cara riset produk terlaris

Cara Riset Produk Terlaris Yang Dilakukan Pebisnis Sukses

Pebisnis sukses mengawali bisnisnya dengan perencanaan matang. Salah satunya ialah meluangkan waktu untuk menemukan produk yang banyak dicari oleh calon konsumennya. Nah, seperti apa cara riset produk terlaris yang ditempuh olehnya?

Apapun model bisnis yang Anda jalankan, itu tidak akan jalan jika Anda tidak temukan produk yang laris. Produk yang bagus disertai dengan cara marketing yang keren akan membuat bisnis Anda berkembang.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui rahasia dari pebisnis dalam menemukan produk yang tepat, Anda beruntung telah sampai ke tempat kami. Kami akan mengulas sedikit cara yang bakalan berguna untuk menentukan produk yang akan dijual lebih mudah dengan keuntungan besar.

Pentingnya Riset Produk Bagi Pelaku Bisnis

Riset produk begitu penting bagi Anda yang terjun ke dunia bisnis. Baik itu bisnis dengan model konvensional atau modern seperti jualan online.

Kepentingan dari riset ini tidak lain untuk memaksimalkan sebuah peluang. Pelakunya tidak asal membuka usaha. Kemudian kesulitan dalam melakukan pemasaran.

Sebaliknya, riset ini menggambarkan betapa dibutuhkannya produk tersebut. Ketika Anda menyediakannya, orang akan mempertimbangkannya. Orang akan berkunjung, serta melakukan pembelian produk tersebut tanpa keraguan.

Riset juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan hasil penjualan. Anda juga mampu memperkirakan hasil penjualan. Karena Anda mengetahui besar kecilnya permintaan yang ada di sekitar.

Berbeda jika tidak memahami permintaan, produk tersebut hanya sebatas dimiliki. Lantas, sulit sekali dijual. Bahkan bila produk ini sudah diatur harga jualnya ke titik terendah.

Selain itu, riset produk akan membantu dalam melakukan penyusunan strategi pemasaran. Anda mampu menentukan metode pemasaran yang sesuai. Tujuannya supaya penjualan produk terus mengalami kemajuan.

Menyadari pentingnya riset, sudah seharusnya Anda melakukannya sebelum membuka usaha. Lalu, bagaimana cara riset produk terlaris tersebut?

Cara Riset Produk Terlaris Secara Manual

Untuk mengetahui produk terlaris di internet, Anda bisa menempuh berbagai cara. Cara yang ditempuh kali ini terbilang cukup mudah. Dan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet. Di antara caranya adalah sebagai berikut.

1. Melalui Google Trend

Diketahui bahwa Google memberikan gambaran tentang informasi apapun yang banyak dicari oleh pengguna internet. Salah satunya ialah informasi mengenai produk paling dicari oleh konsumen.

Data ini diambil dari setiap pengetikan kata kunci sekaligus besar kecilnya volume pencarian di tiap bulannya. Bahkan, ini juga bisa memberikan gambaran tentang grafik kenaikan atau penurunan dari hasil pencarian produk tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengetahui produk terlaris, masuklah ke Google trends. Di sini, lakukan pengaturan sederhana. Yakni mengatur target Indonesia atau global. Kemudian, atur pula pencarian bulanan.

Setelah itu, masukkan nama produk atau kata kuncinya. Dari sini, Anda akan menemukan seperti apa perilaku pengguna internet terkait produk tersebut. Yakni apakah mengalami kenaikan tajam atau tidak.

2. Melalui Marketplace

Cara riset produk terlaris yang kedua bisa dengan memanfaatkan situs marketplace. Anda tentunya bisa menentukan situs mana yang akan digunakan. Misalnya saja Shopee yang sampai sekarang menjadi marketplace paling popular di Indonesia. Silahkan masuk ke dalamnya. Bahkan, Anda pun bisa menjual barang import di Shopee.

Di sini, Anda hanya memerlukan kolom pencarian yang ada di situs tersebut. Ketiklah kata kunci produk yang akan dicari. Maka, Anda akan melihat puluhan produk yang dijual oleh berbagai macam penjual.

Pada saat yang sama, manfaatkan fitur sortir yang terdapat dalam halaman tersebut. Saring data penjualan dari yang terbesar ke data terkecil. Hasilnya akan terlihat sempurna.

Anda akan menemukan beberapa produk yang terjual cukup banyak pada posisi teratas. Anda tinggal melihat besar kecilnya penjualan yang dilakukan oleh penjual. Lihat apakah sudah mencapai ratusan atau ribuan.

Data ini setidaknya akan menjelaskan bahwa produk yang berada di atas memiliki potensi terjual bila Anda sediakan. Tentunya, Anda juga perlu memperhatikan harganya. Tujuannya agar tidak menetapkan harga terlalu berlebihan sampai di atas harga yang ditetapkan di situs tersebut.

Cara Riset Produk dengan Aplikasi

Cara riset produk terlaris yang selanjutnya ini merupakan alternative paling bagus. Anda hanya perlu memanfaatkan aplikasi. Aplikasi ini bernama Risetic.

Aplikasi ini akan mengambil seluruh data penjualan dari berbagai marketplace hanya dalam hitungan menit. Informasi ini akan terekam jelas. Dan Anda hanya perlu menentukan jenis produk yang dinilai cocok untuk dijual kembali.

Kelebihan dari aplikasi ini ialah bisa mempersingkat waktu pencarian produk. Anda bisa melakukannya dalam hitungan menit. Hasilnya cukup akurat sehingga Anda bisa segera menjalankan bisnis.

Berbeda jika Anda riset produk secara manual. Anda setidaknya perlu waktu sekitar 2-3 hari untuk memastikannya. Dan Anda harus jeli supaya tidak keliru dalam memutuskannya.

Untuk kekurangannya, aplikasi ini tidak bisa digunakan secara gratis. Penggunanya perlu membeli supaya bisa memanfaatkannya. Untuk harganya bisa diperiksa langsung di situs penyedia aplikasi tersebut.

Bila Anda memang ingin segera menjalankan bisnis, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi. Data yang dibutuhkan akan cepat ditemukan. Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya seperti menyediakan toko maupun mengatur strategi pemasaran.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan sebelum memulai bisnis. Temukan produk yang tepat agar bisnis mampu berkembang lebih cepat. Mengenai cara riset produk terlaris ini, Anda bisa memilih mode gratis atau berbayar seperti dijelaskan di atas.

Previous Post
mental pengusaha sukses
Bisnis Online

Mental Pengusaha Sukses Yang Harus Dimiliki Setiap Pebisnis

Next Post
tips menjadi customer service
Bisnis Online

Tips Menjadi Customer Service yang Selalu Bikin Closing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *