Cara Jitu Memilih Lokasi Usaha Laundry yang Strategis

lokasi usaha laundry yang strategisTak bisa dipungkiri bahwa lokasi usaha adalah salah satu hal yang akan menentukan maju tidaknya suatu bisnis. Jika Anda bisa mendapat lokasi yang strategis, maka peluang untuk memperoleh banyak konsumen akan semakin besar. Tidak terkecuali dengan lokasi usaha laundry.

Kali ini saya akan membahas tentang lokasi usaha laundry karena bisnis ini sedang ngetrend dan banyak diminati para pelaku usaha kecil menengah. Jika Anda ingin sukses menjalankan usaha laundry, silahkan baca 19 rahasia sukses memulai usaha laundry kiloan.

Lalu bagaimana cara memilih tempat yang baik agar usaha laundry bisa berjalan dengan lancar dan bisa mendapatkan banyak pelanggan?

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih lokasi usaha laundry. Jangan Anda berpikir bahwa harga sewa tempat yang mahal secara otomatis tempatnya strategis dan cocok untuk menjalankan usaha laundry.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih lokasi usaha laundry adalah sebagai berikut.

1. Sesuaikan dengan Modal Usaha

modal usaha laundry kiloanModal usaha sangat berpengaruh dalam perjalanan bisnis laundry Anda. Jika modal yang Anda miliki terbatas, maka Anda tidak akan bebas dalam memilih lokasi usaha.

Batas minimum untuk membuka usaha laundry sederhana saja sekitar Rp 10 jutaan. Itu belum termasuk Anda harus menyewa lokasi usaha. Terkecuali jika Anda membuka laundry di rumah. Yang mana Anda tidak perlu menyewa tempat usaha alias gratis.

Tempat sewa laundry sekitar Rp 5 juta untuk ruko kecil sederhana. Sementara jika Anda memilih ruko yang mewah dan terletak di tempat yang ramai. Bisa mencapai Rp 30 juta –Rp 50 juta.

Oleh sebab itu, untuk memilih lokasi laundry, besarnya modal yang Anda miliki sangat menentukan. Beruntung jika Anda bisa menemukan lokasi yang strategis dengan biaya sewa per bulan. Hal ini tentu akan sangat meringankan Anda.

Rekomendasi Artikel : 

11 cara mudah mencari modal usaha untuk bisnis Anda

2. Perhatikan Tingkat Pendapatan Penduduk Sekitar

Faktor kedua yang harus Anda perhatikan saat mencari lokasi untuk membuka laundry adalah tingkat rata-rata pendapatan penduduk.

Percuma lokasi Anda ramai namun minat konsumen kurang. Hal ini mungkin dikarenakan pendapatan penduduk disekitar lokasi Anda masih kurang. Jangankan untuk laundry baju, untuk kehidupan sehari-hari saja masih susah.

Sama halnya jika Anda membuka laundry kelas premium dengan fasilitas lengkap. Tentu harga yang Anda tawarkan akan lebih mahal dibandingkan tempat laundry kebanyakan. Jika Anda membukanya di daerah yang pendapatan penduduknya menengah kebawah, maka akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Berbeda jika Anda membuka usaha di dekat komplek perumahan mewah, usaha laundry Anda tentu akan laris. Karena kebanyakan penduduknya adalah orang-orang kaya yang super sibuk.

Jadi, surveilah lokasi yang sesuai dengan model tempat laundry Anda. Perhatikan betul antusias warga dalam hal penggunaan jasa laundry. Jika peminatnya banyak, maka tidak masalah Anda membukanya disana.

Baca juga : 8 strategi pemasaran produk baru untuk usaha kecil paling efektif

3. Perhatikan Kompetitor Sejenis di Sekitar Lokasi Usaha Anda

kompetitor bisnis laundryBiasanya lokasi yang ramai dan padat penduduk sudah banyak terdapat tempat laundry. Bukan hanya 1-2 saja, kemungkinan bisa mencapai puluhan.

Meskipun Anda sudah menemukan dan sangat menyukai lokasi usaha di tempat tersebut. Sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu. Banyaknya kompetitor di dekat tempat usaha Anda tentu akan menjadi pesaing yang akan menyulitkan Anda untuk mendapat pelanggan.

Apalagi jika kompetitor Anda tersebut sudah membuka usaha laundry sejak lama. Tentu mereka sudah memiliki banyak pelanggan tetap yang setia melaundrykan baju di tempat mereka.

Akan lebih baik jika Anda mencari lokasi usaha lain yang masih sepi kompetitor. Kecuali jika Anda merasa mampu bersaing dengan mereka.

4. Perhatikan Fasilitas untuk Kebutuhan Usaha Anda

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah fasilitas untuk mendukung kebutuhan usaha Anda. Percuma Anda mendapatkan ruko yang bagus namun Anda kesulitan mendapat air bersih. Meskipun ada PDAM, tapi airnya tidak mengalir dengan lancar.

Selain itu, perhatikan juga tegangan listrik yang dimiliki. Jika masih rendah, tentu akan menyulitkan Anda ketika sedang menggunakan beberapa mesin laundry sekaligus.

Disamping itu, pembuangan limbah cucian harus lancar. Karena jika tidak, kemungkinan bisa menjadi masalah karena warga disekitar Anda bisa terganggu.

Baca juga : tantangan memulai usaha sendiri dan cara mudah mengatasinya

5. Lahan Parkir Luas

Pemilihan lokasi bisnis laundry juga perlu memperhatikan lahan untuk parkir. Karena jika terlalu sempit atau bahkan tidak ada sama sekali, akan mengurangi minat konsumen untuk menitipkan pakaian di tempat Anda.

Lain halnya jika ada tempat parkir yang luas. Tentu para pelanggan akan merasa nyaman memarkirkan kendaraan mereka. Apalagi jika kebanyakan pelanggan Anda datang membawa mobil. Tempat parkir yang luas pasti akan lebih memudahkan akses mereka untuk mendatangi tempat laundry Anda.

6. Pilih Lokasi di Posisi Konsumen Mau Pulang

Jangan remehkan faktor lokasi kiri-kanan jalan raya. Sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu posisi dimana banyak warga saat pulang kerja. Jika lebih banyak dari kiri jalan, sebaiknya pilihlah lokasi di kiri jalan.

Mengapa demikian?

Karena saat pulang kerja, warga cenderung lebih santai dibandingkan saat berangkat kerja. Hal ini tentu akan memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan,

Sangat jarang orang menitipkan laundry pakaian saat berangkat kerja karena mereka biasanya di buru dengan waktu. Sementara saat pulang, mereka akan lebih santai dan akan lebih ingat untuk melaundrykan baju.

Baca juga : 10 langkah merintis usaha sendiri dari nol dengan modal kecil

Rekomendasi Lokasi Usaha Laundry yang Strategis

Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi laundry yang baik. Selanjutnya saya akan membahas tentang tempat-tempat terbaik yang paling cocok untuk membuka usaha laundry kiloan.

Beberapa lokasi strategis yang sangat direkomendasikan adalah sebagai berikut :

7. Dekat Perumahan Padat Penduduk

Asal Anda tahu, tidak semua perumahan berpotensi untuk dijadikan lokasi usaha laundry. Karena sekarang sudah banyak rumah yang memiliki mesin cuci sendiri. Pilihlah perumahan yang banyak orang kantoran. Seperti Perumahan dinas tentara.

Tentara biasanya bermukim tanpa ditemani istri, sehingga mereka biasanya menggunakan jasa laundry kiloan untuk mencuci baju mereka.

Perumahan pegawai negeri juga termasuk tempat yang strategis untuk memulai usaha laundry. Pegawai negeri bekerja dari pagi hingga sore dan terkadang tidak memiliki waktu untuk mengurus rumah.

Anda juga bisa memilih perumahan yang sangat padat penduduk. Insya Allah nanti pasti ada yang mampir untuk laundry di tempat Anda.

Rekomendasi Artikel : 

26 rekomendasi usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan

8. Dekat Pesantren Modern

Jika Anda ingin sukses dalam usaha laundry, ini adalah salah satu tempat paling menjanjikan bagi Anda. Pondok pesantren modern.

Kebanyakan santri tidak memiliki waktu untuk mencuci. Meskipun ada, terkadang mereka malas untuk melakukannya. Saya sendiri juga pernah mondok di pesantren, sehingga saya tahu kenyataannya.

Jika Anda berniat untuk memilih tempat usaha laundry, maka pilihlah pesantren putra yang jumlah santrinya lebih dari 800 orang. Untuk mengetahui jumlah pasti santri di sebuah pesantren, Anda bisa bertanya langsung pada guru di sana.

9. Dekat Sekolah / Kampus

buka laundry di dekat kampusTempat lain yang mungkin Anda tidak terpikirkan sebagai lokasi usaha laundry adalah kampus atau sekolah. Khususnya kampus yang memiliki banyak mahasiswa dari jauh. Biasanya mereka akan mencari kos-kosan di dekat kampus.

Jjika usaha laundry Anda berada di jalan antara kampus dan kos-kosan mereka. Kemungkinan mereka akan menggunakan jasa laundry Anda jika sedang malas mencuci.

Karena tidak mungkin para pelajar atau mahasiswa ngekost membawa mesin cuci sendiri. Pilihlah kampus atau sekolah yang memiliki banyak siswanya.

Baca juga : 15 peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan

10. Dekat Pabrik / Kawasan Industri

Lokasi ini hampir mirip dengan kampus, para pegawai pabrik apalagi di kota besar seperti Surabaya, Sidoarjo, Jakarta atau Bekasi. Biasanya datang dari luar kota dan mereka umumnya tinggal di kost atau kontrakan. Sehingga tidak mungkin membawa mesin cuci sendiri.

Bila mereka tau ada usaha laundry kiloan dekat pabrik, mereka pasti akan menggunakan jasa laundry untuk urusan baju mereka. Apalagi ketika mereka sibuk kerja dan lembur setiap harinya.

11. Di Tengah Kota

Hindari untuk memilih tempat di desa, karena kebanyakan orang desa tidak memiliki banyak uang untuk memesan jasa laundry, mereka juga sudah terbiasa mencuci baju sendiri. Mereka mungkin lebih memilih menggunakan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun di kota, yang notabene penduduknya memiliki pendapatan di atas rata-rata. Sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya dan masih sisa. Akan lebih mungkin untuk menggunakan jasa laundry. Apalagi jika jasa laundry Anda adalah laundry cepat dengan harga ekonomis.

Sebisa mungkin carilah lokasi usaha laundry yang dekat dengan keramaian lalu lalang kendaraan. Biasanya sih di tengah kota. Meskipun harga sewanya lebih mahal, namun kemungkinan mendapat pelanggan juga lebih banyak.

12. Pinggir Jalan Raya

Jika Anda berniat untuk membuka usaha di pinggir jalan raya. Pastikan jalan tersebut bukan jalan dengan laju kendaraan yang cepat. Seperti jalan antar kota dan provinsi.

Karena semua kendaraan berjalan dengan cepat dan tidak sempat melihat usaha Anda. Selain itu yang lewat juga orang-orang dari luar kota yang mungkin tidak akan memesan jasa Anda.

Anda bisa memilih jalan yang kendaraan besar dilarang masuk. Seperti jalan di tengah kota dan dekat komplek perumahan. Biasanya kendaraan seperti mobil dan motor berjalan dengan agak lambat, pastikan tempat usaha terlihat dengan jelas dari jarak 15 meter. Anda bisa memasang banner di depan lokasi usaha Anda.

Baca juga : 14 ide usaha sampingan yang menguntungkan menjelang lebaran

Memilih Lokasi Usaha dengan GPS

Dengan smartphone yang memiliki layanan GPS, Anda bisa menggunakannya sebagai alat untuk mencari lokasi dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

Tinggal buka GPS Anda, cari lokasi yang Anda inginkan, kemudian buka pilihan mode satelit. Nanti akan nampak kepadatan rumah yang ada di sana. Pilihlah tempat yang jumlah rumahnya lebih banyak daripada Area tanpa rumah.

Carilah Banyak Tempat yang Disewakan

Saat hunting tempat yang di sewakan. Jangan hanya mencari satu saja. Tapi Carilah 10 sekaligus. Amati keadaan di sana dengan hal-hal yang sudah saya tulis diatas.

Mulai dari luas bangunan, kepadatan penduduk, lalu lalang kendaraan yang ada di depan tempat tersebut dan lain-lain. Disamping itu, perhatikan harga sewanya, jangan tertipu dengan harga yang murah atau jangan terlalu yakin dengan harga yang mahal.

Belum tentu lokasi usaha laundry yang mahal itu akan ramai. Dan belum tentu juga harga yang murah akan sepi pembeli. Analisa dengan sungguh-sungguh.

Setelah Anda analisa 10 tempat tersebut, Pilihlah tempat yang memiliki potensi mendapat pelanggan paling tinggi dengan harga sewa yang masuk akal.

Kesimpulan

Dari semua tempat di atas, saya pikir lokasi di dekat pesantren adalah yang paling menjanjikan, apalagi jika Pesantren tersebut berada di tengah kota, Insya Allah Anda tidak akan menyesal memilih tempat tersebut.

Itulah cara memilih lokasi usaha laundry yang strategis. Mudah-mudahan dengan pemilihan lokasi yang tepat, usaha Anda akan semakin maju dan ramai.

2 Responses to Cara Jitu Memilih Lokasi Usaha Laundry yang Strategis

  1. Toku Digital Utama berkata:

    mantaaap

  2. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di http://javasaromachem.com/ . Sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *