Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog untuk Pemula

ilustrasi menghasilkan uang dari blog

Saat ini dunia internet sudah sangat berkembang dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Tidak hanya memudahkan Anda dalam mengakses segala informasi yang Anda inginkan. Bahkan Anda juga bisa berkesempatan mendapatkan uang dari internet. Salah satu diantaranya yang akan kita bahas adalah menghasilkan uang dari blog.

Bagi Anda yang masih awam, mungkin belum percaya bahwa sebuah blog bisa menjadi sumber penghasilan bagi pemiliknya. Hal ini mengingat tujuan blog awalnya hanya untuk orang yang hobi menulis. Namun seiring dengan perkembangan zaman, ternyata banyak orang mulai mencoba menghasilkan uang dari blog.

Berapa kira-kira pendapatan dari seorang blogger? Pertanyaan ini tidak bisa dijawab secara pasti. Besar kecilnya pendapatan seorang blogger tentu berbeda-beda. Ada yang bisa menghasilkan angka diatas 1 jutaan bahkan hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Tidak percaya? Coba Anda ketik keyword “Pendapatan Linda Ikeji” di situs pencarian seperti google atau Bing. Anda akan menemukan banyak artikel tentang penghasilan seorang blogger yang bisa mencapai milyaran rupiah per bulan.

Wow.. Ternyata menjadi blogger bisa membuat orang menjadi kaya. Sudah kerjanya bisa dilakukan dimana saja. Penghasilannya besar pula.

Eits, tapi tunggu dulu. memang banyak orang yang sukses menjadi seorang blogger. Namun, kenyataannya lebih banyak orang yang gagal dalam membangun sebuah blog yang menghasilkan. Kalau dibuat perbandingan, mungkin satu banding sepuluh. Atau bahkan bisa lebih.

Kenapa bisa demikian? Karena untuk menghasilkan uang dari blog membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda harus konsisten membangun blog selama 6 hingga 1 tahun kedepan. Setelah Anda mendapatkan pengunjung minimal 500 orang perhari. Barulah berfikir untuk mendapat penghasilan dari blog.

Jadi, bagi Anda yang tidak sabar ingin mendapatkan pendapatan dari internet. Sebaiknya Anda jangan ngeblog. Karena kegiatan ini tidak akan memberikan hasil secara instan. Selain itu, blog hanya cocok bagi orang yang memiliki mental kuat.

Bagaimana? Apakah Anda masih tertarik untuk cari uang lewat blog?

Jika masih berminat, mari kita bahas lebih lanjut tentang cara menghasilkan uang dari blog.

1. Tentukan Topik / Niche Blog

ilustrasi menentukan tema blogLangkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memiliki blog yang menghasilkan ialah menentukan topik atau bahasa kerennya niche blog. Memang Anda bisa langsung membuat blog tanpa harus menentukan niche.

Akan tetapi menentukan niche blog dari awal sangat penting untuk perkembangan blog kedepannya. Sebisa mungkin pilihlah satu topik saja. Misalnya tentang bisnis. Berarti pembahasan blog Anda menyangkut tentang bisnis. Bukan tentang yang lain.

Sebenarnya Anda juga bisa buat blog gado-gado dimana Anda bebas mengulas berbagai macam topik. Misalnya tentang bisnis, teknologi, gaya hidup, kesehatan dan lain-lain. Blog seperti ini memang enak dan mudah dilakukan. Karena Anda bisa menulis sesuai keinginan Anda sendiri.

Namun, mengembangkan blog gado-gado sangat sulit. Kecuali jika blog anda memiliki banyak penulis. Di samping itu, blog gado-gado juga tidak mudah mendapatkan pembaca yang setia.

Jadi, lebih baik pilihlah satu topik / niche saja. Yang terpenting topik tersebut benar-benar Anda kuasai sehingga Anda tidak akan kehabisan ide untuk membuat konten.

Baca juga : 15 peluang bisnis online terbaru

2. Mulai Membuat Blog

Membuat sebuah blog tidak sesulit yang dibayangkan. Sangat mudah, bahkan untuk seorang pemula sekalipun. Jika Anda benar-benar tidak tahu sama sekali. Ada banyak tutorial membuat blog yang bisa Anda akses secara gratis di internet.

Anda tinggal memilih platform mana yang akan digunakan untuk membuat blog. Platform blog sendiri terbagi menjadi dua. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Keduanya sama-sama menghasilkan. Namun, jika Anda ingin serius ngeblog. Saya merekomendasikan untuk memilih platform yang berbayar.

Kalau ada yang gratis kenapa harus pilih yang berbayar? Karena selain terlihat lebih profesional. Memilih platform yang berbayar akan menjadi beban moral tersendiri buat Anda. Dimana Anda sudah mengeluarkan sejumlah uang sehingga kalau hanya untuk main-main tentu sangat mubazir.

3. Memilih Platform Blog

Langkah selanjutnya untuk memulai kegiatan blogging Anda ialah memilih platform blog. Ada banyak jenis platform blog yang tersedia. Mulai dari blogspot, wordpress, joomla, tumblr dan masih banyak yang lain. Setiap platform tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baik itu yang gratis atau pun berbayar.

Namun, dari semua platform yang ada. WordPress.org merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh para blogger. Karena fiturnya lengkap dan mudah penggunaannya.

Kelebihan wordpress dibandingkan platform lainnya antara lain banyak plugin gratis yang bisa digunakan untuk mengembangkan blog. sistem keamanannya bagus dan Anda bisa menyesuaikan bentuk blog sesuai dengan keinginan Anda karena banyak tema gratis maupun berbayar yang bisa Anda pakai.

4. Tentukan Nama Domain dan Hosting

https://prnt.sc/ltmtfoSetiap blog pasti memiliki identitas sendiri-sendiri. Dan identitas yang paling terlihat tentu saja nama domain atau alamat blog. Sehingga Anda memiliki alamat rumah secara online.

Dalam menentukan nama blog. Sebisa mungkin carilah nama yang mudah diingat orang. Agar para pengunjung gampang dalam mengakses blog milik Anda. Contoh alamat yang mudah diingat seperti detik.com, kompas.com, facebook.com, duniaku.net dan lain-lain.

Namun jika tidak memungkinkan. Anda bisa menggunakan nama yang bisa disesuaikan dengan isi konten Anda. Misalnya topik Anda membahas tentang bisnis atau usaha. Anda bisa menggunakan domain seperti tipsusaha.com, dokterbisnis.net dan lain sebagainya.

Yang terpenting jangan menggunakan simbol atau angka dalam memilih domain. Karena akan membuat orang kesulitan mencari blog Anda.

Setelah Anda mendapatkan nama domain yang tepat. Selanjutnya Anda tinggal mengecek nama domain yang anda pilih di penyedia hosting seperti Hostinger.co.id. Jika domain tersebut tersedia, Anda bisa sekalian membeli paket hosting di sana.

Jika Anda menyewa paket hosting premium atau bisnis minimal satu tahun. Anda berhak mendapatkan domain gratis. Hal ini tentunya akan membuat Anda lebih hemat. Bagi Anda yang masih pemula didunia blog. Memilih paket premium sebenarnya sudah cukup untuk membantu kegiatan blogging Anda.

Selain mendapatkan domain gratis. kelebihan paket hosting dari Hostinger ini antara lain disk space dan bandwidthnya unlimited atau tak terbatas. Selain itu Anda juga mendapat SSL gratis yang berguna untuk mengamankan data web Anda.

Kelebihan lain yang ditawarkan tentu saja jika Anda ingin membuat dua blog atau lebih. Anda tidak perlu menyewa hosting lagi karena di paket premium, website yang Anda buat tak terbatas.

Untuk masalah harga jangan khawatir. Paket premium sudah bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 23.489/bulan atau lebih murah lagi per tahun yakni Rp 491.975 dengan bonus tambahan domain gratis.

5. Konfigurasi Blog

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan platform blogging Anda. Karena yang paling populer adalah wordpress. Lebih baik Anda menggunakan platform tersebut.

Setelah proses instalasi selesai, Anda tinggal menkonfigurasi blog. Tentu Anda akan bingung jika baru pertama kali melihat dashoard wordpress.

Tapi jangan berkecil hati, ada banyak tutorial-tutorial di internet yang dapat membantu Anda dalam mengatur berbagai hal yang diperlukan supaya blog Anda bisa beroperasi dengan baik. Mulai dari setting awal, penggunaan plugin dan lain-lain.

6. Mendesain Blog

ilustrasi desain blogSetelah konfigurasi blog selesai, kini saatnya Anda untuk mendesain tampilan blog Anda. Buatlah desain blog yang menarik tapi simpel agar pembaca betah berlama-lama menelusuri blog Anda.

Di wordpress sendiri ada banyak theme gratis yang bisa Anda pergunakan. Untuk seorang pemula, sebenarnya theme gratis sudah cukup. Namun, jika Anda ingin memiliki desain blog yang bagus. Anda bisa membeli theme yang premium.

Ada beberapa kelebihan theme premium dibanding yang gratisan diantaranya mudah di instal dan lebih SEO friendly karena memang dirancang untuk desktop dan mobile.

Anda perlu tahu bahwa sekarang ini hampir 80% keatas, akses ke internet lebih banyak menggunakan smartphone. Sehingga Anda harus betul-betul memilih theme blog yang bisa menunjang secara mobile.

7. Mulailah Menulis Konten

Setelah proses konfigurasi dan desain blog selesai. Langkah selanjutnya ialah segera menerbitkan konten atau artikel. Bagi sebuah blog, konten adalah raja. Jadi, jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog, maka Anda harus bisa menerbitkan konten secara kontinu.

Artinya Anda harus konsisten dalam membuat konten yang bermanfaat bagi para pembaca. Jika ingin lebih cepat mendapatkan uang dari blog Anda. Sebisa mungkin terbitkan minimal 1 artikel per hari selama tiga bulan pertama. Hal ini diperlukan agar blog Anda lebih cepat terindex oleh situs pencarian.

Namun jika Anda tidak mampu jangan dipaksakan. Daripada Anda membuat banyak artikel tapi kualitasnya jelek atau malah hasil copy paste. Lebih baik Anda membuat 1-2 artikel per minggu yang kualitasnya bagus. Dengan begitu, kesempatan untuk bisa merangsek halaman satu di situs pencarian lebih mudah

Baca juga : 8 cara mendapatkan uang dari Instagram

8. Mencari Pembaca Pertama

Blog yang baru Anda buat tidak serta merta langsung mendapatkan pengunjung. Meskipun artikel yang Anda tulis memiliki kualitas yang bagus. Biasanya butuh 3-6 bulan agar konten atau artikel Anda bisa masuk halaman satu google. Sehingga Anda harus mencari cara lain untuk bisa mendapat pembaca pertama Anda.

Salah satu caranya ialah mempromosikan blog anda di forum atau media sosial. Bergabunglah di situs forum online seperti kaskus, yahoo answer Indonesia atau komunitas publisher Indonesia. Selanjutnya mulailah untuk berkomentar, mengenal sesama anggota forum dan berusaha berpartisipasi secara aktif.

Misalnya dengan menjawab permasalahan dari sesama anggota forum yang terkait dengan topik blog. Setelah merasa cukup memberikan konstribusi. Barulah anda memperkenalkan blog anda. Karena merekalah yang akan menjadi pembaca pertama anda nantinya.

Jadi, jangan hanya fokus membangun blog. Jika anda ingin sukses dan bisa menghasilkan uang dari blog. Sebaiknya segera cari cara untuk dapat pengunjung.

9. Bangun Kedekatan dengan Pembaca

komentar pengunjungSetelah blog Anda mulai ramai pengunjung. Entah dari google, media sosial atau pun komunitas forum online. Mulailah mendekati para pembaca Anda. Terutama saat mereka berkomentar di blog Anda.

Apapun yang mereka tanyakan. Sebisa mungkin balas komentar dari mereka. Walaupun komentar mereka hanya sebatas menyukai artikel Anda.

Jika mereka bertanya dan meminta solusi. Jangan diabaikan dengan hanya membalas komentar secara singkat. Jawablah setiap permasalahan mereka dengan penyelesaian terbaik dan mendetail. Sehingga mereka puas dengan jawaban dari Anda.

Dengan begitu, mereka mungkin akan menyebarkan informasi tentang blog Anda. Sehingga tanpa disuruh pun, para pengunjung akan rela membagikan konten Anda pada orang lain.

Simak juga : 9 cara menghasilkan uang dari Facebook

10. Mulailah Menghasilkan Uang dari Blog

Seperti yang saya bilang. bahwa untuk menghasilkan uang dari blog membutuhkan waktu yang lama. Minimal Anda bisa mendatangkan 500-1000 pengunjung per hari. Barulah Anda bisa mendapatkan uang dari blog.

Lalu apa saja sumber penghasilan dari blog? Secara umum ada banyak cara untuk mendapatkan uang lewat blog. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Pasang Iklan

Memasang iklan seperti Pay per click (PPC) adalah cara paling umum dan banyak digunakan blogger pemula dalam menghasilkan uang dari blog. Di Indonesia sendiri penyedia PPC paling populer adalah Google Adsense.

Untuk mendaftar di Google Adsense pun sangat mudah. Asalkan blog Anda memenuhi syarat, maka Anda akan diterima menjadi publisher Google Adsense. Agar bisa mendapat penghasilan yang tinggi. Pengunjung atau trafik blog Anda juga harus tinggi.

Jika tidak, akan sulit bagi Anda untuk bisa gajian sebulan sekali dari Google Adsense. Karena batas pembayaran dari Adsesnse minimal harus mencapai $100. Selain adsense, Anda juga bisa mendaftar di KlikSaya, MGID dan masih banyak yang lain.

b. Program Afiliasi

Selain pasang iklan, program afiliasi juga menjadi favorit para blogger dalam meraup pendapatan dari blog. Hal ini mengingat metodenya cukup mudah dan penghasilannya pun bisa lebih besar dibandingkan iklan PPC.

Cara kerja afiliasi ialah Anda mempromosikan produk milik orang lain. Dan ketika ada orang membeli produk tersebut lewat link yang Anda peroleh dari penyedia afiliasi. Maka Anda akan mendapat sejumlah komisi sesuai yang disepakati.

Sebagai contoh komisi yang disepakati dari penjualan satu produk Rp 20.000. Jika blog Anda mampu mendatangkan 100 konsumen dalam sebulan. Maka Anda bisa menghasilkan Rp 2 juta. Sangat mudah bukan.

c. Menyediakan Tempat Iklan Mandiri

Hampir mirip dengan iklan PPC, untuk bisa mendapatkan uang dari iklan mandiri, blog Anda juga harus memiliki trafik tinggi. Untuk pembayarannya sendiri Anda tidak perlu menunggu seperti halnya iklan PPC atau Afiliasi.

Uang akan langsung masuk ke kantong Anda setelah Anda memasangkan banner iklan sesuai permintaan pengiklan. Anda juga bisa menentukan sendiri biaya dari setiap iklan yang tayang di blog Anda.

d. Menjual Produk

Secara umum produk yang dijual oleh seorang blogger tidak akan jauh-jauh dari konten artikel. Misalnya seperti menjual Ebook. Produk seperti ini memang memakan waktu dalam pembuatannya karena Anda harus melakukannya dengan teliti.

Namun, jika ingin Ebook Anda laku keras. Produk tersebut sebaiknya harus sesuai dengan topik blog Anda. Misalnya Anda membahas tentang manajemen keuangan. Maka ebook yang Anda jual bisa seputar tentang cara mengatur keuangan, cara berinvestasi dan lain sebagainya.

e. Menyediakan Jasa atau Layanan

Cara lain untuk menghasilkan uang dari blog ialah menyediakan jasa atau layanan. Misalnya jasa penulisan artikel, bimbingan belajar, penerjemah online, konsultasi keuangan dan lain-lain.

Agar menarik minat klien, sebaiknya Anda harus bisa menunjukkan keahlian Anda. Salah satu caranya dengan membuat konten seputar keahlian Anda tersebut. Contohnya saja jika Anda menerima jasa pembuatan artikel. Postinglah beberapa contoh konten yang Anda buat sehingga bisa menarik minat para klien.

Sebenarnya masih banyak cara dapat uang lewat blog seperti menyediakan program membership, mengadakan event, menjadi pembicara seminar dan masih banyak yang lain. Namun, untuk cara-cara tersebut mungkin masih belum bisa dilakukan oleh blogger pemula.

Menghasilkan uang dari blog bisa dikatakan tidak mudah. Jika Anda tipe orang yang ingin mendapatkan uang dengan cepat. maka, blog tidak cocok untuk Anda. Lebih baik membuka toko online atau menjadi dropship dimana ketika Anda bisa menjual produk. Maka Anda langsung bisa mendapatkan uang.

2 Responses to Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog untuk Pemula

  1. Methode berkata:

    Sangat luar biasa sekali..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *