 30 tahun dia malah semakin berjaya. Hal ini tidak lepas dari kerja keras yang dia lakukan.

Ronaldo adalah tipikal pemain yang berlatih lebih keras dibanding pemain bola lain. Sehingga wajar jika dia bisa sukses sampai saat ini.

Namun kerja keras saja tidak cukup. Anda juga perlu kerja cerdas untuk menggapai kesuksesan yang besar. Menggabungkan keduanya akan memberikan hasil yang lebih efektif.

Sebagai contoh jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog dari iklan Google Adsense. Agar Anda bisa menghasilkan uang yang banyak, Anda harus selalu update artikel. Karena nyawa dari sebuah blog adalah artikel.

Jika Anda merasa tidak mampu menulis setiap hari, maka Anda harus memiliki cara lain agar blog Anda selalu update. Salah satunya dengan membayar penulis atau membelinya pada jasa penulis artikel. Sehingga blog Anda tetap jalan dan penghasilannya pun semakin besar.

Simak juga : 12 kebiasaan orang sukses yang wajib Anda tiru

10. Berusahalah untuk Menabung dan Investasi

Cara menjadi orang sukses dan kaya tidak lepas dari yang namanya menabung dan berinvestasi. Kata orang menabung tidak bisa membuat Anda kaya, namun setidaknya dengan menabung, Anda telah mengamankan sejumlah penghasilan Anda.

Jika Anda seorang karyawan, usahakan untuk menyisihkan 25% gaji Anda untuk di tabung. Misalnya dengan membuka tabungan deposito di bank atau tidak ada salahnya buka tabungan emas di pegadaian.

Selain menabung, Anda juga harus berinvestasi. Hal ini untuk mengamankan aset Anda dimasa depan. Ada banyak cara untuk menginvestasikan uang Anda. Misalnya membeli tanah, properti, membeli saham dan lain sebagainya.

8 Investasi terbaik yang bisa buat Anda kaya di usia 35 ini mungkin bisa menjawab keraguan Anda tentang investasi.

11. Jangan Suka Menghambur-Hamburkan Uang

Percuma Anda mendapat banyak penghasilan tapi tidak bisa menggunakannya dengan baik. Jika sampai saat ini Anda masih sering hidup berfoya-foya, maka jangan berpikir Anda akan menjadi orang yang sukses.

Oleh sebab itu, bijaklah dalam mempergunakan uang Anda. Jika Anda masih single, belajarlah cara mengatur keuangan pribadi dengan benar. 

Anda bisa mencontoh Mark Zuckerberg , sang pendiri jejaring sosial terbesar dunia Facebook ini memiliki kekayaannya 72,3 Milyar USD.

Namun apakah dia hidup dengan berfoya-foya?

Tidak.

Untuk kesehariannya, dia lebih suka mengenakan kaos oblong abu-abu, celana jeans dan sepatu kets. Alasannya sangat sederhana, dia tidak ingin buang—buang waktu hanya untuk memilih pakaian ketika berangkat kerja.

Kesederhanaannya juga terlihat dari pernikahan dengan istrinya Pricilia Chan yang hanya diadakan di depan rumah mereka dan dihadiri 100 orang saja. Padahal dengan kekayaan dan ketenaran yang ia miliki, dia bisa saja mengundang banyak selebritis dunia.

Nah, Meskipun Anda sudah memiliki penghasilan besar, tetaplah jalani gaya hidup sederhana agar setiap jerih payah yang Anda dapatkan tidak habis sia-sia.

12. Mensyukuri Apa Sudah Anda Dapatkan

Setiap kesuksesan yang telah Anda raih, Anda harus tetap mensyukurinya. Meskipun sukses yang Anda dapat masih termasuk kesuksesan kecil.

Jangan lupa untuk bersyukur pada Tuhan yang telah memenuhi apa yang Anda inginkan. Selain itu, Ingatlah bahwa kesuksesan yang Anda dapatkan tidak lepas dari orang-orang disekitar Anda.

Jadi jangan pelit untuk berbagi kebahagian Anda dengan mereka. Jangan lupa juga menyedekahkan sebagian penghasilan Anda. Khususnya untuk anak-anak yatim atau keluarga yang tidak mampu.

Percayalah, dengan begitu kesuksesan Anda akan lebih bermakna.

Kesuksesan di usia muda sebenarnya bisa diraih oleh siapapun. Tinggal bagaimana cara Anda untuk meraihnya. Kalau Anda mengikuti jalur yang benar, saya yakin akan sukses. Cobalah untuk mempraktekkan cara menjadi orang sukses diatas untuk meraih tujuan hidup Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *