Cara Memulai Bisnis Dropship dari Marketplace untuk Pemula

memulai bisnis dropship tanpa modal

Memulai Bisnis Dropship – Saat ini banyak orang yang sudah mulai terjun di bisnis online. Ada yang menjadi blogger, affiliate marketing, trading forex, jualan online dan masih banyak yang lain.

Untuk jualan online sendiri peminatnya sangat banyak. Mungkin karena lebih mudah dalam menjalankannya. Ada orang yang memang kulakan dan dijual lagi secara online. Namun ada lagi yang berjualan online dengan menggunakan sistem dropship, yaitu menjual barang dari supplier ke konsumen tanpa perlu stok barang.

Cara menjadi pebisnis dropship sangatlah mudah dan bisa di bilang tanpa modal. Hanya perlu menggunakan handphone atau laptop, Anda sudah bisa berjualan dan tidak perlu membeli barang terlebih dahulu. Bisnis ini bisa dikategorikan sebagai usaha tanpa modal kecuali mungkin hanya paket internet.

Kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu dropship, bagaimana cara kerjanya, keuntungan, sekaligus tips untuk memulai bisnis dropship dari marketplace.

Kenapa harus memulai bisnis dropship dari marketplace?

Karena marketplace atau pasar online adalah tempat yang paling banyak orang melakukan transaksi jual beli barang apapun secara online. Mulai dari barang berupa fashion, peralatan elektronik, perabotan rumah tangga, obat kesehatan, peralatan olahraga dan masih banyak yang lain.

Apa Itu Dropship?

cara kerja dropshipSebelum kita membahas tentang cara memulai bisnis dropship, sebaiknya Anda ketahui dulu tentang pengertian dropship.

Dropship adalah sebuah metode jual beli online dimana penjual tidak perlu stok barang, mengemas maupun melakukan pengiriman.

Tugas Anda hanyalah menjual barang dengan memposting foto produk di marketplace atau media sosial seperti Facebook, Instagram, Line, WhatsApp dan lain-lain. Ketika Ada konsumen tertarik dan membeli produk yang Anda tawarkan, Anda tinggal menghubungi supplier Anda.

Urusan pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen akan di tangani pihak supplier. Mereka akan mengirimkan barang ke konsumen atas nama toko online Anda. Sehingga konsumen taunya barang tersebut dari Anda.

Ada banyak metode dropship saat ini. Seperti dropship antar marketplace, dropship dari marketplace yang sama, international dropship, dan dropship dari marketplace ke konsumen akhir.

Cara yang paling sering digunakan adalah antar marketplace dan dari marketplace ke konsumen akhir. Sebagai contoh, Anda bisa mengambil barang dari supplier Tokopedia kemudian Anda dijual di Shopee dengan menaikkan harga.

Atau Anda mengambil barang dari Tokopedia kemudian dijual di media sosial atau  toko online Anda sendiri.

Rekomendasi Artikel : 

15 situs jual beli online terbaik dan terpercaya di indonesia

Dropship dari Marketplace ke Konsumen Akhir

marketplace indonesiaUntuk berjualan dari marketplace ke konsumen, Anda hanya perlu minimal dua hal yaitu akun di marketplace dan akun sosial media untuk berjualan. Media sosial yang paling sering digunakan oleh dropshiper biasanya Instagram dan Facebook,

Cara kerjanya cukup simpel, Anda tinggal mengunjungi marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shoppe. Kemudian memilih barang apa yang ingin Anda jual. Misalnya Anda tertarik ingin menjual baju. Cari toko di marketplace Tokopedia. Biasanya ada beberapa online shop di Tokopedia yang menerima dropship. Anda hubungi CSnya dan katakan bahwa Anda ingin menjadi dropship untuk toko online tersebut.

Setelah mereka menyetujui, Anda tinggal mencari foto produk yang Anda anggap menarik. Simpan foto tersebut kemudian posting di sosial media. Pasang harga diatas ketentuan supplier. Anda bisa mengambil untung 20 sampai 30%.

Apabila ada orang yang membeli. Pembeli harus terlebih dulu transfer uangnya ke Anda. Kemudian Anda gunakan uang tersebut untuk memesan barang di marketplace dan dikirimkan ke konsumen.

Beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Memberikan fitur dropship, sehingga barang yang dikirim akan ditulis dari Anda. Sehingga pembeli tidak tahu bahwa Anda seorang dropshiper.

Kunci sukses memulai bisnis dropship dari marketplace ke konsumen akhir adalah impresi promosi Anda kepada calon pembeli. Jika cara promosi produk anda bagus dan banyak orang yang melihat postingan Anda. Semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan pembeli.

Masalahnya adalah jika Anda hanya memiliki sedikit follower di media sosial. Tentunya hanya sedikit orang yang bisa melihat produk yang Anda tawarkan.

Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya hanya ada dua yaitu:

  • Menambah follower
  • Menggunakan iklan

Baca juga : 13 tips mudah jualan baju online murah untuk pemula

Trik Menambah Follower untuk Dropship Marketplace ke Konsumen Akhir

Menambah follower bisa menggunakan cara manual, otomatis, atau menggunakan iklan. Jika Anda memilih cara manual tentunya gratis. Akan tetapi butuh kerja keras. Anda harus rutin memposting foto di akun Anda dan fotonya wajib bagus.

Menurut pakar internet marketing Berto Saksono, setidaknya Anda harus memposting 10.000 postingan di Instagram untuk mendapatkan banyak follower. Postinglah secara rutin setiap hari, jika cara Anda tepat, maka follower Anda semakin lama pasti makin banyak.

Cara kedua adalah dengan menggunakan cara otomatis. Namun cara ini tidak gratis. Anda harus membeli aplikasi penambah follower organik. Salah satu aplikasi yang banyak di rekomendasikan adalah Ratagram.

Aplikasi ini dapat memposting secara otomatis foto yang Anda telah siapkan dan bisa follow dan unfollow orang lain secara otomatis. Anda bisa mendapatkan 1000/2000 follower hanya dalam waktu kurang dari sebulan. Pastinya semakin banyak follower Anda, semakin tinggi juga kemungkinan jualan online Anda laku.

Rekomendasi Artikel : 

8 cara mendapatkan uang dari Instagram untuk pemula

Berjualan Dropship Menggunakan Iklan Facebook

Iklan Facebook adalah salah satu favorit para bisnis dropship online. Salah satu pakar dropship internasional yaitu Albert Leonardo pernah mendapatkan 5 miliar rupiah hanya dalam waktu 1 bulan dengan menggunakan iklan Facebook saja.

Sayangnya cara ini membutuhkan modal dan apabila Anda tidak menguasai iklan Facebook ini. Bisa jadi Anda malah rugi.

Oleh sebab itu, jika Anda berminat mengiklankan produk Anda lewat Facebook. Sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu tentang bagaimana cara beriklan di Facebook.

Anda bisa belajar gratis melalui channel Youtube yang membahas tentang Facebook Ads. Atau Anda bisa bergabung di grup-grup Facebook yang membahas tentang Facebook Ads.

Dengan menggunakan iklan, Anda bisa menjangkau banyak orang sekalipun Anda tidak punya follower. Kelebihan lainnya, orang yang Anda jangkau sangat tertarget dan memang memiliki minat dengan produk yang Anda jual. Sehingga peluang untuk mendapatkan banyak pembeli semakin besar.

Baca juga : 9 cara mendapatkan uang dari Facebook paling menguntungkan

Kumpulkan Database Konsumen

Hal penting lainnya dalam dropship marketplace ke konsumen akhir adalah mengumpulkan database konsumen. Database bisa berupa alamat email nomor, telepon konsumen atau orang yang berminat pada produk Anda.

Database adalah cara termurah untuk menjual barang. Sebagai contoh, bayangkan jika Anda memiliki 10.000 nomor Whatsapp perempuan yang suka jilbab. Anda tinggal broadcast jualan jilbab unik Anda ke whatsapp mereka.

Jika ada 1% saja yang membeli, maka Anda akan mendapatkan 100 penjualan jilbab dalam sekali broadcast.

Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Tak ada yang terbaik bagi pebisnis dropship marketplace kecuali pelanggan yang setia yang terus membeli. Untuk itu jagalah hubungan baik Anda dengan mereka.

Anda bisa mengucapkan selamat lebaran, selamat hari valentine, atau selamat tahun baru pada mereka. Bila weekend, Anda bisa berkata” selamat ber weekend, semoga Anda selalu dimudahkan rezekinya, dan dimudahkan segala urusannya”.

Biasakan untuk mendoakan konsumen Anda, agar mereka lebih merasa diperhatikan.

Trik ini saya dapatkan dari seorang pebisnis brangkas, terkadang dia mengirimkan doa kepada saya. Akhirnya saya sering mengingat dia dan ketika terjadi kerusakan pada brankas kantor kami, dialah orang pertama yang saya hubungi.

Kesimpulan

Kunci utama memulai bisnis dropship dari marketplace ke konsumen akhir adalah dengan memperbanyak jangkauan promosi. semakin banyak orang melihat barang yang Anda tawarkan, maka akan semakin tinggi pula potensi barang Anda akan dibeli.

Hal yang juga sangat penting adalah gambar yang bagus. Bila gambar Anda super menarik, maka hal itu dapat meningkatkan potensi penjualan dropship Anda. Itulah panduan memulai bisnis dropship dari marketplace, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *