Cara Memulai Usaha Cuci Helm dan Rincian Modalnya

ilustrasi usaha cuci helm modal kecil

Seiring dengan pertumbuhan jumlah sepeda motor yang semakin banyak di berbagai kota dan pelosok pedesaan. Membuat bisnis yang berkaitan dengan kendaraan beroda dua ini semakin banyak dan bervariasi. Seperti usaha jasa pencucian sepeda motor, usaha bengkel motor, usaha spareparts atau suku cadang, bisnis penjualan helm dan juga usaha cuci helm.

Sekarang kita akan membahas tentang bisnis cuci helm dimana anda bisa memulainya dengan modal yang relatif kecil. Usaha cuci helm sangatlah menjanjikan mengingat setiap tahun jumlah sepeda motor terus bertambah. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah daya beli masyarakat Indonesia akan motor semakin meningkat setiap tahunnya. Apalagi dengan adanya layanan program kredit sepeda motor yang ditawarkan oleh beberapa leasing di tanah air.

Helm merupakan salah satu peralatan wajib yang mesti dikenakan oleh pengendara sepeda motor maupun penumpangnya. Hal ini sudah diatur oleh Undang-Undang Lalu Lintas di tanah air. Bagi mereka yang melanggar peraturan ini akan di tilang dan dikenakan denda sebesar Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu. Bukan hanya menaati hukum yang berlaku di Indonesia, penggunaan helm juga berguna untuk menjaga keselamatan para pengguna sepeda motor.

Prospek Usaha Cuci Helm

Usaha pencucian helm termasuk suatu bisnis yang bergerak di bidang jasa. Sehingga untuk sukses dalam bisnis ini, anda harus memperhatikan kualitas layanan yang diberikan. Pastikan jasa cuci helm dijalankan secara profesional, bersih, cepat, dan terjangkau bagi masyarakat luas.

Berdasarkan analisis penulis di lapangan, bisnis cuci helm masih sangat minim pesaing dibandingkan usaha cuci motor atau bengkel motor. Tingkat kompetitor masih sangat rendah dan bisa di hitung dengan jari. Inilah yang memunculkan peluang usaha baru bagi anda untuk membuka usaha jasa salon helm di tempat yang strategis.

Seiring dengan penggunaan helm secara terus menerus dalam jangka waktu lama. Ditambah lagi dengan banyaknya noda dan debu yang menempel di jalan serta keringat dan sisa air hujan di dalam helm. Membuat helm menjadi kotor dan kusam. Kotor di bagian luar maupun di dalam sehingga tampak kusam dan kurang menarik.

Helm yang jarang dibersihkan akan tampak dari penampilan di dalam maupun di luar. Dilihat dari penampilan luar, helm akan tampak kusam dan penuh noda kotoran. Warna helm yang pudar. Untuk mengembalikannya ke warna helm yang baru maka anda perlu membersihkannya menggunakan sabun detergen dan menyikatnya sampai bersih.

Untuk penampilan dalam helm yang kotor dapat dilihat dari warnanya yang sudah tidak asli lagi. Perubahan warna dari warna asli dalam helm menjadi warna hitam kecoklatan itu merupakan pertanda helm sudah kotor.

Pertanda lainnya sebuah helm sudah kotor adalah munculnya jamur dan bakteri di dalam helm. Kalau sudah begini, helm tidak akan nyaman lagi dipergunakan. Bukan hanya merusak rambut tapi juga bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan anda. Misalkan mengakibatkan munculnya ketombe di rambut, gatal-gatal di kepala dan sekitar leher dan pilek.

Untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit diakibatkan oleh helm yang kotor maka minimal satu bulan sekali anda mesti mencuci helm. Akan tetapi sebagian orang enggan untuk mencuci helm karena tingkat kesulitan yang ada. Sehingga lebih mudah bagi seseorang untuk mempercayakan pencucian helm pada usaha jasa cuci helm terdekat.

Simak juga : 9 tips sukses usaha cuci motor beserta analisa modalnya

Memilih Paket Usaha Cuci Helm 2019

Jika anda tidak ingin dipusingkan dengan merek yang harus dibangun, perijinan, sistem manajemen dan pengelolaan usaha bisnis cuci helm dari nol, maka anda bisa bergabung dengan waralaba usaha cuci helm yang sudah terkenal di masyarakat.

Salah satunya Salon Helm Fresh And Clean atau pun Sexy Spa Helm yang memiliki motto Bikin Helm Anda Genit.

Setiap usaha salon helm berbeda-beda teknik dalam membersihkan helm. Ada yang menggunakan mesin pengering khusus dan ada yang memakai helm cleaners. Untuk waralaba Sexy Spa Helm menggunakan kedua cara tersebut dan mensyaratkan kepada franchisenya yang ingin bergabung untuk membayar dana investasi sebesar Rp 4,5 juta sebagai modal awal.

Biaya yang sangat terjangkau bagi anda yang menginginkan memiliki usaha waralaba pencucian helm.

Bagi anda yang ingin langsung praktis dengan bergabung dalam waralaba cuci helm, maka ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan. Anda diharuskan menyediakan lokasi usaha dan membayar biaya paket investasi.

Untuk pemesanan waralaba dan informasi lengkap lainnya bisa menghubungi kontak yang biasanya telah disediakan di dalam website resmi waralaba tersebut.

Sebenarnya anda bebas saja untuk memilih membuka usaha jasa cuci helm secara waralaba ataupun mandiri. Setiap usaha memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti usaha waralaba cuci helm memerlukan biaya investasi yang lumayan besar. Belum lagi ada sebagian waralaba cuci helm yang membebankan biaya royalti.

Baca juga : 19 rahasia usaha laundry kiloan dengan modal kecil

Rincian Biaya Modal Usaha Cuci Helm

Bagi anda yang ingin membuka usaha cuci helm secara mandiri, berikut ini rincian biaya modal usaha cuci helm dari awal sampai berdiri, antara lain :

1.Mesin Cuci Helm

Jenis mesin cuci helm yang dibeli adalah jenis mesin yang mampu mencuci helm dari dalam maupun luar dalam waktu singkat. Sekitar 10 menit, helm sudah tercuci bersih, tidak bau apek dan kering. Hal ini supaya para konsumen tidak terlalu lama menunggu. Harga mesin cuci helm di pasaran sebesar Rp 4,5 juta. Apabila anda ingin membeli mesin cuci helm yang lebih murah maka anda bisa membeli mesin cuci helm bekas.

2.Dryer harga Rp 300 ribu

3.Vaccum Cleaner Rp 500 ribu

4. Booth atau etalase harga Rp 2 juta

5.Nota 100 lembar Rp 200 ribu

6.Promo Banner dan baliho Rp 600 ribu

7.Chemicals Rp 400 ribu

8.Perlengkapan mencuci Rp 500 ribu

Dari estimasi di atas sangat jelas, untuk membuka usaha pencucian helm membutuhkan modal awal sebesar Rp 4.500.000 untuk yang sederhana. Sedangkan untuk usaha pencucian helm yang lengkap membutuhkan biaya sebesar Rp 9 juta.

Demikian rincian biaya modal usaha cuci helm yang dapat penulis sajikan. Mudah-mudahan anda dapat mengambil peluang bisnis ini yang sangat menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *