9 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Paling Menguntungkan

ilustrasi mendapatkan uang dari facebokCara Mendapatkan Uang dari Facebook – Siapa sih yang tidak kenal dengan facebook? Saya yakin Anda sudah sangat familiar dengan media sosial yang satu ini. Karena facebook sendiri memang merupakan jejaring media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Dikutip dari Kompas Tekno bahwa tahun 2018, Indonesia menjadi pengguna facebook terbanyak ke 4 didunia dengan 130 juta pengguna.

Waw.. Sangat fantastis bukan. Pendiri facebook, Mark Zuckerberg awalnya hanya menjadikan facebook sebagai sarana untuk saling mengenal antar mahasiswa di kampus tempat ia belajar. Namun, siapa sangka kalau sekarang facebook bukan hanya sekedar tempat untuk sharing informasi dan berkenalan secara online. Facebook juga bisa menjadi ladang bisnis bagi jutaan orang.

Lantas bagaimana cara kita mendapatkan uang dari facebook?

Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan mengulas secara lengkap bagaimana cara mendapatkan uang dari facebook. Akan sangat disayangkan sekali jika Anda selama ini rela menghabiskan waktu berjam-jam bermain media sosial seperti update status, membaca status orang atau hanya berkomentar yang kurang bermanfaat tanpa membuahkan hasil apapun.

Sementara sudah banyak orang di luar sana yang menjadikan facebook sebagai ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu menyimak pembahasan yang akan saya sampaikan berikut ini dengan baik.

Terdapat beberapa cara mendapatkan uang dari facebook yang bisa Anda coba terapkan. Penasaran? Langsung simak saja pembahasannya berikut ini.

1. Berjualan Produk / Barang

produk facebookSeperti yang sudah saya singgung diatas, jika facebook saat ini adalah jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Hal ini mengingat facebook adalah jejaring media sosial yang paling lengkap. Anda bisa berkenalan dengan seluruh orang didunia, mencari berita up to date, melihat video, bermain game dan tentu saja berbisnis.

Bagi mereka yang memiliki jiwa bisnis tentu paham bagaimana cara tepat menggunakan facebook. Alih-alih hanya kepo dengan status orang lain. Mereka akan memanfaatkan facebook untuk kepentingan bisnis mereka. Jadi facebook akan sangat cocok digunakan sebagai alat pemasaran untuk sebuah produk.

Karena menjual sebuah barang di facebook adalah cara paling mudah mendapatkan uang untuk pemula. Tinggal upload barang yang ingin Anda jual. Kemudian jika ada yang berminat, maka Anda akan bisa menghasilkan uang dari facebook.

Lalu barang / produk apa yang bisa dijual di facebook?

Ada dua jenis produk yang kerap kali kita jumpai dalam sebuah media sosial yaitu berupa produk fisik dan produk digital. Tentunya Anda sudah paham bukan. Dalam dunia bisnis, jika banyak orang yang melihat produk kita. Maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pembeli. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah memasarkan produk apa yang ingin Anda jual

Karena hampir semua barang laku dijual di facebook. Mulai dari produk makanan, barang-barang rumah tangga, barang elektronik, baju, souvenir, obat herbal dan lain-lain. Bahkan jika Anda berkeinginan menjual barang bekas, facebook menjadi sarana paling cepat untuk memasarkan barang Anda.

Saya sendiri adalah salah satu orang yang suka menjual barang bekas lewat facebook. Misalnya seperti jual motor dan handphone bekas. Kenapa saya memilih jual ke facebook? Karena kita bisa menawarkan harga semau kita. Contohnya saja saat Anda menjual sepeda motor dengan harga Rp 10 juta. Anda tinggal mencari grup jual beli sepeda motor dan mengupload foto sepeda motor tersebut lengkap dengan deskripsinya.

Selanjutnya akan ada tawar menawar harga antara pembeli dan penjual. Jika harga yang pembeli tawarkan cocok, maka transaksi akan terjadi. Sangat mudah bukan.

Begitu pula ketika Anda memiliki produk sendiri. Misalnya saja Anda memiliki usaha makanan ringan kekinian. Jika Anda sulit menjualnya secara offline dan bingung mencari tempat strategis untuk berjualan. Anda bisa memanfaatkan facebook sebagai sarana untuk memperdagangkan produk Anda.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

2. Membuka Online Shop

online shopJika Anda tidak memiliki produk untuk dijual, bukan berarti Anda tidak bisa berjualan di facebook. Saat ini banyak supplier yang menawarkan kerjasama dengan sistem dropship. Dropship sendiri adalah sistem yang memungkinkan Anda untuk bisa berjualan tanpa perlu menyetok barang sendiri. Sehingga bisa dibilang dropship merupakan sebuah peluang usaha tanpa modal karena Anda hanya menjualkan produk milik orang lain.

Keuntungan bisa Anda dapatkan dari selisih antara harga yang ditetapkan supplier dengan harga jual Anda pada konsumen.

Beberapa supplier yang sudah terkenal dan memiliki banyak reseller atau dropshiper diantaranya : 

Supplier.id
Dusdusan.com
Winmarket.id

Setelah Anda menemukan supplier yang tepat. Tugas Anda tinggal memasarkan produk dari supplier tersebut. Ketika ada orang yang ingin membeli, Anda tinggal menghubungi supplier dan mereka akan mengirimkan barang sesuai alamat tujuan namun tetap atas nama Anda.

Oleh sebab itu, manfaatkan akun facebook Anda sebagai sebuah toko online atau online shop. Agar terlihat lebih profesional. Buatlah halaman fanpage agar lebih mudah dalam memasarkan produk Anda. Karena dengan adanya fanpage, Anda bisa beriklan di facebook Ads untuk mendapatkan target market yang cocok.

Jenis online shop di facebook yang paling ramai pembeli kebanyakan jualan baju. Terutama baju untuk wanita mulai dari kerudung, dres, baju cewek dan masih banyak yang lain. Baju anak-anak juga cukup populer dan banyak diminati. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan passion Anda.

Baca juga : 13 Tips Mudah Jualan Baju Online Murah Untuk Pemula

3. Mempromosikan dan Menjual Jasa

Cari mendapatkan uang dari facebook tidak hanya menjual produk atau barang saja. Anda juga bisa menjual keahlian atau menawarkan jasa Anda pada pengguna facebook yang lain. Jasa disini tentu saja bermacam-macam. Mulai dari jasa menjahit, jasa catering makanan, jasa laundry, jasa titip anak, jasa pijat online, jasa salon kecantikan dan lain sebagainya.

Sebagai contoh Anda memiliki usaha salon kecantikan. akun facebook bisa Anda jadikan sebagai sarana untuk mempromosikan usaha Anda ini. Sehingga orang didaerah Anda yang sebelumnya tidak tahu kalau Anda memiliki salon, akhirnya berminat untuk berkunjung di salon kecantikan Anda setelah melihat postingan Anda terkait usaha salon.

Contoh lain jika Anda adalah seorang tukang pijat. Anda juga bisa menjual jasa Anda tersebut dengan membuka jasa pijat online. Anda tinggal menawarkan jasa Anda tersebut secara online. Selanjutnya ketika ada yang berminat, Anda tinggal datang ke rumah mereka atau mereka yang mendatangi Anda.

Hal lain yang bisa Anda tawarkan di facebook adalah keahlian terkait profesi Anda. Misalnya Anda orang yang kompeten dibidang pendidikan seperti guru dan ingin membuka kursus atau bimbingan belajar. Anda tinggal mempromosikannya di facebook. Dengan begitu akan lebih banyak orang yang mengetahui bahwa Anda membuka bimbel.

Begitu juga ketika Anda berprofesi sebagai makelar properti. Anda bisa berselancar di grup-grup facebook untuk menawarkan jasa Anda. Misalnya ketika ada orang yang ingin menjual rumah. Anda bisa menawarkan diri untuk ikut memasarkannya. Tentunya dengan upah yang sudah disepakati bersama.

Baca juga : 11 Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal untuk Pemula

4. Menjual Akun Fanpage

Fanpage adalah sebuah fitur di facebook yang sering digunakan untuk berbagai macam keperluan. Entah itu menjadikan pemiliknya menjadi lebih terkenal atau untuk mempromosikan produk.

Contohnya saja ketika Anda memiliki sebuah fanpage dengan ribuan pengikut. Dan menautkannya pada blog atau website milik Anda. Maka secara tidak langsung blog Anda akan semakin populer karena sebagian pengikut Anda di fanpage akan mengunjungi blog Anda. Blog mata hidup ini juga memiliki fanpage sendiri dengan nama yang sama.

Begitu juga ketika Anda memiliki sebuah produk. Fanpage bisa digunakan untuk memasarkan produk Anda. Dari sekian banyak pengikut, mungkin akan ada yang tertarik untuk membeli produk Anda.

Nah, disinilah peluang Anda untuk mendapatkan uang dari facebook terbuka lebar. Yakni dengan menyediakan jasa pembuatan fanpage. Karena tidak banyak orang yang telaten membuat fanpage sendiri. Mereka lebih suka membeli fanpage yang sudah jadi. Sehingga Anda bisa memanfaatkan facebook bussiness ini untuk membuat sebuah fanpage, lalu mengumpulkan follower sebanyak mungkin.

Memang untuk metode satu ini sedikit memakan waktu yang agak lama, tapi semakin banyak follower, fanpage tersebut maka akan semakin tinggi pula nilai jualnya.

Baca juga : Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog untuk Pemula

5. Membuka Jasa Fans Base (Likes)

jasa fans base likeCara mendapatkan uang dari facebook selanjutnya yaitu dengan cara membuka jasa fans base atau like. Biasanya beberapa orang yang berkecinampung dalam dunia bisnis kerap kali menggunakan jasa ini.

Namun untuk membuka jasa like sendiri membutuhkan strategi khusus dan tool yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang. Walaupun begitu keuntungan yang bisa di dapat dari membuka jasa fans base sendiri sangat besar.

Biasanya untuk sebuah jasa like fans page sendiri berkisar antara Rp.350.000 sampai dengan Rp 6 juta bahkan lebih. Tergantung dari jumlah like yang di minta oleh pembeli jasa.

6. Jasa Pemasangan Iklan di Facebook

Tahukah Anda jika jasa pemasangan iklan di facebook saat ini telah menjadi salah satu bisnis yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna facebook. Karena memang tidak semua orang mengerti dan bisa memasang sebuah iklan di facebook.

Biasanya orang yang ingin beriklan di facebook harus memenuhi kriteria tertentu. Seperti metode pembayaran yang sudah di tetapkan oleh facebook.

Ada beberapa metode pembayaran Facebook Ads yaitu seperti, Paypal, Neteller, dan Credit Card. Saya sarankan agar Anda menggunakan via pembayaran melalui Credit Card.

Karena faktor tersebutlah yang membuat banyak pebisnis tidak mau ribet dalam memasang iklan. Biasanya mereka akan memilih untuk menggunakan layanan jasa pemasangan iklan facebook. Untuk biaya pemasangan iklan ini sendiri yaitu sekitar Rp.300.000.

7. Menjual Produk di Grup Facebook

jualan di facebookSelain memanfaatkan fanpage untuk bisnis, ternyata Anda bisa berjualan produk di facebook grup. Cara mendapatkan uang dari grup facebook sangat mudah, dimana Anda tinggal mencari grup apa yang sesuai dengan produk dan target pasar dari produk Anda.

Setelah itu join ke dalam grup. Tapi akan lebih baik jika Anda bergabung dalam grup yang masih dalam satu wilayah. Nah dalam hal ini tergantung dari seberapa pintarnya Anda dalam memasarkan sebuah produk. Jangan sampai Anda membuat kecewa salah satu pelanggan, hal tersebut akan berpengaruh juga terhadap bisnis Anda.

Baca juga : 15 Jenis Peluang Bisnis Online Terbaru Dengan Modal Kecil

8. Jasa Mengelola Fanpage Bisnis

Banyak pebisnis yang lebih terfokus pada bidang operasional bisnisnya saja. Tapi bagi sebuah brand bisnis yang berada di facebook, mengelola operasional saja tidaklah cukup.

Masih ada hal lain yang harus di perhatikan juga. Salah satunya yaitu melakukan strategi pemasaran produk yang tepat. Dengan kata lain hal tersebut membutuhkan sebuah pengelolaan fanpage yang ditangani khusus oleh ahli dalam bidang tersebut.

Pada dasarnya mengelola sebuah akun fanpage Bisnis tidaklah sulit, dimana tugas dari pengelola yaitu hanya memposting dan mengupdate informasi seputar brand bisnis dalam halaman tersebut.

Selain itu pengelola juga harus bisa mempromosikan fanpage ke pengguna lain dan mengelola sebuah komentar dari pengunjung yang masuk. Namun sekali lagi untuk bisa menjalankan jasa ini di butuhkan keahlian di bidang komunikasi dan pemasaran online. Jika Anda sudah memilikinya, maka Anda berkesempatan untuk mendapatkan uang dari facebook mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 6 juta per bulannya.

9. Menjadi Buzzer Politik

Tahun 2019 ini merupakan tahun politik. Banyak politisi yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mengkampanyekan diri. Hal ini sudah berlaku sejak adanya media sosial sampai sekarang.

Memang menjadi buzzer politik terkadang tidak semudah apa yang kita bayangkan. Kerap kali kita mendapatkan sebuah hujatan di media sosial. Tapi yang perlu di garis bawahi tidak semua buzzer politik itu salah.

Maka dari itu bagi Anda yang ingin menjadi seorang buzzer politik. Pastikan bahwa apa yang Anda bagikan adalah fakta dan sesuatu yang bisa di percaya sumbernya. Jangan sampai Anda mengkampanyekan sesuatu hal yang bisa mendorong opini publik dan memprovokasinya.

Bagaimana tertarik untuk mencoba cara mendapatkan uang dari facebook seperti yang sudah saya sebutkan diatas? Jika ya, manfaatkan kesempatan dan kemampuan Anda untuk menghasilkan sesuatu. Termasuk dari media sosial. Jangan sampai Anda hanya update status setiap hari tapi tidak mendapatkan apa-apa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *