18 Ciri-Ciri Pria Setia dan Penyayang pada Pasangannya

ilustrasi ciri-ciri pria setia pada pasangannya

Ciri-ciri Pria Setia – Salah satu yang didambakan oleh seorang wanita adalah mendapatkan pasangan hidup yang setia dan sayang padanya. Di tengah jaman modern saat ini, banyak wanita beranggapan pria semacam ini sudah langka. Namun fakta membuktikan lelaki setia masih banyak di dunia ini. Yang dapat dilihat baik secara fisik maupun psikologis.

Seorang wanita yang menuntut pasangan hidupnya setia maka ia harus terlebih dulu memiliki sifat setia. Sebagaimana sudah ketentuan umum bahwasanya pria yang baik akan mendapatkan pasangan hidup yang baik. Begitu sebaliknya, wanita yang tak baik akan mendapatkan pria yang tak baik.

Wanita yang setia akan mendapatkan pria setia. Dan lelaki yang tak setia akan mendapatkan perempuan tak setia. Sehingga Anda bisa bertanya pada diri sendiri. Apakah Anda tipe orang setia? kalau benar demikian akan sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan pasangan hidup yang setia pula.

Berikut ini 18 ciri-ciri pria setia dan penyayang yang cocok dijadikan sebagai pendamping hidup selamanya

1. Taat Beribadah

Apapun agama yang dianut, kalau Anda menemukan pria yang begitu taat dalam beribadah, maka kemungkinan besar dia adalah pria yang setia. Karena dalam agama apapun, pasti mengajarkan untuk setia kepada pasangannya.

Misalnya saja jika dia adalah seorang muslim, ketika Anda mendapati dia senantiasa melakukan solat wajib lima waktu, menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan dan sering baca Al-Quran. maka itu menjadi jaminan mutu bahwa dia adalah ciri-ciri pria setia dan akan sayang pada pasangannya kelak.

Namun sebaiknya Anda pilih pria yang seagama dengan Anda, agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Baca juga : 9 tips mencari pasangan hidup yang tepat

2. Bisa Mengendalikan Emosi

Hidup ini memang tidak selalu mudah dan datar-datar saja. Suatu kali kita bisa berada di atas dan kadang berada di bawah. Itu memang menjadi ujian dan masalah yang manusia hadapi selama hidup di muka bumi. Yang terkadang membuat orang tersulut amarah pada orang lain seperti kekasihnya maupun dirinya sendiri.

Dari emosi inilah seorang lelaki dapat dilihat penyayang dan setia tidaknya. Jika ia mampu mengendalikan emosi negatif dengan baik, maka itu pertAnda ia seorang pria setia dan penyayang serta memiliki kedewasaan dalam bersikap. Anda bisa memilihnya sebagai pasangan hidup Anda dalam jenjang pernikahan.

3. Mengetahui Apa yang Dibutuhkan Pasangannya

ciri pacar setia dan tidak selingkuhCiri-ciri cowok setia dan sayang lainnya adalah mereka memiliki kepekaan dengan apa yang dibutuhkan pacarnya. Dan benar-benar memberikan apa yang diperlukan oleh kekasihnya saat itu. Sebagai wujud pemimpin relasi percintaan yang bertanggungjawab. Ia akan berusaha membahagiakan pasangan hidupnya untuk selamanya.

Ia mengerti bahwa wanita adalah makhluk misterius yang terkadang segala keinginannya sering disembunyikan. Sebagai lelaki, tugasnya adalah menemukan apa yang diinginkan sang kekasih dan berusaha memenuhinya. Dengan begitu pasangannya akan merasa bahagia.

Simak juga : 6 ciri-ciri pria pembohong yang harus Anda tahu

4. Menghormati Wanita

Salah satu tanda atau ciri-ciri pria setia pada pasangannya adalah dia sangat menjunjung tinggi kehormatan wanita baik yang dia kenal maupun wanita di sekelilingnya. Biasanya pria setia sangat menghormati ibunya dan tahu betapa sulitnya menjadi seorang wanita ketika harus mengandung dan mendidik anak-anaknya.

Tidak ada sekalipun niat untuk melecehkan wanita meskipun sudah menjadi pacarnya. Karena pria setia tidak pernah memandang rendah wanita. Ketika Anda menemukan tipe pria yang seperti ini dan sedang mendekati Anda, tidak ada salahnya Anda untuk membuka hati padanya.

5. Jujur

Cowok setia dan bertanggungjawab dapat dilihat dari sikapnya yang jujur terhadap pasangan. Ia berkata apa adanya untuk kebaikan pasangannya. Karena pria setia menyadari bahwa kejujuran merupakan modal utama agar hubungan dapat berjalan romantis, mesra dan baik.

Kejujurannya bisa Anda uji dengan mencoba pinjam ponselnya. Jika dia tidak mengelak dan langsung memberikan pada Anda, maka dia tidak merasa ada yang harus ditutup-tutupi. Begitu pun ketika Anda meminta ikut serta ketika dia ada kegiatan diluar, Jika dia mengiyakannya, berarti dia memang masuk kriteria ciri-ciri lelaki yang setia.

Baca juga : tak harus cantik! ini dia tips agar disukai pria idaman

6. Tidak Pernah Ingkar Janji

Pria itu yang dipegang adalah kata-katanya. Kalau Anda mendapati seorang pria yang bicaranya plin-plan dan sering ingkar janji. Lebih baik Anda jauhi dan jangan dijadikan sebagai pasangan.

Berbeda jika dia adalah pria yang selalu menetapi janjinya. Maka kemungkinan besar dia adalah pria yang setia dan bertanggung jawab. Kalau pun dia pernah tidak menepati janjinya, mungkin disebabkan oleh hal-hal yang tidak memungkinkan untuknya. Akan tetapi, setidaknya dia sudah berusaha untuk menepati janjinya.

7. Memberikan Nasehat yang Baik

Ciri-ciri pria setia dan bertanggungjawab berikutnya adalah bisa menjadikan diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Dia selalu memberikan nasehat yang baik untuk Anda. Cara menasehatinya pun bukan seperti menggurui, tapi lebih kepada sikap bijaksana sehingga bisa membantu menyelesaikan masalah Anda.

Adakalanya dia juga tidak akan membela Anda ketika Anda memang dalam posisi yang salah. Dia akan menasehati Anda agar Anda bisa lebih dewasa dalam menyelesaikan suatu masalah. Karena bagiamana pun juga pria yang baik menginginkan pasangannya memiliki kepribadian yang baik juga.

8. Senantiasa Ada untuk Pasangannnya

selalu ada ketika dibutuhkanBetapa pun jarak yang memisahkan Anda, misalnya Anda sedang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR, kalau dia memang pria yang setia, dia pasti akan rutin untuk menghubungi Anda. Apalagi dengan kemajuan teknologi, komunikasi menjadi lebih mudah.

Jika dia selalu rutin menghubungi atau mengabari Anda, sudah pasti dia memang menjaga kesetiaan selama menjalani hubungan dengan Anda. Kalaupun dia ada tugas didaerah terpencil dan tidak ada sinyal, dia pasti akan berusaha menghubungi Anda atau memberitahu Anda sebelumnya bahwa ditempatnya sekarang susah sinyal.

Berbeda jika pasangan Anda sering banyak alasan tidak dapat menghubungi Anda karena susah sinyal, sedang banyak kerjaan dan lain sebagainya. Jika dia melakukannya terus menerus, bisa jadi dia sedang menyembunyikan sesuatu yang tidak boleh Anda tahu.

Simak juga : 17 tips menjaga hubungan jarak jauh agar selalu langgeng

9. Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Pria ditakdirkan untuk menjadi seorang pemimpin, terutama dalam hal membangun mahligai rumah tangga. Sehingga bagaimanapun juga pria harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pasangannya.

Oleh sebab itu, pilihlah pria yang memiliki rasa tanggung jawab baik terhadap diri sendiri, kepada Anda, pada pekerjaannya dan juga keberlangsungan hubungan Anda.

10. Mempunyai Mimpi dan Berusaha Mewujudkannya

Pria setia bukanlah lelaki sembarangan, melainkan ia lelaki yang berusaha menjadi orang baik dan memberikan yang terbaik bagi pasangannya. Ia mempunyai tujuan yang jelas dalam hidupnya untuk meraih kebahagiaan bagi dirinya dan orang di sekitarnya, terutama pasangan hidupnya.

Semisal jika ia masih hidup dalam kondisi serba terbatas secara ekonomi maka ia bertekad untuk memperbaiki hidupnya dalam soal keuangan. Misalkan bermimpi menjadi pengusaha sukses, mempunyai tujuan untuk mempunyai rumah sendiri, kendaraan sendiri dan lain-lain. Ia bercita-cita demikian agar dapat membahagiakan Anda.

11. Selalu Tersenyum pada Pasangan

Fakta cowok setia pun dapat dilihat dari raut wajahnya selalu tersenyum ketika bertatapan muka dengan pasangannya. Hal ini sebagaimana poin di atas sebagai wujud untuk membahagiakan pasangan hidupnya. Ia ingin pasangan hidupnya bahagia selama bersama dengannya.

Senyum adalah suatu ibadah. Dan salah satu ciri istri solehah adalah ketika ditatap oleh suaminya ia tersenyum. Itu pun berlaku pula pada cowok yang baik dan setia dimana ia akan selalu tersenyum indah pada kekasihnya. Sehingga pasangannya menjadi bahagia menatapnya. Segala keluh kesah, galau, kesal dan sedih dapat hilang dari pasangannya.

Baca juga : 12 cara mempertahankan hubungan pacaran yang hampir putus

12. Selalu Berusaha Meyakinkan Pasangan

Terkadang seorang wanita ragu bahwa pria yang dicintainya apakah benar-benar memiliki kesetiaan atau malah tukang selingkuh. Pria yang setia ketika mendapati pasangannya meragukannya, dia akan berusaha untuk meyakinkan pasangannya tersebut.

Dia tidak malu untuk mengekspresikan cintanya pada Anda. Bahkan tak jarang pria seperti itu berani membuktikan kesetiaannya dihadapan banyak orang agar pasangannya bisa menghilangkan keraguan atas cintanya.

13. Selalu Bersyukur Bisa Bersama Pasangannya

Ciri-ciri pria setia dan jujur lainnya adalah selalu mensyukuri dengan apa yang dia peroleh. Terutama karena telah mendapatkan rasa sayang dan cinta dari pasangannya.

Dia berusaha menutup mata atas kekurangan yang dimiliki pasangannya dan merasa bangga dengan kelebihan pasangannya. Menurutnya, kekurangan pasangan adalah suatu hal yang harus dia lengkapi bukan untuk di hujat.

14. Berkomitmen Dalam Menjalani Hubungan

ciri pasangan yang setiaJika Anda sedang menjalin suatu hubungan dengan seorang pria, cobalah untuk menguji kesetiannya dengan bertanya kapan dia mau melamar atau menikahi Anda. Jika dia bisa memberikan jawaban yang pasti, maka dia memang memiliki komitmen dengan Anda.

Namun jika dia terlalu bertele-tele dan berusaha menghindari pertanyaan Anda, bisa jadi karena dia belum siap untuk menikah atau memang tidak mau menjalin komitmen dengan Anda.

Kalau dia memang pria yang memiliki ciri-ciri orang setia dia pasti berani menjawab tentang komitmen untuk menikahi Anda. Misalnya dia akan menikahi Anda setahun lagi sambil mengumpulkan uang untuk biaya nikah atau menjalani kehidupan rumah tangga bersama Anda.

Simak juga : 10 ciri-ciri pasangan selingkuh yang harus Anda ketahui

15. Tidak Melakukan Hal di Luar Batas

Seperti yang saya singgung diatas, bahwa pria yang setia dan penyayang pasti sangat menghormati wanita. Apalagi Anda yang notabene adalah seseorang yang akan menjadi pasangan hidupnya kelak.

Dia tentu tidak akan berbuat hal-hal diluar batas yang akan merusak masa depan kalian. Misalnya mengajak hubungan intim atau melakukan sesuatu lain yang dilarang agama.

Pria yang setia pasti akan berusaha menjaga kehormatan wanita yang dicintainya Jangan sampai perbuatan yang dilandasi nafsu malah bisa merusak impian kalian berdua.

16. Rela Berkorban

Pengorbanan adalah sesuatu hal yang selalu ada dalam suatu hubungan asmara. Pria yang selalu berkorban demi pasangannya adalah ciri-ciri pria setia yang bertanggung jawab.

Pengorbanan tidak melulu harus berupa materi. Contoh kecilnya saja dia rela menjemput Anda meskipun Anda meskipun harus kehujanan, dia mau mengalah ketika terjadi silang pendapat dengan Anda dan lain sebagainya.

17. Berani Minta Maaf dan Mudah Memaafkan

Dalam suatu hubungan pacaran atau pernikahan, beda pendapat, cekcok, melakukan kesalahan adalah suatu hal yang wajar. Itu menjadi sebuah bumbu dalam menjalani suatu hubungan.

Pria setia biasanya bisa menanggapi permasalahan dengan pasangan secara bijak. Kalau pun dia merasa salah, dia tidak akan sungkan untuk minta maaf untuk menunjukkan jiwa kesatrianya. Begitu pun kalau pasanganya yang salah, dia dengan mudah akan memaafkannya.

Baca juga : cara mengatasi rasa cemburu pada pasangan

18. Memilih Pasangan Hanya Sekali

Ketika Anda sudah menemukan ciri-ciri pria setia yang saya jabarkan diatas, kemudian ada pria yang sesuai dengan criteria tersebut suka dan mengungkapkan perasaannya kepada Anda. Anda bisa tuh menerimanya karena biasanya pria setia itu sangat jarang berani menyatakan cinta kepada wanita kalau dia tidak benar-benar mencintainya.

Namun jangan karena dia memiliki tAnda-tAnda pria yang setia terus Anda menerimanya begitu saja. Kalau Anda tidak menyukainya, lebih baik Anda menolak, karena kasihan kalau pria baik Anda terima cintanya hanya karena dia pria setia, bukan karena Anda juga mencintainya. Terkecuali jika Anda memang berniat mencoba untuk belajar mencintainya juga.

Itulah 18 ciri-ciri pria setia dan penyayang yang harus Anda tahu. Ketika Anda sudah menemukan atau malah sudah memiliki pasangan yang memiliki tAnda-tAnda kesetiaan, seyogyanya Anda harus menjaga dan menyayanginya sepenuh hati karena Anda adalah salah satu wanita yang beruntung memiliki pria yang selalu setia terhadap Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *