Cara Bijak Mengatasi Pertengkaran dalam Rumah Tangga

mengatasi pertengkaran dalam rumah tangga

Dalam sebuah hubungan rumah tangga, pasti akan ada saat senang dan saat sedih. Ada saat juga di mana Anda akur dan bertengkar. Dan pertengkaran dalam rumah tangga adalah suatu hal yang biasa

Pertengkaran rumah tangga ibarat bumbu-bumbu yang menjadi ujian hidup dalam rumah tangga. Mungkin di saat bahagia Anda tidak perlu takut akan repot. Namun di saat genting seperti bertengkar, Anda harus bijak dan hati-hati dalam menyikapinya. supaya tidak terjadi masalah rumah tangga yang lebih serius.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, sebenarnya pertengkaran adalah hal yang lumrah dalam kehidupan rumah tangga. Hampir setiap keluarga pasti mengalami problem rumah tangga yang satu ini. Ada yang diakibatkan oleh masalah kecil dan juga ada yang memang masalahnya besar.

Untuk mengatasi pertengkaran dalam rumah tangga, pertama Anda harus mengidentifikasi kenapa hal itu terjadi. Apa penyebab yang mendasari pertengkaran. Supaya bisa menentukan bagaimana cara mengatasinya.

Di bawah ini ada beberapa penyebab pertengkaran dalam rumah tangga dan cara untuk mengatasinya

Mengatasi Pertengkaran Akibat Masalah Ekonomi

Ini adalah salah satu penyebab paling sering kenapa suami dan istri bisa saling bertengkar. Menurut data yang kami dapat dari kompasiana, ini adalah salah satu dari 5 alasan kenapa suami istri bercerai. Meskipun jumlah presentasenya tidak banyak.

Biasanya yang mempertengkarkan masalah ekonomi adalah istri. Yang tidak terima dengan uang yang diberikan oleh suami kepadaya. Alasannya beragam mulai kurangnya uang belanja bulanan, biaya sekolah anak, gaya hidup boros dan lain-lain

Solusi rumah tangga untuk masalah ini diantaranya :

Yang pertama

Suami harus berkomitmen untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas. Sehingga bisa memberikan ekonomi yang lebih layak kepada istri. Suami bisa bicara dengan baik-baik dan meyakinkan istri. Bahwa dia akan mencari cara apapun, untuk memberikan yang terbaik bentuknya.

Rekomendasi Artikel : 

7 Peluang kerja dari rumah yang menjanjikan dan berpenghasilan tinggi

Yang kedua

Saling menerima, kelihatannya hal ini cukup simpel. Namun pada prakteknya ternyata cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi jika istri sejak muda sudah terbiasa dicukupi segala kebutuhannya oleh orang tua. Tapi sekarang harus bersusah payah menjalani kehidupan rumah tangga bersama suami.

Suami harus bisa meyakinkan istri bahwa hidup memang dipenuhi keadaan yang naik turun, kadang cukup, kadang kurang, kadang lebih. Yakinkan istri untuk menerima keadaan tersebut. Diskusikan bersama-sama dan mencari cara untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

Yang ketiga

Konsultasi masalah rumah tangga bersama psikolog. Masalah emosi erat hubungannya dengan psikologi manusia. Dan orang yang paling berpengalaman tentang bagaimana mengendalikan emosi adalah psikolog.

Apabila masalah ekonomi Anda sudah sangat berat dan Anda sudah tidak sanggup lagi menahan semuanya. Anda bisa datang ke psikolog untuk melakukan hipnoterapi bersama pasangan Anda. Meskipun tidak bisa menyelesaikan masalah ekonomi dengan cepat.

Setidaknya Anda berdua akan memiliki emosi yang stabil dan tidak akan bertengkar. Jikalau Anda tidak memiliki biaya untuk membayar psikolog, silahkan baca artikel saya tentang cara mengendalikan emosi negatif pada diri sendiri

Pertengkaran yang Diakibatkan Komunikasi

mengatasi rasa cemburu berlebihanPenyabab pertengkaran dalam rumah tangga berikutnya diakibatkan komunikasi. Hal ini umum terjadi apabila Anda jarang berkomunikasi dengan pasangan Anda. Kurangnya komunikasi sering mengakibatkan salah paham yang berakhir dengan pertengkaran. Lebih parah lagi komunikasi yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab perceraian.

Saat Anda bertengkar, Anda hanya akan memikirkan ego Anda sendiri tanpa memikirkan perasaan pasangan. Pasangan Anda juga mengalami hal yang sama, dia hanya peduli dengan egonya sendiri dan tidak peduli dengan Anda.

Ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

Solusi pertama

Tinggalkan pasangan Anda selama beberapa jam. Setidaknya hingga emosi Anda dan dia mereda. Setelah itu Anda bisa membicarakan masalah Anda berdua dengan santai, duduk di kursi, kemudian minum teh dan usahakan berbicara dengan merendahkan nada.

Jangan pernah sekali-kali meninggikan nada Anda saat berdiskusi. Meskipun pasangan Anda meninggikan suara. Tetaplah pelan dan sabar, hal tersebut akan membuat pasangan Anda menurunkan suaranya secara perlahan.

Jika Anda berdua sudah tenang, maka solusi dari kesalahan komunikasi pun akhirnya mudah untuk dicapai.

Solusi kedua

Dengan membuat peraturan baru di antara Anda berdua. Anda bisa membuat daftar apa yang tidak boleh pasangan Anda lakukan. Begitu juga pasangan Anda bisa membuat daftar tentang apa saja yang Anda tidak boleh lakukan…

Hal ini akan membuat Anda dan pasangan Anda saling mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dalam dalam rumah tangga. Sehingga hal ini bisa menurunkan risiko terjadinya pertengkaran akibat kesalahan dalam komunikasi.

Baca juga : 10 Tips ampuh menghindari perceraian dalam rumah tangga

Pertengkaran Diakibatkan Rasa Cemburu

Cemburu adalah hal yang wajar dalam rumah tangga, apalagi jika pasangan Anda bekerja jauh dari rumah atau bekerja di tempat banyak lawan jenis.

Hal ini sering menyebabkan kecemburuan. Padahal kenyataannya tidak terjadi apapun di antara Anda dan teman Anda. Hanya sekedar teman atau rekan kerja biasa.

Anda bisa percaya atau tidak, salah satu penyebab tidak adanya keharmonisan dalam rumah tangga adalah karena cemburu buta. Dan ketidakharmonisan dalam rumah tangga adalah penyebab paling tinggi perceraian ( dikutip dari kompasiana)

Jadi sebisa mungkin Anda harus bisa mengkomunikasikan hubungan Anda dengan pasangan Anda. Sehingga dia tidak sampai salah paham.

Beberapa solusi untuk masalah ini diantaranya :

Solusi pertama

Minta izin pada pasangan jika ingin chatting atau menelpon orang yang mungkin akan membuat dia cemburu. Anda bisa menjelaskan alasan kenapa Anda mengechat teman Anda.

Dengan cara ini pasangan Anda akan merasa dihargai. Dia akan sadar bahwa Anda adalah orang yang jujur, yang tidak mau menghianatinya demi orang lain.

Solusi kedua

Apabila pasangan Anda benar-benar posesif. Anda bisa memintanya membuat daftar hal apa saja yang bisa membuatnya cemburu yang harus Anda hindari. Bila memang harus, Anda bisa meminta izin terlebih dahulu padanya.

Dengan mengetahui apa saja keinginan pasangan, maka Anda bisa lebih hati-hati menjaga perasaannya. Hal sebaliknya juga, Anda bisa memberikan daftar hal yang bisa membuat Anda cemburu kepada pasangan Anda. Untuk bisa saling memahami satu sama lain.

Simak juga : 12 Tips rumah tangga bahagia dan harmonis selamanya

Selain cara mengatasi pertengkaran dalam rumah tangga diatas, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika terjadi pertengkaran diantara kalian. Jangan sampai Anda melakukannya karena bisa membuat pasangan Anda merasa sakit hati dan tidak terima dengan perlakuan Anda.

Berikut 3 hal yang wajib dihindari saat terjadi pertengkaran

1. Mencaci Maki

hindari mencaci maki saat bertengkarDalam beberapa kasus rumah tangga, ketika terjadi sebuah pertengkaran sering muncul kalimat cacian yang dilontarkan salah satu pasangan atau bahkan keduanya.

Hal seperti ini biasanya terjadi ketika pertengkaran sudah sangat panas dan dari masing-masing pasangan tidak bisa lagi mengendalikan emosi. Pada akhirnya keluar kata-kata caci maki. Terkadang sampai membawa-bawa orang tua pasangan yang sebenarnya tidak ada sangkut pautnya.

Jika anda sering melakukannya, tentu akan menyakiti hati pasangan anda. Kata-kata cacian yang sudah membekas dihati akan sulit untuk diobati. Jadi, sebaiknya jangan sampai keluar kata-kata cacian dan makian dari mulut anda. Bagaimanapun juga dia adalah pasangan anda yang harus tetap dihargai.

2. Melakukan Kekerasan Fisik

Umumnya kekerasan fisik lebih sering dilakukan para suami. Lagi-lagi hal ini terjadi ketika luapan emosi sudah tidak terbendung lagi. Karena percekcokan dalam rumah tangga semakin panas, suami melampiaskannya dengan memukul atau menampar istri.

Jika anda sering melakukan kekerasan fisik pada istri, sebaiknya mulai sekarang hilangkan sikap buruk anda tersebut. Istri anda bukanlah lawan seimbang untuk anda. Dia adalah makhluk lemah yang tidak mungkin menang jika beradu fisik dengan anda.Ketika suami melakukan tindak KDRT pada istri.

Hal ini menunjukkan bahwa dia pria pengecut yang hanya berani melawan orang yang lemah. Saya yakin, orang seperti ini nyalinya ciut jika menghadapi orang yang lebih kuat atau bahkan yang seimbang dengannya.

Rekomendasi Artikel : 

Timbulnya masalah rumah tangga akibat 15 kesalahan suami

Timbulnya masalah rumah tangga akibat 15 kesalahan istri

3. Tidak Bisa Menjaga Rahasia Keluarga

Sehebat apapun pertengkaran dalam rumah tangga kalian, jangan sampai ada orang lain yang tahu tentang masalah ini. Terutama tetangga dekat rumah. Karena akan menjadi masalah baru ketika tersebar ke tetangga yang lain.

Oleh karena itu, jangan berteriak atau keluar bentakan keras yang bisa terdengar oleh para tetangga. Ketika keluar rumah pun, usahakan untuk bersikap biasa seperti tidak ada masalah.Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Karena bagaimanapun masalah dalam rumah tangga anda tidak perlu sampai orang lain tahu.

Itulah cara bijak mengatasi pertengkaran dalam rumah tangga anda. Carilah solusi terbaik untuk menyelesaikannya agar jangan sampai terjadi perceraian yang mana sangat dibenci oleh Allah SWT.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *