Begini Cara Jadi Youtuber yang Sukses dan Terkenal

ilustrasi cara jadi youtuber sukses dan terkenalYoutube adalah sebuah situs berbagi video yang paling populer didunia. Situs ini memungkinkan penggunanya dapat menonton, mengunggah dan berbagi video secara gratis. Orang yang mengunggah video di Youtube biasa disebut Youtuber. Dan sekarang kita akan membahas bagaimana cara jadi Youtuber yang sukses dan terkenal.

Kenapa saya katakan menjadi seorang Youtuber bisa sukses dan terkenal? Karena Youtube memberikan kesempatan untuk mendapat sumber pendapatan yang menjanjikan bagi para penggunanya. Bahkan tidak sedikit orang yang mendapatkan penghasilan berjumlah fantastis dari profesinya menjadi Youtuber.

Disamping itu, menjadi seorang Youtuber juga bisa membuat Anda terkenal. Sudah banyak Youtuber-Youtuber yang diundang oleh stasiun televisi swasta berkat kreasi video mereka di Youtube.

Hal ini tentu semakin membuat banyak orang tertarik menjalani profesi sebagai Youtuber. Entah itu dijadikan pekerjaan utama maupun sebagai usaha sampingan. Meskipun cara jadi Youtuber terlihat mudah, namun tak sedikit juga orang yang berhenti dan gagal melakoninya. Maka dari itu, Youtube cocok bagi merek yang memiliki mental kuat.

Semua itu terjadi karena mereka tidak sabar untuk cepat-cepat menghasilkan uang dari Youtube. Sementara video yang mereka buat kualitasnya kurang sehingga sepi viewers atau penonton. Alhasil mereka akhirnya menyerah ditengah jalan.

Jika Anda tertarik menjadi Youtuber, berikut ini cara jadi Youtuber yang sukses dan terkenal.

1. Membuat Video Menarik dan Berkualitas

ilustrasi situs youtubeCara jadi Youtuber yang pertama tentu saja membuat video yang akan di upload di akun Youtube. Usahakan video yang Anda buat adalah konten menarik yang mengandung hal positif. Pastikan juga video yang Anda buat memiliki kualitas gambar dan editing video yang bagus. Hal ini bertujuan agar ada banyak orang yang tertarik untuk melihat video tersebut.

Agar channel Anda cepat di monetisasi pihak Youtube, buatlah video original yang menarik dan diminati banyak orang. Secara umum orang menonton Youtube karena ingin mendapat sesuatu yang mereka cari. Tapi secara garis besar tujuannya terbagi menjadi dua, diantaranya :

Entertainment : sekedar mencari hiburan, cari inspirasi dan hanya untuk kesenangan. Contohnya video lucu, video prank, video musik, video vlog dan lain-lain.

Edukasi : Mencari video untuk bisa menyelesaikan masalah, info lama dan terbaru, belajar tentang suatu hal dan mendapatkan pengetahuan. contohnya seperti video tutorial, kabar berita, belajar musik dan lain-lain.

Anda tentu tidak perlu membuat video dari keduanya. Pilihlah satu diantaranya tapi yang lebih spesifik misalnya membuat video vlog atau video tutorial tentang belajar bermain gitar. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan siapa audience Anda nantinya.

Untuk memudahkan dalam memilih niche akun Youtube anda . Berikut ini jenis-jenis video yang paling dicari di Youtube saat ini :

  • Video prank
  • Video blog
  • Video lucu
  • Video tentang game
  • Video tutorial
  • Video alam dan wisata
  • Video berita up to date (misalnya tentang hasil pertandingan sepak bola)
  • Video parodi
  • Video fakta unik
  • Video hewan
  • Video cover lagu
  • Video kecantikan
  • Video tentang anak

Meskipun video diatas paling banyak diminati penonton di Youtube. Jangan Anda memaksakan untuk membuat video yang tidak Anda kuasai sama sekali. Misalnya saja video prank. Untuk membuatnya, anda minimal harus memiliki kepercayaan diri tinggi karena video tersebut isinya menjahili orang yang tidak anda kenal. Lebih baik pilihlah video yang sesuai dengan keahlian atau hobi Anda. Selain lebih mudah, ke depannya juga akan membuat Anda tidak cepat bosan.

2. Membuat Akun Youtube

Setelah memiliki video yang siap di upload. Cara jadi Youtuber selanjutnya ialah membuat sebuah akun Youtube untuk mengupload video yang Anda buat. Karena itu, langkah selanjutnya adalah membuat akun Youtube milik Anda sendiri. Cara membuat akun Youtube pun sangat mudah. Anda bisa mendaftar menggunakan akun Gmail.

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur monetization di akun tersebut. Fitur ini perlu Anda aktifkan agar pihak Youtube tahu bahwa Anda menginginkan kompensasi atas akun Youtube Anda tersebut.

Tugas Anda selanjutnya tinggal fokus membuat dan mengupload video melalui channel Youtube Anda. Tidak perlu berharap bisa langsung mendapatkan uang dari Youtube kalau baru mengupload beberapa video saja. Karena mendapatkan uang dari Youtube membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi untuk saat ini, fokuslah membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Baca juga : 15 Jenis Peluang Bisnis Online Terbaru Dengan Modal Kecil

3. Membuat Akun Adsense

Selain membuat akun Youtube, Anda juga perlu membuat akun Google Adsense. Akun ini sangat penting karena berguna untuk menghitung pembayaran atas akun Youtube Anda.

Pendapatan yang Anda peroleh dihitung berdasarkan dengan jumlah klik yang dilakukan penonton dan semua iklan yang ada pada video. Selain itu, akun adsense juga akan mengatur cara dan jenis pembayaran yang Anda inginkan atas akun Youtube tersebut.

Yang harus Anda ketahui, sejak 20 Februari 2018 kemarin. Pihak Youtube memperketat aturan bagi para Youtuber pemula yang ingin menghasilkan uang dari Youtube.

Mereka mensyaratkan sebuah akun yang ingin mendapatkan uang dari Youtube harus bisa mendapatkan 4.000 jam tayang dalam kurun waktu 12 jam. Selain itu, akun tersebut minimal telah memiliki 1.000 subscribers atau pelanggan.

Hal ini tentu sangat memberatkan bagi kreator pemula karena nyatanya cara jadi Youtuber tidak semudah yang dibayangkan. Tapi, platform ini tentu memiliki tujuan dan pertimbangan mengapa menegakkan aturan tersebut. Tujuannya supaya para kreator Youtube bisa lebih profesional dalam membuat video agar bisa memberi manfaat untuk para penonton.

4. Tingkatkan Jumlah Views dan Subscribers

ilustrasi komentar viewers youtubeHal lain yang termasuk cara jadi Youtuber sukses adalah meningkatkan jumlah views dan subcribers akun Youtube. Telah diketahui bahwa Youtube akan membayar berdasarkan dengan banyaknya klik. Karena itu, jumlah subscribers juga perlu di tingkatkan agar klik yang didapatkan semakin banyak sehingga penghasilan yang Anda dapatkan juga bisa terus bertambah.

1.000 subscribers saja belum cukup untuk membuat Anda bisa gajian dari Youtube. Oleh sebab itu, lakukanlah berbagai cara yang natural untuk bisa mendapatkan banyak subscribers.

Namun, jangan sekali-kali menggunakan cara-cara praktis seperti membeli subscribers atau dengan cara black hat lainnya. Karena lama-kelamaan, pihak Youtube akan mengetahuinya dan bisa saja akun Anda kena banned secara  permanen.

Beberapa cara natural untuk bisa mendapatkan subscriber dengan cepat antara lain:

  • Buatlah video yang berkualitas

Daripada Anda hanya mengejar kuantitas dengan mengupload banyak video tidak bermutu. Lebih baik buatlah sedikit video namun yang berkualitas. Video yang berkualitas tidak akan mengkhianati hasil.

Karena tidak hanya penonton yang akan menilai kualitas video Anda. Sistem alogaritma mesin pencari seperti Google atau Youtube pun akan menyeleksi dan memprioritaskan video yang berkualitas. Jadi, buatlah video yang bagus agar memudahkan Anda mendapat subscriber.

Memang membuat video yang berkualitas perlu banyak biaya. Mulai dari membeli kamera untuk Youtube yang tentunya sangat menguras kantong dan juga proses editingnya memerlukan komputer atau laptop yang memiliki spek tinggi. Namun, memang begitulah cara jadi Youtuber yang benar.

Tapi karena Anda masih pemula, gunakanlah kamera seadanya. Misalnya menggunakan kamera smartphone. Apalagi kualitas dari kamera smartphone jaman sekarang saya kira tidak kalah dari kamera biasa. Setelah anda mendapatkan gaji dari Youtube, barulah anda membeli kamera bagus agar konten yang dibuat lebih bagus lagi.

  • Buatlah judul dan gambar thumbnail yang menarik

Sebagus apapun video yang Anda buat, jika judulnya tidak menarik kemungkinan besar tidak mendapatkan perhatian dari penonton. Hal inilah yang kadang-kadang diabaikan para Youtuber pemula. Padahal, dengan optimasi yang tepat pada judul, akan mengundang penonton untuk melihat video tersebut.

Disamping itu, jangan remehkan tampilan gambar thumbnail video Anda. Jika Anda asal-asalan dalam memilih gambar awal ini. Penonton tidak akan tertarik untuk mengklik video tersebut. Gambar thumbnail yang bagus adalah yang relevan dan seharusnya sudah bisa mewakili isi video didalamnya.

Cara ini sebenarnya hampir sama seperti optimasi artikel untuk blog. Dimana judul dan gambar thumbnail yang menarik bisa membuat orang yang tadinya tidak tertarik jadi ingin melihatnya. Oleh sebab itu, belajarlah membuat judul dan gambar thumbnail yang menarik.

  • Optimasikan channel Anda dengan maksimal

Cara jadi Youtuber sebenarnya hampir mirip dengan menjadi seorang blogger. Dimana selain optimasi offpage seperti mempromosikan konten ke sosial media. Anda juga harus melakukan optimasi onpage.

Beberapa cara umum yang biasa dilakukan oleh para Youtuber antara lain dengan membuat deskripsi singkat tentang isi konten di channel Anda. Sehingga memudahkan mesin pencari dalam memahami apa isi konten yang Anda miliki. Selain itu, jangan lupa menghubungkan channel Youtube dengan akun media sosial yang Anda miliki.

  • Promosikan video dengan share di media sosial

Saat pertama kali upload video, tentunya video tersebut tidak akan langsung berada di halaman 1 hasil pencarian Youtube. Sehingga kemungkinan untuk ditonton sangat kecil. Apalagi jika subscriber Anda masih sedikit atau belum ada sama sekali.

Untuk bisa mendapatkan viewers sekaligus menjaring subscribers. Langkah yang harus Anda ambil ialah mempromosikan video Anda. Media sosial seperti Facebook dan Instagram bisa Anda manfaatkan sebagai ajang promosi.

Anda juga bisa membagikan link video di grup Facebook yang Anda ikuti. Tapi Anda harus berhati-hati. Jangan melakukan spam dengan membagikan link secara massal ke banyak grup karena bisa beresiko membuat akun Anda kena banned.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

  • Berkolaborasi dengan Youtuber lain

Cara lain untuk mendapatkan subscriber secara cepat bisa Anda lakukan dengan mendompleng Youtuber yang sudah terkenal. Mendompleng disini berarti Anda melakukan kolaborasi dengan Youtuber lain yang sudah memiliki ratusan ribu subscriber.

Jika sulit mendapatkan Youtuber yang lebih terkenal. Anda bisa mengajak Youtuber pemula untuk melakukan colab dengan Anda. Karena tujuan dari kolaborasi ini sebenarnya untuk memperkaya konten Anda agar lebih mudah mendapatkan subscriber baru.

5. Aktif Berinteraksi dengan Penonton/Viewers

channel youtube calon sarjanaBagi seorang Youtubers, penonton adalah raja yang harus selalu di diperhatikan. Karena dari merekalah anda bisa menghasilkan uang dari Youtube. Jadi, saat video-video Anda sudah ditonton banyak orang dan mendapat banyak komentar. Jangan malas untuk membalas komentar mereka.

Disamping itu, terima masukan dan kritikan yang membangun dari para viewers anda. Malah terkadang dari mereka Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk memperbaiki konten dan membuat konten baru yang disukai penonton.

Para Youtuber yang sukses bahkan menjadikan komentar pengunjung sebagai bahan untuk membuat konten-konten yang baru. Bagi mereka, komentar pengunjung adalah gudang ide yang paling mudah didapatkan

Jadi, tidak ada salahnya juga untuk bertanya dan minta masukan dari subscribers Anda. Ajak mereka untuk terlibat dalam pembuatan konten-konten Anda sehingga video yang Anda buat makin bagus dan kreatif.

6. Sumber Penghasilan yang Didapatkan Youtuber

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya darimana Youtuber mendapatkan uang. Padahal Anda tidak pernah membayar saat menonton video karya mereka. Dan ternyata para Youtuber mendapatkan penghasilannya dari beberapa sumber berikut ini :

  • Monetizing Options dari Google atau Youtube

Hampir semua Youtuber tentu berharap bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google Adsense. Ketika Anda mengaktifkan fitur monetize pada video yang Anda upload di akun Youtube, itu berarti Anda telah memperbolehkan Youtube atau Google menempatkan iklan di dalam video yang Anda upload. Dan sebagai timbal baliknya Anda akan diberikan bagi hasil sebesar 45% dari iklan tersebut.

Akun Adsense yang Anda miliki berguna untuk melihat lalu lintas pendapatan Anda. Selain itu metode pembayaran juga bisa Anda pilih lewat akun Adsense Anda. Ada tiga metode pembayaran yang bisa Anda pilih diantaranya :

  1.  Lewat transfer bank-bank tertentu yang menerima pengiriman uang dari luar negeri.
  2.  Menggunakan western union yang dapat Anda uangkan lewat kantor pos.
  3.  Menggunakan cek dan mencairkannya di bank.
  • Brand Deals

Sebuah akun Youtube yang memiliki viewers dan subscriber yang tinggi bisa berpotensi menarik banyak sponsor dari luar Youtube. Dari sponsor ini, pemilik akun akan mendapatkan bayaran untuk menempatkan iklan di luar sistem google. Biasanya harganya tergantung dengan seberapa populer channel dan besarnya keuntungan yang diperoleh sponsor.

Celebrity Jobs

Tidak sedikit selebritis yang lahir dari Youtube, sebut saja seperti Justin Bieber, PSY, Raditya Dika, Raisa, dan Isyana Saraswati. Mereka yang awalnya melakukan cara jadi Youtuber bisa sekaligus mendapatkan cara menjadi selebritis. Hal ini terjadi karena mereka telah menunjukkan bakatnya dan mengupload videonya lewat Youtube.

Ketika ada produsen atau pencari bakat yang tertarik. Akhirnya mereka mendapatkan tawaran untuk menjadi artis beneran. Sehingga mereka bisa mendapatkan peluang penghasilan dari pekerjaan publik seperti host, publik speaker atau bahkan artis.

Youtuber Indonesia yang Sukses dan Terkenal

Agar Anda lebih semangat dalam menghasilkan uang dari Youtube. Saya akan memberikan sedikit mengulas tentang orang-orang yang tahu bagaimana cara jadi Youtuber yang sukses.

Di Indonesia sendiri ada banyak Youtuber yang terbilang sukses, terkenal dan memiliki banyak penggemar. Penghasilan yang mereka dapatkan per tahun juga tidak sedikit, bahkan ada yang diperkirakan mampu mendapatkan penghasilan mencapai milyaran rupiah. Berikut ini beberapa nama Youtuber Indonesia yang telah sukses :

Ria Ricis

channel youtube ria ricisRia Ricis terkenal bukan karena mendompleng kepopuleran kakaknya, Oki Setiana Dewi yang merupakan salah satu artis terkenal. Ricis memang telah dikenal sebagai Youtuber yang sukses sebelumnya.

Konsistennya mengupload video yang berkarakter ceria, lucu dan kocak pada channel bernama Ricis official mampu mencuri perhatian pengguna Youtube. Akun milik Ricis ini bisa menghasilkan ratusan juta dan memiliki lebih dari 7 juta subscriber.

Raditya Dika

Salah satu komedian Indonesia ini memang dikenal memiliki akun Youtube yang mengunggah video bermuatan komedi yang lucu dan menarik. Jadi tidak heran jika videonya selalu dinantikan banyak orang. Dalam akun ini, Raditya Dika mendapatkan ratusan juta viewers dan 5,1 juta subscriber.

Bahkan sekarang Raditya Dika makin dikenal luas sebagai selebriti tanah air. Selain menjadi juri dalam ajang pencarian bakat seperti stand up comedy. Dia juga aktif menulis novel dan bermain film.

Calon Sarjana

Akun Youtube yang satu ini menarik banyak perhatian dengan mengunggah video yang lucu, misterius bahkan terkesan kontroversial. Channel ini bisa dikatakan salah satu yang paling populer dengan jumlah viewer yang sangat banyak dan subscriber yang menembus angka 6,3 juta.

Gen Halilintar

Sesuai dengan namanya, channel Youtube ini dipegang oleh keluarga yang disebut Gen Halilintar. Biasa mengupload video aktivitas keluarga mereka yang sering berkeliling dunia. Yang menarik disini adalah keunikan keluarga ini yang turut serta membawa 11 anak mereka dalam setiap perjalanan. Untuk jumlah viewers akun ini telah mencapai ratusan juta dan mendapatkan subscriber sekitar 4,5 juta.

Jess no Limit

Bagi Anda yang suka bermain game online seperti mobile legend tentu tidak asing dengan Jess no Limit. Seorang Youtuber yang sering mengupload kegiatan gamenya di Youtube. Diperkirakan penghasilannya mencapai miliyaran rupiah. Bahkan dia sampai bisa membeli mobil Ferrari dari bermain game dan Youtube. Untuk subscribenya pun sudah mencapai 4 juta.

Cara jadi Youtuber memang susah-susah gampang, Anda harus konsisten dan kreatif dalam membuat video. Karena itu, buatlah video sebagus mungkin untuk menarik minat para pencinta Youtube menontonnya. Meskipun cukup sulit namun jika Anda serius bukan tidak mungkin Anda dapat seperti para Youtuber tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *