7 Gaya Hidup Sederhana yang Bisa Buat Anda Sukses dan Kaya

gaya hidup sederhana ala orang sukses dunia

Gaya Hidup Sederhana – Kekayaan dan kesuksesan adalah impian semua orang. Namun tidak semua orang dapat meraihnya. Hanya orang-orang yang tekun, pekerja keras dan bisa mengatur keuangan dengan baik yang bisa mencapainya.

Lalu apa hubungannya antara kaya dan gaya hidup sederhana?

Hubungan keduanya sangat erat sekali. Meskipun Anda memiliki gaji 150 juta rupiah per bulan. Namun jika pengeluaran Anda lebih dari gaji Anda tersebut, maka Anda bisa saja terlilit berhutang jika terus melakukannya

Anda bisa melihat banyak tokoh besar di dunia yang hidupnya sangat sederhana. Salah satunya seperti Mark Zuckerberg, si pemilik jejaring sosial Facebook yang hanya menggunakan satu model pakaian saja, yakni kaos oblong warna abu-abu.

Atau Steve Jobs si penemu smartphone Apple. Dia hanya menggunakan satu model baju saja yaitu kaos berwarna hitam. Mereka tidak ambil pusing tentang masalah penampilan. Selama itu nyaman dipakai dan enak dipandang, maka tidak jadi soal.

Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Allah SWT akan memberikan rahmat kepada seseorang yang berusaha dari yang baik, membelanjakan dengan pertengahan dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga pada hari dia miskin dan membutuhkannya.”

Maksud dari hadist diatas adalah dengan tidak membelanjakan harta yang didapatkan dengan seenaknya dan menyimpan sebagian untuk masa depan.

Nah, berikut ini 7 gaya hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda terapkan untuk meraih sukses di masa depan.

1. Bangun Pagi Lebih Awal dari Pada Orang Lain

Orang kaya adalah mereka yang sangat menghargai waktu. Salah satu gaya hidup sederhana yang mereka selalu lakukan adalah bangun lebih pagi.

Beberapa orang sukses dunia yang selalu bangun lebih awal diantaranya Jack Dorsey, pendiri Twitter yang hobi bangun pagi. Dia menghabiskan waktu pagi untuk bermeditasi dan lari pagi sejauh 6 mil.

Begitu juga dengan CEO Disney, Bob Iger yang mana sering memanfaatkan waktu paginya untuk mengecek email, membaca Koran, berolahraga dan merenungi apa yang telah di kerjakannya selama ini.

Intinya, pola hidup sederhana pertama yang bisa Anda lakukan adalah bangun pagi. Seperti kata-kata orang tua bahwa rezeki bakal dipatok ayam jika kita selalu telat bangun pagi. Ujar-ujaran ini mungkin ada benarnya. Buktinya banyak orang sukses yang memiliki kebiasaan bangun pagi.

Rekomendasi Artikel : 

11 Tips ampuh agar bisa rutin bangun pagi lebih awal

2. Mengeluarkan Lebih Sedikit Daripada yang Didapatkan

Ini adalah salah satu cara yang telah diajarkan oleh pak Tung Desem Waringin, salah satu pengusaha besar di Indonesia.

Beliau pernah berkata kurang lebih seperti ini, “Keluarkan lebih sedikit daripada yang didapatkan dan investasikan sisanya agar menjadi lebih banyak terus menerus.”

Sebisa mungkin jangan habiskan semua pendapatan Anda dalam sebulan. Apabila gaji Anda Rp 4 juta, maka Anda bisa menggunakan Rp 3 juta untuk keperluan sehari-hari Anda, sedangkan Rp 1 juta sisanya Anda gunakan untuk investasi yang menguntungkan.

Investasi itu ada banyak sekali. Salah satunya Anda menyisihkan uang untuk belajar berbisnis atau mengatur keuangan. Keduanya juga termasuk salah satu investasi yang harus dilakukan.

Baca juga : 10 Investasi terbaik yang bisa buat Anda kaya di usia 35

3. Hanya Beli Sesuatu yang Anda Perlukan

kesederhanaan hidup orang kaya duniaSalah satu alasan kenapa seseorang bisa bangkrut adalah karena kebiasaan membeli barang-barang mewah yang sebenarnya tidak begitu diperlukan. Jangan Anda terjebak dengan gaya hidup boros dimana Anda membeli suatu barang di atas kemampuan Anda

Anda pasti tahu salah satu legenda petinju dunia bernama Mike Tyson. Saat masih menjadi petinju, dia telah meraih segalanya. Dia tenar, sukses dan yang pasti kaya raya.

Namun setelah pensiun, dia pernah jatuh bangkrut dan memiliki hutang hingga ratusan miliar rupiah.

Anda tahu kenapa itu terjadi?

Karena dia menghabiskan semua uang yang dia dapatkan dari tinju di masa lalu. Jadi jangan sampai Anda mengikuti jejaknya,

Contoh lainnya seperti saat Anda membeli sebuah smartphone. Terlebih dulu Anda harus mengetahui smartphone seperti apa yang Anda butuhkan. Jika kebutuhan Anda hanya untuk sosial media dan telepon saja, saya kira handphone dengan harga Rp 2.000.000 sudah cukup untuk Anda.

Jadi Anda tidak perlu membeli handphone mahal seperti iphone X, atau samsung galaxy 9 yang harganya bisa lebih dari 10 juta rupiah.

Lagian, jika Anda membeli hp mahal pun, paling-paling Anda gunakan hanya untuk sosial media dan telepon saja, jika Anda membeli smartphone dengan harga Rp 2 juta, maka Anda bisa menghemat Rp 8 juta.

Lumayan bukan?

Anda sudah bisa membuka usaha modal 10 jutaan dengan uang banyak itu.

Contoh lain adalah soal fashion. Tidak perlu membeli barang barang branded seharga puluhan juta rupiah hanya untuk jaket atau sepatu. Jika sepatu dan jaket seharga 100 ribuan atau 200 ribuan sudah cocok dan nyaman digunakan. Maka belilah itu, toh, fungsinya sama saja.

Simak juga : 20 Jenis usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil

4. Jangan Tergiur Diskon

Sah-sah saja Anda membeli barang yang ada diskonnya. Asal barang tersebut memang benar-benar Anda butuhkan.

Contohnya saja saat Anda sedang belanja bulanan di supermarket. Ketika ada minyak goreng yang harga aslinya Rp 30 ribu di diskon menjadi Rp 25 ribu. Maka akan sangat menguntungkan. Anda jadi bisa menghemat uang belanja bulanan Anda.

Lain halnya jika Anda tergiur membeli barang yang sebenarnya Anda sendiri kurang membutuhkan. Salah satu contohnya ketika Anda membeli baju di mall.

Tujuan awal Anda sebenarnya hanya ingin membeli celana jeans. Namun, ketika Anda melihat kemeja yang ada diskon 50%+20%, akhirnya Anda tergiur untuk membelinya. Padahal sebenarnya kemeja Anda dirumah sudah banyak. Anda membeli hanya karena tertarik diskonnya yang gedhe.

Hal seperti inilah yang tidak perlu Anda lakukan. Boleh percaya atau tidak, sebenarnya orang yang memberikan diskon untuk produknya, mereka tetap untung. Bahkan jika pembelinya banyak sekalipun.

Kebanyakan pengusaha memberikan diskon sebagai cara promosi produk untuk membuat orang tertarik untuk membelinya. Meskipun orang-orang sebenarnya tidak begitu membutuhkannya.

Hal ini biasanya terjadi di supermarket seperti Alfamart atau Indomaret. Saat Anda membayar belanjaan Anda di kasir, biasanya kasir akan menawarkan Anda produk yang ada diskonnya agar Anda belanja lebih banyak.

Jika Anda memang tidak begitu memerlukan sebaiknya jangan dibeli. Lebih baik Anda sisihkan uang Anda untuk investasi jangka panjang demi masa depan Anda.

Rekomendasi Artikel : 

10 Kebiasaan kecil yang bikin pengeluaran semakin boros

5. Menabung Tidak Akan Membuat Anda Kaya

Menabung memang menjadi salah satu cara untuk mengamankan uang Anda. Namun, jika Anda berharap tabungan Anda bisa membuat Anda kaya, maka Anda salah. Tabungan tidak akan membuat Anda kaya. Investasi dan berbisnislah yang akan membuat Anda kaya.

Apabila Anda sekarang memiliki gaji 4 juta dan bisa menyisihkan Rp 2 juta per bulan. Maka dibutuhkan waktu 4 tahun untuk mendapatkan 100 juta rupiah dan 41 tahun untuk mencapai Rp 1 miliar. Sementara uang 1 milyar pada 41 tahun mendatang mungkin nilainya setara dengan Rp 100 juta sekarang.

Lalu berarti tidak ada gunanya dong menabung?

Sebenarnya tetap berguna kok. Asalkan Anda tahu tips menabung yang tepat. Misalnya dengan di belikan emas batangan atau membuka tabungan emas di pegadaian.

Kenapa harus menabung emas?

Karena emas adalah salah satu jenis investasi yang paling aman dan harganya selalu meningkat setiap tahunnya.

Sebagai contoh harga emas sekarang Rp 500.000 dan Anda bisa menyimpan 4 gram emas setiap bulannya. Dalam waktu 1 tahun, Anda bisa memiliki 40 gram emas. Dan untuk 30 tahun mendatang Anda telah memiliki 1,2 kg emas.

Sementara harga emas 30 tahun mendatang mungkin bisa 5 kali lipat dibandingkan harga sekarang. Maka, Anda akan mendapatkan keuntungan 5 kali lebih banyak.

Disamping emas, Anda juga berinvestasi tanah dan properti yang mana harganya pasti akan naik berkali-kali lipat di masa mendatang.

Selain itu, Anda juga bisa belajar investasi saham. Meskipun memiliki resiko kerugian cukup tinggi, namun jika Anda mau belajar dan bisa berinvestasi dengan tepat, maka Anda akan meraih banyak keuntungan.

Baca juga : 7 Jenis investasi jangka panjang terbaik untuk masa depan

6. Tidak Malu Membawa Bekal Makan Siang

tips hemat dengan bawa bekal makanMembawa bekal makan siang dari rumah bukan berarti karena Anda pelit hanya untuk makan. Jangan merasa malu meskipun teman-teman Anda lebih memilih makan diluar.

Boleh dikatakan membawa bekal dari rumah adalah penerapan cara hidup hemat yang cukup tepat. Dan itu juga salah satu gaya hidup sederhana yang orang kaya pun sering melakukannya.

Pemilik Dish Nwtwork, Charlie Ergen memiliki kekayaan mencapai US$ 18 miliar. Namun dia tetap membawa bekal makan siang. Lalu apakah Anda yang hanya memiliki gaji pas-pasan masih merasa malu untuk membawa bekal.

Nilai penghematan dari membawa bekal makan siang lumayan besar. Sebagai contoh jika Anda membeli makan diluar, rata-rata harus mengeluarkan uang minimal sebesar Rp 20.000.

Dalam seminggu ada 6 hari kerja. Maka dalam sebulan Anda harus makan diluar sebanyak 26 kali. Rp 20.000 x 26 = Rp 520.000. Untuk satu tahun tinggal Anda kalikan 12 hasilnya Rp 6.240.000.

Bayangkan jika Anda terus membawa bekal, Anda bisa berhemat Rp 6.240.000. Lumayan buat biaya mudik saat lebaran bagi Anda yang kerja perantauan bukan.

Memang soal makan adalah hak Anda. Namun dengan membawa bekal, Anda telah menunjukkan kesederhanaan hidup yang mungkin akan membawa Anda menjadi orang sukses kedepannya.

Rekomendasi Artikel : 

Rahasia menjadi orang kaya dengan 12 cara sederhana 

7. Rajinlah Bersedekah

Ketika Anda telah menerapkan gaya hidup sederhana, Anda tentu akan merasakan bahwa mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak penting sangatlah mubazir.

Lebih baik jika Anda gunakan uang tersebut untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Anda bisa mencontoh orang terkaya dunia, Bill Gates. Pendiri perusahaan Microsoft ini adalah orang yang rajin beramal. Dia rela menyumbangkan jutaan dollar untuk kegiatan sosial.

Ikhlas bersedekah tidak akan membuat Anda miskin. Bahkan Allah SWT sangat menyukai orang yang gemar bersedekah. Anda malah akan mendapat balasan rezeki berlipat-lipat ganda.

Banyak orang kaya yang tidak sayang membuang uang untuk membeli barang-barang mahal yang mereka inginkan. Namun, ketika datang waktu Idul Adha. Membeli kambing yang harganya 3 jutaan saja mereka keberatan.

Jadi, jika Anda ingin kaya, kehidupan sederhana yang harus Anda terapkan adalah bersedekah.

Cara menikmati hidup sederhana sebenarnya sangatlah simple, Anda tinggal menjadi orang yang biasa saja tanpa perlu ngotot dengan duniawi yang sifatnya sementara. Terapkanlah gaya hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari agar Anda bisa sukses dan kaya kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *