6 Menu Buka Puasa Cepat Saji yang Enak dan Mudah di Buat

menu buka puasa cepat saji paling mudah dibuat

Menu Buka Puasa Cepat Saji – Salah satu ritual yang wajib dalam berpuasa adalah berbuka. Masalahnya adalah apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Mungkin karena kesibukan Anda di kantor atau banyak pekerjaan rumah yang harus Anda selesaikan di sore hari. Akhirnya Anda terlambat menyiapkan menu buka puasa untuk Anda dan keluarga.

Tentu Anda tidak mau bukan keluarga Anda sampai kelaparan menunggu makanan untuk berbuka? Solusinya adalah dengan memasak makanan yang cepat pembuatannya. Dan tentunya memiliki gizi yang cukup juga.

Di bawah ini ada beberapa menu buka puasa cepat saji yang bisa Anda pilih sebagai santapan Anda bersama keluarga yang mudah dibuat dan cepat saji.

1. Roti Goreng Telur

Ini adalah salah satu masakan yang dulu biasa dimasak ibu saya. Cara membuatnya sangat mudah dan cepat. Mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja untuk memasaknya. Yang Anda butuhkan adalah 2 lembar roti tawar dan 1 butir telur.

Cara membuatnya adalah kocok telur hingga merata, masukkan dua lembar roti tawar ke dalam telur tersebut hingga semua telur bisa meresap ke roti tawar. Setelah itu goreng hingga matang. Jika sudah, Anda bisa menambahkan selai, susu atau keju.

Pada awalnya saya berpikir makanan ini tidak bisa mengenyangkan perut. Tapi ternyata lumayan buat mengisi perut yang kosong seharian. Anda bisa mencobanya di rumah.

Baca juga : 16 kebiasaan gaya hidup sehat yang mulai di lupakan banyak orang

2. Salad Buah

Salah satu hidangan yang sangat cocok untuk berbuka puasa adalah menu dari buah-buahan. Karena memiliki banyak kandungan air dan gizi yang lumayan banyak. Kandungan air dalam buah bisa mengembalikan cairan tubuh yang terkuras saat berpuasa di sepanjang hari.

Sebenarnya Anda bebas menggunakan buah apa saja, namun di bawah ini adalah rekomendasi terbaik cara membuat salad buah untuk menu buka puasa.

Cara pembuatannya sangat mudah, yang pertama Anda harus menyiapkan buah-buahan dasarnya terlebih dahulu, diantaranya yaitu:

Bahan :

  • Apel segar 200 gram, potong dadu
  • Melon segar 200 gram, potong dadu
  • Semangka 1 buah, potong dadu
  • Mangga segar 200 gram, potong dadu
  • Pepaya 1 buah, potong dadu
  • Strawberry 40 gram, belah menjadi 4
  • Anggur segar, buang bijinya

Saus salad buah :

  • Mayones 150 ml
  • Keju parut
  • Susu kental manis rasa vanila 1 kaleng

Cara pembuatan :

Sebelum Anda mencampurkan buah-buahan dengan saus salad, terlebih dahulu silakan memasukkan buah-buahan yang dipotong tersebut ke dalam kulkas agar lebih dingin dan segar. Untuk mengakalinya, Anda bisa memasukkan buah ke dalam kulkas hari ini dan memakannya besok waktu buka puasa.

Ambilah satu buah mangkok, isi dengan mayones dan susu kental manis. Anda juga bisa menambahkan jeruk nipis di dalamnya. Masukkan buah yang sudah Anda masukkan kulkas tadi kemudian aduk hingga merata. Dan salad buah siap untuk disajikan sebagai menu berbuka puasa.

Selain buah, Anda juga bisa membuat salad dari sayur-sayuran. Caranya hampir sama dengan diatas. Salad buah sangat cock bagi Anda yang sedang menerapkan program diet saat puasa.

3. Nasi Pecel

Salah satu makanan sehat yang bisa Anda gunakan untuk berbuka puasa adalah nasi pecel. Jika Anda berpikir nasi pecel membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya, Anda salah.

Anda bisa membuat nasi pecel hanya dalam waktu 20 menit saja. Yang Anda butuhkan hanyalah nasi, sambel pecel jadi dan rebusan sayuran pelengkap.

Cara menyiapkannya juga sangat mudah, pertama kukus sayuran seperti bayam, kacang panjang dan kecambah.

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk membuatnya matang. Saat Anda menunggu sayuran matang, Anda bisa menyiapkan sambel pecelnya.

Masukkan 100 gram sambal pecel ke dalam mangkok. Beri air panas dan campur hingga menjadi sambal yang kental. Setelah semuanya jadi, Anda bisa memakannya dengan nasi putih.

Mudah bukan.

Simak juga : 9 Ide jualan untuk bulan puasa yang cocok dilakukan dirumah

4. Mie Goreng Pedas

Mie adalah salah satu makanan instant favorit orang indonesia. Bahkan makanan ini dianggap sebagai makanan pengganti nasi. Hal tersebut tak luput dari rasanya yang enak, mudah dibuat dan bisa mengenyangkan.

Jika Anda tidak suka mie instan, maka Anda bisa membuat mie goreng pedas sebagai gantinya. Karena cara membuatnya mudah dan cukup cepat. Jadi Anda bisa berbuka puasa tepat waktu meskipun pulang terlambat dari kerja.

Anda bisa memakai bumbu instan seperti racik mie goreng atau membuat bumbu sendiri.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda cukup menyiapkan 200 gram mie telor, bawang merah, bawang putih, kecap manis, cabe, penyedap rasa, gula dan garam.

Uleg semua bumbu tersebut menjadi satu, kemudian tumis dan masukan mie telur yang sudah direbus ke dalam tumisan. Aduk hingga merata dan mie pedas pun siap Anda santap bersama keluarga.

Bumbu di atas adalah bumbu paling minimal yang bisa Anda gunakan. Anda bisa berkreasi dengan bumbu lain sesuai selera Anda.

5. Pisang Goreng Keju

Kalau yang ini adalah makanan kesukaan saya ketika kecil. Cara membuatnya sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk memasaknya.

Yang Anda butuhkan hanyalah pisang raja, minyak goreng, tepung pisang goreng, margarin, dan keju parut.

Cara pengolahannya ialah pertama-tama kupas pisang raja sebanyak 5 biji belah menjadi dua kemudian lumuri dengan tepung. Panaskan minyak goreng yang bercampur margarin. Goreng pisang tersebut hingga berwarna kecoklatan.

Penambahan margarin pada minyak bermanfaat untuk membuat pisang menjadi lebih gurih. Selanjutnya taburi parutan keju.

Pisang goreng keju sudah siap untuk disantap. Anda bisa menambahkan berbagai macam toping jika Anda menyukainya.

6. Tumis Sosis dan Sayuran

Sosis adalah makanan daging olahan yang cukup banyak penggemarnya. Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan menu buka puasa cepat saji. Misalnya dengan menumis dan mencampurkannya dengan berbagai sayuran.

Anda bisa menumis sosis dengan sayur seperti wortel. Brokoli, kembang kol, dan lain sebagainya. Selain cepat dalam pembuatannya, tambahan sayuran tentu akan menyehatkan tubuh Anda.

Itulah 6 menu buka puasa cepat saji yang praktis dan mudah dibuat. Cobalah salah satunya jika Anda tidak sempat memasak karena terlambat pulang kerja atau sedang malas memasak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *