Cara Setrika Baju yang Benar Agar Rapi dan Tak Kusut

ilustrasi cara setrika baju

Cara Setrika Baju yang Benar – Memakai baju yang terlihat kusut dan tidak rapi tentu akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi jika Anda sedang pergi ke luar rumah. Pastinya Anda ingin tampil dengan baju bersih dan rapi. Agar baju tampak rapi dan tidak kusut, tentunya Anda harus menyetrikanya terlebih dahulu. Hanya saja sudah capek-capek nyetrika, tetap saja bajunya kembali kusut dan berlipat-lipat.

Memang untuk mendapatkan hasil setrikaan yang bagus dan rapi tidaklah mudah, apalagi kegiatan menyetrika sangatlah membosankan karena memakan waktu lama dan bikin capek. Tapi kalau pakaian di biarkan pun malah semakin menumpuk. Solusinya Anda bisa memanfaatkan jasa laundry untuk menyetrika baju Anda. Sehingga Anda tidak perlu capek-capek lagi mencuci dan menyetrika.

Hanya saja tidak semua pakaian hasilnya akan bagus ketika dilaundry. Terkecuali jika Anda memilih tempat laundry yang berkualitas. Tapi kembali lagi ke masalah finansial, karena mencuci ditempat laundry yang bagus, harga yang dikeluarkan pun cukup mahal. Kalau sesekali sih mungkin tidak menjadi masalah, namun jika terus menerus tentu akan menjadi pemborosan untuk keuangan Anda.

Baca juga : 19 rahasia sukses usaha laundry kiloan dengan modal kecil

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda menyetrika baju Anda sendiri di rumah. Ada beberapa cara setrika baju yang praktis dan mudah untuk Anda terapkan. Sehingga dapat menyetrika pakaian dengan cepat namun hasilnya bagus.

Berikut ini cara setrika baju yang benar agar baju kelihatan rapi dan tidak kusut

1. Diawali dengan Mencuci Baju dan Menjemur yang Benar

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menyetrika baju tentu saja Anda harus mencucinya terlebih dahulu. Terlepas Anda mencuci menggunakan tangan atau pun mesin cuci, sebaiknya jangan terlalu keras dalam memeras baju semisal Anda mencuci secara manual menggunakan tangan.

Begitu pun ketika Anda menggunakan mesin cuci, Jangan terlalu banyak menumpuk pakaian saat memasukkannya ke pengering. Hal ini bertujuan agar pakaian Anda tidak terlalu kusut.

Selanjutnya pada tahap penjemuran, sebaiknya Anda kibas-kibaskan terlebih dahulu untuk mengurangi kusut pada baju. Pastikan baju dalam kondisi kering secara sempurna. Kering pada bagian baju luar dan dalam secara merata.

Hal ini akan lebih memudahkan dalam penyetrikaan pakaian tanpa mengalami kendala apapun. Hindari menyetrika pakaian yang masih sedikit basah sebab dapat mengakibatkan bau dan kerusakan pada kain baju.

2. Memisahkan Baju

Hal kedua yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memisahkan baju-baju yang akan di setrika. Ada beberapa jenis baju yang sebenarnya tidak perlu di setrika. Beberapa diantaranya adalah pakaian dalam, celana jeans, kaos oblong yang ada gambar sablon dan celana pendek yang biasanya dilipat saja sudah rapi. Namun tidak masalah jika Anda tetap ingin menyetrikanya.

Selanjutnya pisahkan pakaian sesuai dengan bahan yang digunakan misalnya bahan sintetis seperti nilon, akrilik, oliester dan bahan campuran seperti katun, campuran wol, linen dan lain-lain.

Pemisahan bahan baju diperlukan karena ada beberapa bahan baju yang harus di setrika dalam temperatur suhu rendah, sedang dan tinggi.

3. Mempersiapkan Tempat dan Peralatan untuk Menyetrika

Agar Anda betah berlama-lama dalam menyetrika pakaian, sebaiknya Anda sediakan tempat khusus untuk menyetrika pakaian Anda. Sebaiknya sediakan meja berukuran sedang sebagai tempat untuk setrika pakaian. Anda bisa menggunakan meja tinggi sehingga Anda bisa menyetrika sambil duduk di kursi atau meja rendah jika Anda merasa nyaman menyetrika sambil duduk di lantai.

Selanjutnya siapkan peralatan lengkap untuk menyetrika dan taruh di dekat meja setrikaan agar Anda tidak bolak-balik mengambil peralatan tersebut.

Beberapa peralatan menyetrika yang harus ada diantaranya

  • Setrika
  • Kain
  • Pewangi pakaian
  • Gantungan baju

Ada berbagai macam setrika yang bisa Anda pergunakan. Apakah Anda mau menggunakan setrika biasa atau setrika uap. Namun yang paling direkomendasikan setrika merk Phillips yang sangat awet dan bandel. Harga alat setrika merk Phillips sekitar Rp 900 ribu.

Untuk kain, sebaiknya gunakan kain yang halus sebagai alas untuk setrikaan Anda. Kalaupun tidak ada, Anda bisa menggunakan sarung atau selimut tipis sebagai ganti untuk alas.

4. Mulailah Menyetrika Sesuai dengan Pakaian yang Sudah Dipisahkan

Dalam pengaturan di setrika ada 3 macam, yakni suhu rendah, sedang dan tinggi. Sebaiknya cara setrika baju bisa Anda mulai dengan suhu terendah terlebih dahulu untuk menyetrika pakaian berbahan polyester, nilon dan akrilik.

Setelah pakaian berbahan diatas selesai, Anda bisa menaikkan suhu sedang untuk menyetrika pakaian berbahan katun, campuran wol atau polyester katun. Jika sudah beres, barulah Anda menyetrika pakaian tebal berbahan linen atau yang 100% katun.

Menggunakan suhu pada setrika sangatlah penting untuk menjaga baju agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Kalau Anda menyetrika pakaian berbahan nilon dengan suhu panas, pakaian tersebut malah akan cepat rusak.

5. Teknik Menyetrika Berbagai Model Pakaian

Menyetrika pakaian membutuhkan teknik tertentu agar rapi namun praktis. Beberapa teknik yang bisa Anda coba diantaranya:

Menyetrika Kemeja

Ada teknik tertentu agar kemeja terlihat rapi setelah di setrika. Yang pertama adalah setrika kerahnya terlebih dahulu. Anda bisa mengawali dengan menyetrika bagian tengah kerah menuju ke pinggiran baju. Gosok kerah baju ke kiri dan ke kanan sampai terlihat rapi dan kusutnya hilang.

Selanjutnya Anda bisa menyetrika bagian tengah baju mulai dari pundak sampai ke bawah. Agar hasilnya bagus, ulangi pada sisi baliknya agar kusutnya benar-benar hilang.

untuk bagian lengan, silahkan gosok baju mulai dari pundak kemudian turun ke bawah sampai pergelangan tangan. Agar kemeja Anda tidak kusut setelah disetrika, sebaiknya langsung pasang gantungan baju dan simpan di gantungan lemari.

Menyetrika Celana

Cara setrika celana sebenarnya lebih mudah ketimbang menyetrika baju. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menggosok kantongnya terlebih dahulu setelah dibalikkan kantong bagian dalam keluar.

Selanjutnya Anda bisa menyetrika pada bagian pinggang. Untuk bagian yang satu ini, Anda tidak perlu menggosoknya, cukup tekan saja setrika selama beberapa detik. Setelah terlihat rapi, barulah Anda setrika bagian paha sampai ke bawah.

Anda tidak perlu menggosok, karena malah akan meninggalkan bekas setrikaan. Lebih baik tekan setrika pada celana dan tahan dalam beberapa detik sampai lipatannya hilang. Jika Anda ingin membentuk lipatan, Anda bisa menggosokkan ujung setrika untuk membentuk garis lipatan di celana.

Menyetrika Kaos

Menyetrika kaos lebih mudah daripada menyetrika kemeja maupun celana. Anda bisa menyetrika bagian lengan terlebih dahulu. Setelah rapi baik bagian depan dan belakang, Selanjutnya Anda bisa menyetrika bagian depan kaos terlebih dahulu.

Kalau ada sablonnya, sebaiknya hindari dan tidak perlu di setrika. Rapikan saja dengan tangan jika ada kerutan. Setelah bagian depan selesai, Anda bisa menyetrika bagian belakang.

Lipat kaos yang sudah terlihat rapi. Jika lemari Anda tersedia ruang untuk menggantung baju, akan lebih baik jika digantung saja.

Itulah cara setrika baju agar tetap rapi dan enak untuk dikenakan. Menyetrika memang pekerjaan yang membosankan, namun demi untuk menjaga penampilan Anda, lebih baik agar baju Anda tetap dalam kondisi rapi dan wangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *