9 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres Agar Cepat Hilang

jenis olahraga untuk mengatasi stres

Stres bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami stres. Jika terus dibiarkan, maka akan berdampak buruk untuk kesehatan. Dan salah satu cara menghilangkan stres paling ampuh adalah dengan melakukan olahraga. Ada beberapa jenis olahraga untuk mengatasi stres agar cepat hilang.

Mengapa olahraga dapat menghilangkan stres?

Kita kembali dulu dari dampak buruk yang terjadi pada tubuh ketika orang mengalami stres. Orang yang sering mengalami stres, akan lebih mudah terkena penyakit dikarenakan sistem kekebalan tubuh menurun. Selain itu, stres juga membuat tekanan darah tinggi naik, terjadi masalah pada pencernaan dan rawan terkena penyakit degeneratif.

Saat Anda sedang mengalami stres, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan epineprin. Dua hormon ini merupakan hormon depresan yang berfungsi meningkatkan energi dan tekanan darah secara cepat ketika tubuh Anda mengalami tekanan.

Yang menjadi masalah adalah saat kedua hormon ini dipaksa untuk keluar terus menerus karena stres berkepanjangan. Hal ini bisa mengakibatkan orang beresiko terkena obesitas, penyakit diabetes dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, menurut beberapa penelitian, olahraga yang dilakukan secara rutin bisa menurunkan tingkat stres seseorang. Hal ini bisa terjadi karena olahraga teratur dapat menurunkan hormon kortisol dan epineprin. Selain itu juga dapat meningkatkan hormon norepineprin yang berfungsi sebagai antidepresan.

Jadi, sangat disarankan untuk mengatasi stres dengan olahraga. Karena selain bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan Anda dari penyakit. Olahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Berikut 9 jenis olahraga untuk mengatasi stres agar cepat hilang

1. Lari Pagi

Olahraga di pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain Anda bisa menghirup udara segar, juga dapat meningkatkan mood Anda. alah satu jenis olahraga untuk mengatasi stres adalah lari pagi.

Dikatakan lari pagi sebagai olahraga ringan penghilang stres karena banyak manfaat lari pagi yang bisa Anda dapatkan. Beberapa diantaranya dapat meningkatkan stamina, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, meremajakan kulit, dan mengatasi susah tidur.

Oleh karena itu, rutinlah beraktivitas di pagi hari dengan lari pagi. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, baiknya ajak semua keluarga Anda untuk rutin lari pagi. Sehingga akan tercipta keluarga yang sehat dan bebas dari gelaja stres.

Rekomendasi Artikel :

14 Manfaat lari pagi yang menakjubkan

2. Berenang

Berenang juga merupakan jenis olahraga yang tepat untuk menghilangkan stres. Cobalah Anda pergi ke kolam renang ketika Anda merasa stres karena banyak pikiran. Entah stres akibat pekerjaan yang numpuk atau sedang ada masalah.

Saat Anda sudah berenang beberapa menit, maka Anda akan merasa rileks dan pikiran menjadi lebih tenang. Hal ini terjadi karena aktivitas seperti renang dapat menghasilkan hormon endhorpin yang bisa membuat perasaan Anda bahagia.

Selain itu, berenang juga dapat memperlancar aliran darah ke otak. Ketika otak landa sehat, maka stres yang Anda alami akan hilang dengan sendirinya. Sehingga stres yang Anda alami akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga : 16 Kebiasaan gaya hidup sehat yang sudah di lupakan banyak orang

3. Bersepeda

mengurangi stres dengan bersepedaKetika Anda mengalami depresi berat, maka harus dihadapi dengan olahraga yang mengasyikkan. Salah satunya bersepeda. Olahraga untuk mengatasi stres yang satu ini terbukti sebagai cara untuk meningkatkan mental dan fisik Anda.

Disamping dapat menghilangkan stres atau depresi, bersepeda juga dapat menjaga tubuh Anda tetap ideal, menurukan tekanan darah tinggi dan menghindari resiko terkena penyakit diabetes.

Agar lebih maksimal jika dilakukan di pagi hari. Anda bisa mengambil rute di tempat-tempat yang banyak pohon hijaunya sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak udara segar disana.

Atau Anda bisa bersepeda saat berangkat dan pulang kerja. Daripada Anda naik kendaraan bermotor. Kata pepatah bilang sambil menyelam minum air. Rutinitas sehari-hari tetap terlaksana, ditambah Anda juga tetap bisa berolahraga setiap hari.

Simak juga : 11 Tips ampuh agar bisa bangun pagi lebih awal

4. Yoga

Jika Anda ingin olahraga untuk mengatasi stres yang tidak banyak mengeluarkan keringat, maka pilihlah yoga. Sejak dulu yoga dipercaya bisa mengurangi stres secara alami.

Gerakan-gerakan yoga bisa mengurangi ketegangan otot. Selain itu, tubuh Anda menjadi rileks karena melakukan latihan pernafasan dalam untuk memusatkan pikiran.

Anda bisa melakukan yoga di sanggar senam dengan dipandu pelatih yoga. Jika Anda tidak sempat, cobalah lakukan gerakan yoga sendiri dirumah dengan melihat video di Youtube.

Menurut fimeli.com, ada 3 posisi yoga untuk melepas stres secara instan yakni posisi baddha konasana, janu sirsasana dan supire spine twist.

5. Bela Diri

Gerakan dan teknik yang digunakan dalam seni bela diri seperti silat, karate, judo dan taekwondo ternyata bisa mengurangi stres dan rasa frustasi. Karena dalam beberapa gerakan seni bela diri, dibutuhkan keseimbangan pikiran dan tubuh.

Menurut sebuah penelitian, memiliki keterampilan bela diri juga bisa meningkatkan self-afficacy yaitu suatu bentuk keyakinan atau kepercayaan diri seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah.

Rekomendasi Artikel : 

10 Cara ampuh menghilangkan stres akibat masalah dalam hidup

6. Olahraga Tim

bermain sepak bolaSelain olahraga perorangan, jenis olahraga untuk mengatasi stres lainnya ialah olahraga tim. Contoh olahraga tim antara lain sepak bola, futsal, basket, voli, base ball dan lain-lain.

Mengapa olahraga tim bisa jadi penghilang stres?

Karena olahraga tim sangat mengasyikkan ketika dilakukan bersama teman-teman Anda. Anda bisa bercanda dan tertawa bersama. Selain bisa memacu andrenalin, Anda juga bisa sekalian bersosialisasi bersama teman-teman.

Kecuali jika Anda adalah seorang atlet yang sedang menghadapi sebuah kompetisi, maka Anda harus melakukannya secara serius.

7. Latihan Kardio

Aktivitas yang memacu andrenalin juga bisa untuk mengatasi stres kronis. Salah satunya latihan kardio. Olahraga ini juga sangat cocok bagi Anda yang mengalami gejala stres karena merasa kelebihan berat badan.

Dalam latihan kardio, Anda akan melakukan latihan dengan intensitas tinggi, sedang dan rendah secara bergantian dalam sekali waktu latihan.

Saya sendiri menurunkan berat badan dengan latihan seperti ini. Hasilnya berat badan saya bisa turun drastis jika melakukannya dengan rutin.

Latihan kardio yang saya lakukan dalam waktu 20 menit. 5 menit pertama saya berlari kecil. Selanjutnya saya melakukan sprin selama 30 detik. Kemudian disambung lagi dengan jalan kaki selama 60 detik.

Lari sprin dan jalan kaki dilakukan dalam waktu 10 menit secara bergantian. Sisa 5 menit terakhir Anda bisa lari santai. Latihan seperti ini lebih efektif jika Anda ingin menurunkan berat badan. Selain itu stres yang Anda alami pun akan berkurang.

Baca juga : 12 Tips ampuh menghilangkan rasa malas dalam bekerja

8. Kick Boxing

Kick boxing adalah jenis olahraga yang menuntut bentrokan fisik secara langsung. Dari sebuah penelitian, ternyata olahraga ini dapat melepaskan emosi berlebihan, menurunkan amarah, depresi dan rasa cemas berlebihan. Hal-hal yang bisa memicu stres.

Dengan berolahraga kick boxing, Anda bisa melampiaskan rasa stres Anda. Misalnya ketika meninju samsak atau latih tanding seseorang, secara tidak langsung akan bisa mengeluarkan amarah Anda dan membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin.

Dengan begitu, rasanya hati Anda lega setelah selesai beraktivitas.

Simak juga : 9 Cara mengendalikan emosi negatif pada diri sendiri

9. Tai Chi

Tai chi atau biasa disebut tai chi chuan adalah jenis olahraga yang berasal dari negeri tirai bambu Tiongkok. Dengan melakukan peregangan ringan yang melibatkan rangkaian gerakan lambat dan terfokus serta pernafasan dalam. Gerakan tersebut dilakukan tanpa jeda sehingga tubuh Anda akan terus bergerak.

Tai chi berbeda dengan Yoga atau jenis gerakan meditasi lainnya meskipun mungkin orang menganggapnya sama.

Melakukan gerakan tai chi sangat baik untuk tubuh. Karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi susah tidur dan mengurangi gejala stres seperti depresi dan menghilangkan pikiran negatif yang sering muncul..

Itulah beberapa jenis olahraga untuk menghilangkan stres secara cepat. Jika Anda tidak suka dengan olahraga diatas, Anda bisa melakukan olahraga yang sesuai dengan hobi Anda. yang terpenting lakukan secara rutin agar stres yang Anda alami bisa hilang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *