7 Bisnis Kecil Kecilan untuk Mahasiswa di bulan Ramadhan

bisnis kecil-kecilan untuk mahasiswa

Bisnis Kecil Kecilan untuk Mahasiswa – Tugas utama seorang mahasiswa adalah menuntut ilmu. Namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba belajar bisnis di sela sela waktu kegiatan ngampus. Apalagi dengan datangnya bulan puasa ini, banyak ide usaha di bulan ramadhan yang sangat menjanjikan.

Anggap saja merintis bisnis ini sebagai latihan agar Anda bisa menjadi pengusaha setelah lulus. Potensi pendapatan saat puasa tidak bisa dianggap remeh. Jadi jangan lewatkan untuk ikut ambil bagian meramaikan bisnis di bulan Ramadhan.

Bisnis kecil kecilan untuk mahasiswa dibawah ini setidaknya bisa menambah uang jajan Anda saat lebaran. Atau bahkan bisa Anda pakai untuk membeli gadget baru. Siapa tahu jika Anda sukses menjalankannya. Bisa jadi bisnis  tersebut akan berlanjut meskipun bulan puasa sudah berakhir.

Jika Anda khawatir masalah modal, maka tidak perlu dipikirkan. Usaha kecil kecilan dibawah ini tidak membutuhkan banyak modal kok. Bahkan ada yang gratis atau merupakan usaha tanpa modal sama sekali. Hal yang paling terpenting adalah Anda mau bergerak dan menawarkan jasa atau barang dagangan Anda.

Percuma Anda memiliki ide bisnis yang brilian. Namun apabila Anda tidak segera menjalankannya, maka ide tersebut akan menjadi hal yang sia-sia.

Berikut 7 bisnis kecil kecilan untuk mahasiswa di bulan Ramadhan yang bisa dikerjakan di sela-sela kesibukan Anda.

1. Jualan Takjil Buka Puasa

Jika di kampus Anda ada kelas sore. Para mahasiswa pasti membutuhkan menu berbuka puasa. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berjualan jajanan buka puasa untuk mereka.

Biasanya mahasiswa tidak bisa istirahat lama-lama karena harus kuliah lagi setelah berbuka. Jadi mereka tidak bisa makan di luar kampus. Paling-paling ya makan di kantin yang menunya itu-itu saja. Hal ini mungkin akan membuat mereka bosan dan ingin sesuatu yang baru.

Anda bisa menawarkan menu berbuka puasa yang berbeda dari kantin kampus. Misalnya berjualan takjil atau jajanan semacamnya.

Anda juga bisa membuat takjil dan  metitipkannya di kantin kampus. Meskipun Anda harus berbagi laba dengan pemiliki kantin. Namun Anda tidak perlu repot-repot mengantar dan menawarkan takjil Anda dari kelas satu ke kelas yang lain.

Kalau Anda bisa mengajak beberapa orang teman untuk bekerja sama. Bukalah stand takjil di pinggir jalan. Karena pangsa pasarnya pasti lebih besar. Memang setiap keuntungan harus dibagi bersama. Tapi setidaknya Anda tidak akan terlalu capek dan jualannya juga bisa bergantian.

Simak juga : 20 Jajanan buka puasa paling laris dijual saat Ramadhan

2. Menyediakan Jasa Catering Rumahan

Jika Anda adalah mahasiswa yang kuliah di kota Anda sendiri. Selain berjualan takjil untuk berbuka puasa, Anda bisa menyediakan jasa catering untuk para mahasiswa perantauan yang ngekost atau ngontrak.

Mereka biasanya malas untuk masak sendiri dan lebih memilih membeli makanan diluar. Disinilah Anda bisa menawarkan jasa catering pada mereka dengan harga lebih murah dibandingkan beli diluar.

Tapi pastikan dulu bahwa Anda adalah seorang pemasak yang handal. Kalaupun tidak, Anda bisa mengajak ibu Anda untuk bekerja sama. Ibu yang memasak dan mengepak, sementara Anda yang menjual ke teman-teman kampus Anda.

Anak dari ibu pemilik warung makan ditempat saya kerja juga berbisnis catering seperti ini. Jadi, saat dia berangkat ke kampus, dia sekalian membawa catering pada teman mahasiswa langganannya. Entah itu diantar langsung ke kost atau sekalian di kampus.

Untuk hasilnya sendiri cukup besar. Apalagi jika langganan Anda cukup banyak. Biasanya para mahasiswa membayarnya setiap seminggu sekali.

Jika Anda tertarik dengan bisnis catering, silahkan baca cara sukses memulai usaha catering rumahan dengan modal kecil

3. Bisnis Kue Kering dan Snack Kiloan

Bisnis kecil-kecilan untuk mahasiswa berikutnya adalah jualan kue kering pada pertengahan puasa. Bisnis ini perlu Anda pertimbangkan karena permintaan kue kering menjelang lebaran pasti membludak.

Memang akan lebih menguntungkan jika Anda bisa membuat kue sendiri di rumah. Namun jika Anda tidak bisa membuat kue yang enak, Anda bisa membeli kue dengan sistem kiloan. Kemudian kue tersebut Anda kemas sendiri baru dipasarkan.

Untuk strategi pemasaran, Anda bisa menitipkan kue Anda di toko-toko daerah Anda, menawarkannya ke teman sekampus atau menjualnya lewat media sosial.

Untuk lebih jelasnya tentang bisnis kue kering, silahkan baca tips sukses menjalankan usaha kue kering lebaran

4. Menjual Baju Lebaran

Puasa identik dengan belanja baju baru untuk menyambut hari raya idul fitri. Hal ini sudah menjadi tradisi rakyat Indonesia sejak dulu.

Untuk itu, manfaatkan kesempatan ini untuk berbisnis baju lebaran. Jika Anda memiliki modal, Anda bisa kulakan baju secara grosiran di toko baju daerah Anda dan menjualnya kepada teman-teman sekampus, saudara, tetangga dan kenalan Anda

Belajarlah bagaimana cara promosi yang bagus agar mereka tidak keberatan membeli baju pada Anda jika memang barangnya bagus dan harganya terjangkau.

Oleh sebab itu, jangan terlalu banyak mengambil untung. Lebih baik untung sedikit tapi banyak yang beli daripada mengambil keuntungan besar namun pembelinya sedikit.

Simak juga : Cara memulai bisnis baju modal 1 juta untuk pemula

5. Menjadi Dropshiper

jika Anda tidak memiliki banyak modal, Anda bisa berjualan dengan sistem dropship. Bisnis dropship sendiri ialah menjual barang via online dimana Anda hanya perlu upload foto barang ke media sosial.

Setelah Anda mendapat pembeli, Anda tinggal memesan ke supplier. Kemudian supplier akan mengirimkan barang langsung ke konsumen atas nama Anda. Jadi Anda tidak perlu stok barang dirumah.

Untuk mendapatkan supplier, Anda bisa browsing di internet atau mencarinya di situs jual beli online seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shoppe. Biasanya banyak pemilik toko online yang juga menerima dropshiper untuk produk mereka.

Untuk pemasaran, Anda bisa menjualnya secara online dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Kelemahan dropship ini adalah Anda tidak bisa menjual pada teman-teman Anda secara offline dan gambarnya juga itu-itu saja karena Anda tidak bisa memfotonya sendiri.

Rekomendasi Artikel : 

13 Tips mudah jualan baju online murah untuk pemula

6. Jualan Parsel Lebaran

Kalau Anda memiliki keterampilan dan kreativitas dalam membuat parsel, bisnis kecil-kecilan untuk mahasiswa yang tepat untuk Anda ialah jualan parsel lebaran.

Usaha ini mulai ramai menjelang datangnya hari raya idul fitri dimana banyak orang sibuk mencari parsel lebaran untuk diberikan kepada orang-orang terdekat atau rekan bisnis mereka.

Anda bisa membuat berbagai macam parsel. Mulai dari makanan dan minuman ringan, parsel sembako atau parsel gelas dan toples. Kunci sukses dari jualan parsel lebaran adalah Anda harus bisa membuat parsel yang menarik dan harganya cukup terjangkau.

Untuk pemasaran, Anda bisa menitipkannya di sejumlah toko didaerah Anda, menawarkan kepada kenalan dan mengunggahnya grup-grup Facebook. Jika ada yang tertarik, mereka tentu akan pesan pada Anda.

Simak juga : 9 Tips bisnis parcel lebaran murah yang menguntungkan

7. Event Organizer Buka Bersama Kampus

Mungkin masih jarang yang membahas bisnis ini, karena tidak begitu menarik. Namun bisnis model ini sebenarnya lumayan menjanjikan lho.

Lalu apa sih event organizer itu?

Event organizer adalah bisnis dimana Anda bekerja sebagai perencana, pelaksana dan pengatur event atau acara tertentu.

Salah satu ritual wajib bagi mahasiswa kampus adalah buka bersama. Entah itu di restoran, di tempat umum atau bahkan di rumah. Anda bisa memanfaatkan acara ini dengan mengadakan buka bersama sendiri di kampus. Dan mendapatkan laba dari acara tersebut.

Caranya bagaimana :

a. Buatlah pengumuman adanya buka bersama seluruh kampus, cantumkan jumlah iuran yang harus dibayar untuk yang ingin ikut dan pastikan jumlah iurannya sesuai dengan kantong mahasiswa.

b. Buatlah sesuatu yang unik agar mereka tertarik untuk ikut, Anda bisa menambahkan buka bersama tersebut dengan game, pentas drama, atau hal lain.

c. Setelah banyak yang mendaftar dan membayar iuran, Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk memesan makanan berbuka dan menyewa pentas yang ingin Anda tampilkan.

d. Sebisa mungkin carilah makanan yang murah namun enak, sehingga masih ada uang yang tersisa..

e. Uang yang tersisa itulah yang menjadi keuntungan Anda. Jika Anda pintar menawarkan, maka insya allah akan ada banyak orang yang ikut acara tersebut

Salah satu cara membuat buka bersama Anda semakin unik adalah Anda bisa menggabungkanya dengan piknik.Contohnya “buka bersama di pantai pantai”, atau “buka bersama di atas gunung”.

Kelebihan event seperti ini adalah Anda bisa menetapkan iuran yang lebih banyak. Sehingga Anda bisa meningkatkan potensi pendapatan Anda.

Baca juga : 14 Ide usaha sampingan yang menguntungkan menjelang lebaran

Memang tugas mahasiswa yang utama adalah belajar dan menimba ilmu. Tapi tidak ada salahnya memanfaatkan sela-sela kesibukan Anda untuk belajar bisnis. Cobalah salah satu dari 7 bisnis kecil kecilan untuk mahasiswa diatas untuk menambah uang jajan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *