Cara Memulai Bisnis Gorengan Unik yang Beromzet Jutaan

memulai bisnis gorengan beromset jutaanTerkadang bisnis yang dianggap remeh seringkali memberikan hasil yang menjanjikan. Salah satunya bisnis gorengan. Saya yakin banyak diantara Anda sekalian tidak mau berjualan gorengan. Apalagi jualannya di pinggir jalan, rasanya gengsi.

Tapi jangan salah, sekarang ini jualan gorengan nyatanya bisa memberikan omset jutaan rupiah loh. Selain modal yang diperlukan tidak besar, Anda bisa mendapatkan keuntungan 2 hingga 3 kali lipat dari modal yang Anda keluarkan.

Kenapa bisa begitu?

Coba saja sendiri dirumah. Dengan modal uang Rp 10.000, cobalah membeli bahan-bahan gorengan seperti tempe dan tepung terigu. Potong tempe sebesar potongan gorengan yang biasa dijual. Kira-kira berapa potong tempe yang bisa Anda dapatkan? Kemungkinan bisa dua kali lipat dibandingkan Anda membelinya diluar.

Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan omset jutaan dari bisnis gorengan. Anda harus bisa mengubah sesuatu yang biasa namun dikemas dengan cara yang unik. Intinya beda daripada yang lain dibandingkan penjual gorengan lainnya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan lokasi tempat jualan. Carilah lokasi yang strategis dan cocok untuk berbisnis gorengan seperti dekat pusat perbelanjaan, pasar, dekat sekolah dan pinggir jalan yang ramai.

Baiklah, sekarang waktunya membahas bagaimana cara memulai bisnis gorengan yang beromset jutaan agar Anda tertantang untuk menjalankan bisnis ini.

Inilah beberapa hal yang membuat bisnis gorengan ini semakin laris.

Lokasi Penjualan

Hampir semua tempat yang dilewati orang dapat kita jadikan lokasi untuk berjualan gorengan. Tidak harus di alun-alun atau pusat kota. Anda bisa berjualan di dekat toko lain. Misalnya di depan Indomaret, di sebelah toko pakaian, atau di dekat toko buah.

Lahan kosong di pinggir jalan pun bisa digunakan untuk tempat berjualan gorengan. Yang penting jalanan tersebut banyak dilalui kendaraan. Sehingga mudah bagi mereka untuk membeli gorengan Anda.

Baca juga : 15 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

Tidak Perlu Bangunan Mahal

Tidak perlu menyewa ruko untuk menjual makanan gorengan jika Anda belum mampu. Bahkan dengan gerobak kecil pun sudah bisa untuk berjualan. Syarat utama untuk sukses dalam bisnis ini adalah makanan gorengan yang lezat dan sehat.

Gorengan Sehat

Beberapa waktu lalu banyak info tentang gorengan yang mengandung plastik. Sehingga membuat orang sekarang mulai hati-hati dalam memilih jajanan di luar. Sekarang orang sudah mulai cerdik membedakan antara makanan sehat dan tidak sehat.

Anda juga harus menyediakan makanan goreng yang sehat sehingga pelanggan tidak lari ke penjual lain. Selain menghindari bahaya gorengan, Anda juga harus rajin mengganti minyak goreng. Jangan menggunakan minyak goreng yang warnanya sudah mulai menghitam. Karena tentu akan membuat orang malas membeli.

Buat Gorengan yang di Sukai Semua Orang

Semua orang suka makanan gorengan. Hanya mereka yang takut kolesterol yang menghindarinya. Usaha makanan ringan seperti gorengan juga tidak mengenal umur. Siapa pun itu, tua muda, miskin kaya, tampan, semuanya suka karena makanan ini sudah menjadi camilan khas Indonesia.

Ciptakan Resep Gorengan yang Enak

Membuat makanan yang digoreng itu mudah. Setiap orang pasti bisa kalau mau belajar. Yang menjadi masalah adalah membuat gorengan yang bisa disukai banyak orang.

Gorengan yang laris manis tentu memiliki cita rasa yang khas dan disukai banyak orang. Jika Anda mau sukses bisnis gorengan, cobalah menciptakan resep gorengan yang enak.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara bikin gorengan yang unik. Coba cari resepnya dengan browsing di internet. Salah satu situs populer yang membahas tentang resep masakan adalah cookpad.com.

Baca juga : Cara Sukses Memulai Usaha Catering Rumahan dengan Modal Kecil

Analisis Bisnis Gorengan

Bagaimana Anda menganalisis usaha gorengan? Berdasarkan pengalaman penulis dan percakapan di lapangan, bisnis goreng masih sangat menjanjikan. Dimana Anda dapat dengan mudah menemukan outlet makanan gorengan dari skala kecil hingga besar.

Untuk mendapatkan gorengan sangat mudah. Jika Anda seorang pelajar, Anda bisa mendapatkan berbagai makanan gorengan di kantin sekolah. Dan jika Anda berjalan di sepanjang jalan raya maka Anda dapat menemukan penjual goreng di pinggir jalan.

Atau pedagang kaki lima yang menggunakan gerobak untuk berjualan gorengan.

Tingkat persaingan yang sangat tinggi dari bisnis gorengan jangan lantas membuat Anda pesimis. Karena peluang bisnis ini memiliki potensi pasar yang luas. Anda bisa membidik masyarakat menengah bawah, seperti anak sekolah, karyawan, ibu rumah tangga, pengusaha dan sebagainya.

Baca juga : Cara Sukses Memulai Usaha Kue Kering dengan Modal Kecil

Rincian Biaya Modal Bisnis dari Awal hingga Terbuka

Mengetahui lebih lanjut tentang modal awal dalam ini, usaha seperti gorengan termasuk salah satu usaha dengan modal 2 juta kebawah. Berikut menjelaskan rincian modal awal bisnis hingga awal, termasuk:

Investasi Awal :

  1. Gerobak goreng unik yang unik Rp. 1 juta
  2. Peralatan Masak Rp. 300 ribu
  3. Peralatan bisnis sebesar Rp. 200 ribu
  4. Kompor dan regulator gas Rp. 500 ribu
  5. Tabung gas 3 kg dengan isi Rp. 200 ribu

Total biaya investasi untuk bisnis baru adalah Rp2,2 juta. Namun, jika Anda ingin menghemat uang, maka Anda dapat menggunakan tabung gas, kompor gas, dan peralatan memasak yang Anda butuhkan saat ini.

Biaya Operasional Bisnis per Hari:

  1. Pembelian bahan baku Rp. 100 ribu
  2. 3 kg gas LPG sebesar Rp 30 ribu
  3. Minyak goreng 4 liter Rp20 ribu
  4. Biaya listrik dan pembersihan Rp. 20 ribu
  5. pah pegawai Rp 700 ribu Rp 1,4 juta
  6. Biaya tak terduga sebesar Rp. 100.000

Total biaya operasional per hari untuk gorengan sekitar Rp. 250 ribu. Dikalikan satu bulan, maka biaya operasional bulanan sebesar Rp. 7,5 juta.

Jika dalam sehari Anda bisa menjual 600 gorengan dengan harga Rp 1.000, laba kotor bisa mencapai Rp 350 ribu per hari.

Dikalikan satu bulan, omset makanan goreng unik dan modern adalah sekitar Rp. 10,5 juta per bulan.Dikurangu  biaya operasional, omset bersih makanan gorengan adalah Rp 3 juta. Tidak buruk kan? Untuk sebuah usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Tips Sukses dalam Bisnis Goreng

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis makanan gorengan skala kecil, menengah dan besar, berikut adalah beberapa tips untuk makanan gorengan bisnis yang sukses dari awal hingga akhir untuk pemula, termasuk:

Lokasi strategis

Bisnis gorengan terlaris dan modern membutuhkan lokasi bisnis yang strategis. Anda tidak dapat memulai bisnis goreng di tempat yang sepi. Karena bisnis makanan gorengan Anda tidak akan dikenal orang.

Contoh lokasi bisnis yang strategis untuk ide bisnis makanan ringan ini, antara lain di sisi jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan, dekat dengan minimarket, dekat sekolah dan kampus, dekat pusat perkantoran, dekat perumahan dan lain-lain.

Baca juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

Konsep bisnis gorengan modern

Anda tidak bisa mengandalkan penjualan makanan goreng menggunakan metode lama. Seperti yang disaksikan penulis di beberapa desa. Banyak sekali pedagang gorengan yang membuka usaha makanan gorengan lengkap dengan konsep tradisional.

Mereka menjual makanan gorengan biasa seperti pisang goreng, bala bala, tahu goreng dan sebagainya. Dibutuhkan produk goreng modern baru untuk memikat hati pembeli. Salah satu contoh gorengan yang cukup populer seperti pisang goreng coklat keju.

Harga murah

Manusia sangat sensitif terhadap harga. Jika ada barang dengan kualitas yang sama dengan harga yang berbeda, pasti manusia akan membeli lebih murah. Ini sangat alami karena manusia adalah makhluk yang ingin mendapat untung sekecil apa pun. Di sinilah Anda bisa memulai bisnis gorengan dengan harga jual murah. Menarik konsumen untuk membeli.

Pelayanan bagus

Kiat sukses dalam melakukan bisnis gorengan utama adalah memberikan layanan yang baik kepada konsumen. Misalkan melayani konsumen dengan senyum ramah, murah dan ramah. Alasan layanan yang memuaskan konsumen dapat membuat konsumen kembali membeli makanan gorengan dari Anda. Yang kemudian menjadi pelanggan tetap.

Bisnis gorengan memang memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Anda harus bisa memberikan inovasi agar bisnis yang Anda jalankan bisa tepat sasaran. Cobalah tips berjualan gorengan diatas agar usaha Anda bisa memiliki omset jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *