cara bisnis kopi kekinian

Cara Bisnis Kopi Kekinian Agar Sukses Di Usia Muda

Cara bisnis kopi kekinian saat ini sedang di lirik oleh banyak orang. Tak terkecuali para pebisnis muda. Hal tersebut membuat banyak kedai kopi atau cafe saling beradu kreativitas untuk menyajikan kopi yang unik dan menarik.

Namun, menjadi pebisnis kopi kekinian di usia muda ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Sebab, munculnya tren kopi kekinian membuat persaingan bisnis kopi berjalan semakin ketat.

Di sisi lain, semakin meningkatnya peminat kopi membuat peluang bisnis kopi kekinian terlihat semakin menguntungkan. Jadi, Anda harus menyiapkan strategi jitu agar produk kopi Anda bisa bersaing dan terlihat lebih menarik bagi konsumen.

Nah, apabila Anda saat ini sedang tertarik menjajal bisnis kopi kekinian, ikuti beberapa cara jitu berikut ini.

3 Cara Utama Jalankan Bisnis Kopi Kekinian di Usia Muda

Setiap bisnis pasti perlu strategi rahasia agar bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor lainnya. Demikian pula dengan bisnis kopi kekinian. Nah, berikut ini ada 3 cara bisnis kopi kekinian yang bisa Anda jalankan agar bisa menjadi pebisnis muda yang sukses, diantaranya:

  1. Buat Konsep Bisnis yang Matang dan Jelas

Konsep bisnis yang matang serta jelas perlu disiapkan sebelum Anda terjun ke suatu bisnis, mengapa? Karena akan menentukan layak atau tidaknya bisnis Anda untuk bersaing dengan kompetitor.

Konsep bisnis yang matang bisa Anda persiapkan dengan melakukan berbagai riset. Seperti menentukan tujuan bisnis, mengenali kompetitor bisnis, menetapkan target pasar, menentukan lokasi bisnis, serta keunikan produk yang ingin Anda tampilkan.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah menganggarkan modal yang diperlukan, memperkirakan keuntungan, menentukan cara menjalankan operasional bisnis, memilih cara promosi, serta menentukan goals bisnis yang ingin Anda raih.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Ternyata, strategi pemasaran juga sangat krusial terhadap kesuksesan bisnis kopi kekinian Anda. Nah, di era digitalisasi, media sosial sangat efektif untuk menunjang pemasaran produk Anda. Mengingat peminat kopi kekinian saat ini banyak didominasi oleh para generasi muda.

Cara pemasaran menggunakan media sosial terkesan lebih mudah. Anda cukup memanfaatkan jasa selebgram atau youtuber yang sedang naik daun untuk mempromosikan produk kopi kekinian Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan bisnis Anda ke beragam situs food review. Serta, menyediakan layanan pesan antar makanan online. Misalnya,  menggunakan GoFood dan GrabFood.

  1. Pelajari Pembukuan dan Keuangan

Semua bisnis tidak bisa terlepas dari pembukuan dan keuangan. Saat Anda mulai berbisnis kopi kekinian, saatnya bagi Anda untuk belajar pembukuan dan keuangan. Terutama jika Anda belum mempunyai cukup modal untuk mempekerjakan seorang akuntan.

Cara mempelajarinya juga tidak sulit. Anda bisa belajar melalui rekan bisnis Anda yang lain atau dengan mengikuti kelas bisnis secara online. Jadi, yakin saja, setiap ada kemauan pasti akan ada jalan.

Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kopi Kekinian

Modal merupakan pondasi utama yang menentukan keberlanjutan bisnis Anda. Sehingga manajemen keuangan wajib Anda pelajari sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan dalam bisnis kopi kekinian?

Pertama, pisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Tujuannya, agar uang yang sudah Anda anggarkan sebagai dana bisnis tidak terpakai untuk kepentingan personal Anda.

Karena kesalahan yang seringkali dilakukan pebisnis pemula adalah mencampur adukan keduanya. Sehingga Anda akan sulit menentukan pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda.

Kedua, tentukan modal bisnis dengan tepat. Caranya, bagilah modal menjadi beberapa bagian. Misalnya, Anda bisa membagi modal untuk kebutuhan operasional bisnis, laba, serta modal cadangan. Lalu, bagilah modal dalam persentase yang berbeda-beda sesuai dengan perencanaan Anda.

Ketiga, membuat buku catatan keuangan. Pembukuan ini bertujuan untuk mengontrol banyaknya transaksi yang mungkin terjadi dalam bisnis Anda. Seperti pemasukan, pengeluaran, bahkan utang dan piutang bila terjadi.

Selain itu, pembukuan juga penting untuk meminimalkan adanya risiko dana yang hilang. Serta, untuk mengevaluasi perkembangan bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Keempat, menghindari hutang. Meskipun hutang diperbolehkan, sebaiknya dihindari saja. Apalagi jika Anda pebisnis pemula. Karena pebisnis pemula belum memiliki pendapatan yang stabil.

Saat Anda berhutang, Anda bisa terbebani dengan biaya cicilan. Yang dikhawatirkan bisa mengancam keselamatan bisnis Anda. Jadi, berhutang tidak direkomendasikan sebagai cara bisnis kopi kekinian, terutama jika Anda pebisnis muda dan pemula.

Kelima, mengontrol arus kas. Tujuannya untuk memproyeksikan penjualan harian Anda. Serta, untuk mempertahankan inventaris Anda dalam mengembangkan laporan untung dan rugi. Saat arus kas lancar, aktivitas bisnis kopi kekinian Anda juga akan lancar.

Itulah ulasan tentang cara bisnis kopi kekinian. Jika Anda ingin menjadi pebisnis kopi yang sukses di usia muda, ikutilah beberapa cara utama menjalankan bisnis di atas. Serta, terapkan pula manajemen keuangan yang baik seperti yang sudah dipaparkan. Jadi, selamat mencoba.

Previous Post

13 Tips Sukses Buka Usaha Sembako dengan Modal Kecil

Next Post
bisnis jarum tiram
Bisnis Online

Ide Bisnis Jamur Tiram Paling Menjanjikan Dalam Bentuk Olahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *