8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

cara mendapatkan uang dari instagramSemua orang tahu bahwa instagram adalah salah satu media sosial yang sangat populer. Tidak terkecuali di Indonesia yang penggunanya sudah mencapai 45 juta orang pada tahun 2017 seperti dikutip dari CNN Indonesia.com. Namun, tahukah anda? Selain sebagai wadah untuk berbagi foto dan video singkat. Instagram bisa menjadi tempat untuk menghasilkan uang loh. Tidak percaya? Atau anda percaya tetapi belum tahu cara mendapatkan uang dari instagram.

Dijaman sekarang, mendapatkan uang dari internet bukan hal yang asing lagi. Begitu juga dengan layanan jejaring seperti instagram yang mana telah banyak mencetak para jutawan setiap harinya. Bukankah dimana ada keramaian disitu bisa jadi sebuah peluang bisnis.

Bagaimana anda menanggapi kenyataan ini? Apakah masih tidak percaya atau anda mulai penasaran untuk bisa menghasilkan uang dari instagram tapi tidak tahu mau memulainya dari mana? Jangan khawatir jika anda masih bimbang, artikel ini mungkin dapat membuat anda percaya bahwa hanya dengan bermodalkan smartphone anda anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan.

Berikut 8 cara mendapatkan uang dari instagram yang masih belum banyak diketahui oleh banyak orang.

1. Berjualan Produk di Instagram

Jualan produk menjadi hal umum saat anda ingin menghasilkan uang dari instagram. Sudah banyak orang yang merubah jalan hidupnya menjadi jutawan setelah memutuskan untuk berjualan produk di media sosial yang satu ini.

Produk yang biasa dijual disini biasanya merupakan produk untuk kalangan anak muda, terutama kaum hawa. Produk seperti baju, jilbab, aksesori dan kosmetik menjadi produk yang paling laris. Para pebisnis instagram biasanya menggunakan niche akun sesuai dengan produk yang mereka jual agar para pembeli segera mengenali produk mereka.

Jika tidak memiliki produk sendiri, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa bertindak sebagai dropship atau reseller dengan menjualkan barang dari supplier. Masterplace raksasa seperti tokopedia atau shoppe bisa dijadikan sumber pabrik online anda. Pilihlah barang yang sekiranya laku dijual disalah satu situs tersebut. Selanjutnya hubungi penjual produk agar anda bisa menjualkan barang mereka diinstagram.

Selain cara diatas, anda juga bisa menjualkan produk orang-orang disekitar rumah anda. Misalnya didaerah anda ada tempat kerajinan tangan yang anda anggap unik. Anda bisa menawarkan kepada pemiliknya untuk bantu menjualkan sehingga anda bisa mengambil keuntungan sendiri dari harga yang dipatok oleh pemiliknya.

Baca juga : 7 Tips Jitu Memilih Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Pemula

2. Menjual Foto Hasil Japretan Sendiri

Anda seorang yang punya hobi fotografi? Jika ya, ada cara mendapatkan uang dari instagram dengan jual foto online hasil jepretan anda sendiri. Anda bisa mengunggah hasil foto terbaik anda diinstagram. Jangan lupa untuk memberikan watermark pada setiap postingan anda untuk menghindari pencurian foto.

Siapa tahu dengan usaha anda ini dapat menarik minat orang untuk membeli foto anda. Jika kesepakatan harga telah tercapai, anda bisa segera mengirimkan foto original kepada orang yang membeli foto anda.

3. Menawarkan Jasa di Instagram

Selain berjualan barang dan foto, diinstagram anda juga bisa menawarkan jasa dari keahlian yang anda miliki. Lalu jasa apa saja yang biasa ditawarkan diinstagram?

Dari yang saya amati, kebanyakan jenis jasa yang biasa ditawarkan antara lain :

  • Jasa pembuatan desain seperti logo, banner, kartu nama dan lainlain.
  • Jasa pembatan blog/website
  • Jasa SEO (search engine optimization) untuk para blogger dan pebisnis toko online.
  • Jasa Interior
  • Jasa penerjemah
  • dll.

Jika punya salah satu keahlian diatas, anda bisa mencoba menawarkan jasa tersebut lewat instagram. Segera buat akun instagram sesuai dengan jasa yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk menulis dekripsi singkat serta lengkapi dengan email atau nomor WA agar mereka mudah menghubungi anda. Selain itu, cari cara promosi di instagram agar banyak mendatangkan calan pelanggan anda.

Baca juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

4. Menjadi Seorang Buzzer

Cara mendapatkan uang dari instagram selanjutnya adalah menjadi buzzer. Namun, untuk menjadi seorang buzzer anda harus cukup populer didunia instagram. Maksud populer disini adalah akun instagram anda mempunyai setidaknya 100.000 follower keatas. Sehingga ketika anda menggunggah sebuah postingan, akan banyak ribuan orang yang memberikan tanda love maupun komentar. bahkan regram.

Kepopuleran anda ini tentunya akan menarik para pebisnis online yang masih minim follower diinstagram. Mereka tidak segan untuk membayar anda agar dapat mempromosikan brand atau produk mereka lewat akun instagram anda. Tidak tanggung-tanggung, biasanya para advertiser berani membayar mahal pada para buzzer yang memang memiliki ratusan ribu follower.

Sebagai contoh Danielle Bernstein, blogger berusia 22 tahun ini menerima bayaran 15 ribu dollar atau setara 197, 2 juta rupiah untuk setiap foto yang diunggah diakun instagram pribadinya yang memiliki hampir 1 juta follower. Bayangkan hanya upload instagram dapat uang, enak bukan.

5. Menjadi Seorang Endorser

Endorser hampir mirip dengan buzzer. perbedaannya hanyalah anda berperan seperti bintang iklan yang mempromosikan produk suatu brand. Selain dibayar, anda juga akan mendapatkan setiap produk yang anda posting secara gratis. Syarat atau cara menjadi endorse berarti anda harus menjadi orang yang terkenal dan punya ratusan ribu bahkan jutaan follower.

Banyak orang yang mencoba peruntungannya dengan menjadi endorser suatu produk. Tak terkecuali selebriti papan atas Indonesia seperti Syahrini, Raffi Ahmad, Ayu Ting-Ting dan Luna Maya yang masuk dalam daftar selebriti berpenghasilan tertinggi diIndonesia. Jika anda sudah merasa memiliki banyak follower, mungkin anda bisa menjadi endorser sukses berikutnya.

Baca juga : 8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

6. Jasa Titip Beli Barang

menghasilkan uang dari instagram dengan titip jual beli barangBagi anda yang hobi belanja, usaha jasa titip beli barang mungkin bisa menjadi cara anda mendapat penghasilan dari instagram. Orang-orang ini biasa disebut sebagai personal shopper yang menjual barang belanjaannya lewat instagram. Pelakunya kebanyakan wanita yang pada dasarnya memang suka berbelanja.

Tempat belanja yang biasa dikunjungi antara lain mall, butik, distro, tempat pameran maupun pusat perbelanjaan. Tugas anda tinggal foto semua produk ditempat anda berkunjung lalu mempostingkannya di akun instagram anda. Jangan lupa untuk memberikan hastag sewajarnya. Jika ada yang tertarik, mereka akan menghubungi anda dan akan memesan produk yang anda tampilkan. Bisnis ini bisa menjadi usaha dengan modal kecil namun sangat menguntungkan

7. Mencari Sponsor

Nyatanya masih ada banyak cara mendapatkan uang dari instagram. Salah satunya dengan mencari sponsor untuk akun instagram anda. Namun untuk cara yang satu ini anda harus pintar pilah-pilah sponsor yang sesuai dengan niche akun anda. Misalnya akun anda tentang fashion, maka anda harus mencari produsen yang bergerak dalam bidang fashion.

Upayakan untuk mencapai kesepakatan terbaik antara anda dan sponsor mulai dari bayaran, waktu lamanya postingan dan lain-lain. Setelah semuanya beres, segeralah memposting foto atau video singkat tentang produk yang mensponsori anda.

Baca juga : 12 Peluang Usaha Modal 500 Ribu Kebawah Bagi Para Pemula

8. Menjual Akun Instagram

Mereka yang bergerak dalam bisnis ini sering disebut peternak instagram. Biasanya mereka memiliki puluhan akun instagram yang sudah berumur dan memiliki jumlah follower yang tidak sedikit.

Harga akun instagram yang dijual pun berbeda-beda. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung berapa banyak follower serta tingkat interaksi didalamnya.
Jika anda pengen memulai bisnis ini, sebaiknya anda harus belajar bagaimana cara meningkatkan jumlah follower baik secara manual maupun memakai software khusus. .

Setelah membaca uraian diatas, mungkin anda sedikit percaya bahwa instagram bukan hanya tempat untuk berbagi foto dan video saja. Media sosial ini ternyata bisa menjadi mesin penghasil uang yang sangat menggiurkan. Anda bisa mencoba salah satu dari 8 cara mendapatkan uang dari instagram diatas. Siapa tahu ada yang cocok dengan basic anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...