bisnis online

Cara Memulai Bisnis Online Agar Mudah Mengalami Kemajuan

Bisnis online mulai menjadi pilihan sebagian masyarakat. Sebagian masih belum di tempat yang sama sehingga tertinggal dari orang lain. Penyebabnya ialah kurangnya perencanaan sehingga keputusan yang diambil selalu menemui hambatan. Untuk itulah, pahami terlebih dahulu mengenai cara memulai bisnis online yang tepat.

Kenapa? Mengetahui tahapannya secara urut memungkinkan bisnis berjalan sesuai rencana. Pebisnis tidak akan merevisi setiap langkahnya. Apalagi kembali memperbaiki sistem bisnisnya sejak awal.

Ini hanya akan memakan waktu. Ketika mengalami kegagalan secara berulang, risikonya ialah berhenti di tengah jalan. Padahal, bisnis melalui media internet tergolong menjanjikan di tengah era globalisasi.

Kelebihan Dari Bisnis Online

Keputusan untuk merintis bisnis secara online dipandang sangat tepat. Keputusan ini selaras dengan kemajuan. Bahkan, menyesuaikan dengan perilaku masyarakat itu sendiri.

Keputusan ini juga didukung dengan banyaknya kelebihan dari model bisnis tersebut. Di antara kelebihan berbisnis online adalah sebagai berikut.

  1. Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Produktif tidak harus keluar rumah untuk bekerja di perusahaan atau pabrik. Faktanya, Anda bisa produktif dan berhasil memperoleh pendapatan dari rumah.

Merintis bisnis di dunia online bisa Anda maksimalkan. Anda bisa menjual apapun melalui media tersebut. Mulai dari produk berupa barang maupun layanan jasa.

Menariknya, Anda mengelolanya dari rumah. Andapun sudah menjadi bos dari bisnis yang dirintis. Artinya, potensi penerimaan dari hasil penjualan seutuhnya milik Anda.

  1. Modal Lebih Ringan

Siapa yang tidak tertarik berbisnis dengan modal ringan? Tentunya, hampir setiap orang menginginkannya. Secara, faktor penyebab banyaknya orang takut menekuni bisnis ialah modal.

Meskipun banyak pakar mengatakan bahwa modal bukanlah hal yang utama, tetapi faktanya orang menomor satukan modal. Beruntungnya, masalah ini mulai terpecahkan dengan adanya media internet.

Seseorang bisa membuka usaha tanpa harus keluar modal puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bahkan, sebagian tidak memerlukan modal. Contohnya adalah mendaftar sebagai penjual di situs marketplace ataupun menjadi penjual di media sosial.

  1. Jangkauan Pasar Luas

Membuka bisnis itu mudah. Yang sulit ialah menemukan pelanggan. Ketika Anda mendirikan toko konvensional, target pasarnya hanya di sekitar lokasi. Itupun belum sepenuhnya milik Anda lantaran pesaingnya juga banyak.

Berbeda jika Anda menggunakan internet. Jangkauannya bisa mencakup seluruh pelosok negeri. Bahkan, Anda bisa menargetkan pembeli dari mancanegara. Dengan kata lain, potensi menemukan pembeli dalam jumlah besar sangat tinggi.

Cara Memulai Bisnis Secara Online

Jika Anda memiliki niatan untuk berbisnis, bulatkan tekad untuk mewujudkannya. Kami sarankan untuk mengoptimalkan kecanggihan teknologi dengan merintis usaha secara online. Mengenai cara memulai bisnis online ini, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

A. Tentukan Target untuk Produk

Untuk mengawalinya, putuskan produk apa yang bakalan Anda jual. Usahakan agar produk ini memang cocok untuk Anda. Maksudnya, bidang inilah yang Anda kuasai.

Sembari menyesuaikan produk dengan kecocokan Anda, upayakan untuk riset terlebih dahulu. Temukan area mana yang paling banyak mencari produk tersebut. Kenali berapa besar volume pencarian produk tersebut.

Jika produk tersebut memang banyak peminatnya, Anda tinggal mengambil keputusan. Yakni meyakinkan diri untuk menjalankannya.

B. Putuskan Model Bisnis

Seperti apa model bisnisnya? Anda sebaiknya menentukannya. Setiap modelnya menawarkan keunggulan dan kelemahan. Anda perlu mempertimbangkannya secara matang.

Salah satu model bisnisnya ialah menjadi seorang affiliate marketer. Tugasnya hanya sebatas menaruh link menuju perusahaan yang menjual produk. Ketika pengguna internet membeli produk melalui link masuk tersebut, Anda akan memperoleh keuntungan.

Model selanjutnya ialah menjadi penjual sendiri. Asumsinya, Anda memiliki produk. Produk inilah yang akan dijual ke konsumen.

C. Siapkan Media Untuk Bisnis

Setelah memutuskan produk dan model bisnisnya, Anda tinggal mempersiapkan medianya. Sederhananya, Anda membutuhkan lapak di mana konsumen bisa melihat sejumlah produk yang Anda jual.

Tidak hanya itu saja, konsumen juga bisa transaksi melalui tempat tersebut. Meskipun kenyataannya, transaksi ini biasanya dilakukan melalui WA  atau semacamnya.

Medianya sendiri bisa berupa marketplace, akun media sosial ataupun website/toko online. Anda tinggal membuatnya. Kemudian masukkan sejumlah produk dan isi dengan label harga.

Lengkapi informasi apa saja yang konsumen butuhkan. Setidaknya, konsumen tidak banyak mengajukan pertanyaan. Tetapi langsung memesan produk.

D. Datangkan Traffic

Poin terpenting dalam bisnis online adalah traffic. Traffic ini dipahami sebagai lalu lintas pengunjung ke toko.

Anda perlu berusaha lebih gigih supaya pengguna internet bisa menemukan Anda. Salah satunya dengan layanan periklanan yang disediakan di internet. Contohnya adalah Google Ads ataupun FB Ads.

Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan secara gratis melalui media sosial. Caranya dengan masuk ke grup yang fokus pada pencarian produk Anda. Kemudian perkenalkan bisnis Anda di dalamnya. Dengan catatan, Anda tidak menyalahi aturan seperti terlalu sering promosi yang membuat pemilik grup jengkel.

Akhirnya, bisnis Anda mulai kedatangan konsumen sedikit demi sedikit. Jika mulai memperoleh kunjungan, pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik. Berikan kesan baik supaya pembeli merekomendasikan bisnis Anda. Itulah cara memulai bisnis online yang terarah sehingga potensi memperoleh pembeli semakin terbuka.

Previous Post
franchise makanan
Bisnis Online

Caranya Membuka Usaha Franchise Makanan Yang Tepat

Next Post
usaha sampingan karyawan
Bisnis Online

Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dan Kendala Menjalankannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *