Inilah Pentingnya Anda Harus Punya Perencanaan Keuangan

inilah pentingnya anda harus punya perencanaan keuanganMempunyai perencanaan keuangan mungkin masih menjadi hal yang belum banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini wajar terjadi mengingat pengetahuan orang tentang pengelolaan keuangan masih kurang. Hanya segelintir orang saja dari ratusan juta penduduk Indonesia yang mempunyai pengetahuan dan mempraktekkan perencanaan keuangan dengan baik yang mana sangat penting untuk merubah kualitas hidup disisi finansial.

Jangan beranggapan bahwa mengatur keuangan yang baik hanya dilakukan oleh orang kaya atau mereka yang memiliki gaji tinggi saja. Anda yang berpenghasilan pas-pasan juga perlu perencanaan yang matang soal keuangan. Jangan sampai pendapatan yang anda peroleh cuma numpang lewat di rekening tanpa ada sisa sama sekali.

Apakah anda menghendaki hal ini terjadi terus-menerus? Mau sampai kapan? Sampai anda tua dan baru sadar bahwa dihari tua anda tidak memiliki apa-apa sama sekali. Usia tua adalah saat dimana anda seharusnya sudah memperbanyak istirahat dan menikmati hasil kerja keras anda dimasa muda. Bukan malah sibuk kerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Anda tentu tidak menginginkannya bukan. Oleh sebab itu, ketika anda sudah bekerja dan memiliki pendapatan tetap. Alangkah baiknya jika anda tahu dan paham kemana uang anda selama ini anda gunakan. Sudahkah anda alokasikan untuk tabungan atau investasi? Atau malah menghabiskan penghasilan anda untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu penting?

Jelas sudah bahwa sangat penting bagi anda untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik agar anda siap untuk menghadapi masa tuan anda.

Perencanaan Keuangan Sebagai Cara untuk Mencapai Tujuan Keuangan yang Jelas

perencanaan keuangan membantu tujuan keuangan anda

Perencanan keuangan pastinya tidak akan lepas dari tujuan keuangan itu sendiri. Apapun yang menjadi tujuan keuangan anda, hal inilah yang akan membantu untuk menentukan kearah mana pendapatan anda akan dialokasikan.

Jika anda sudah memiliki tujuan keuangan yang jelas, secara otomatis anda akan termotivasi untuk menjaga kondisi keuangan anda agar selalu stabil dan sehat tentunya. Sehingga anda memiliki rencana yang matang untuk masa depan. Setidaknya anda pasti memiliki tujuan atau impian. Misalnya saja dua tahun harus punya rumah sendiri, lima tahun kedepan bisa beli mobil atau merencanakan untuk investasi tanah dan property. Jika anda sudah memiliki anak, rencanakan juga masa depan anak anda dengan membeli asuransi pendidikan anak agar masa depannya terjamin.

Maka dari itu, tujuan keuangan yang jelas memiliki peran penting dalam kehidupan anda. Karena jika anda terlena dan tidak memiliki target yang jelas, anda akan menyesal dikemudian hari. Jika perencanaan keuangan anda sudah berjalan dengan baik, tujuan keuangan sedikit demi sedikit pasti akan tercapai. Kedua hal ini memang saling berhubungan dan saling mendukung satu sama lain.

Baca juga : 8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

Perencanaan Keuangan Juga Membantu Anda Keluar dari Krisis Finansial

perencanaan keuangan membantu keuar dari krisis

Selain memberikan tujuan keuangan yang jelas, perencanaan keuangan yang baik dan teliti juga dapat membantu anda keluar dari krisis secara finansial. Jadi, jangan beranggapan bahwa pengelolaan keuangan hanya berlaku bagi mereka yang bekerja dibidang keuangan atau karyawan sebuah perusahaan saja. Anda yang berpenghasilan pas-pasan pun wajib untuk bisa menyusun rencana keuangan anda. Supaya anda memiliki tujuan masa depan yang jelas serta bisa keluar dari krisis finansial.

Mungkin anda pernah mengalami kejadian dimana anda kehabisan uang dipertengahan bulan. Padahal anda menerima gaji penuh dan tidak punya tagihan yang memberatkan. Jika sudah demikian, akhirnya anda terpaksa mengambil tabungan (jika ada). Parahnya ketika anda tidak memiliki tabungan, maka anda terpaksa berhutang untuk menutupi kebutuhan disisa bulan.

Selama pengaturan keuangan anda buruk, kejadian seperti ini akan anda alami terus-menerus sampai hutang anda menumpuk. Coba anda barangkan, bekerja siang malam dan menerima gaji rutin tiap bulan namun tidak tahu kemana gaji anda habiskan. Jangankan punya tabungan, anda malah terlilit banyak hutang.

Jika anda ingin keluar dari krisis tersebut, sebaiknya mulailah menyadari kesalahan anda. Belajarlah untuk mengatur pendapatan anda dengan baik. Cari tahu kenapa gaji anda sampai tidak cukup untuk satu bulan. Setelah anda mengetahui permasalahannya, mulailah untuk mengurangi kebutuhan yang tidak terlalu penting seperti belanja pakaian, nonton bioskop, makan diluar dan lain-lain.

Cobalah jalani gaya hidup hemat yang mana selain bagus untuk membina kepribadian juga akan membantu anda keluar dari krisis finansial. Tentunya dengan diimbangi perencanaan keuangan yang baik.

Baca juga : 11 Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat Dan Aman

Lakukanlah Evaluasi Secara Berkala agar Perencanaan Keuangan Berhasil

Dalam setiap kegiatan, pastinya kita membutuhkan evaluasi untuk mengecek hasil kegiatan tersebut. Apakah berhasil dan berjalan dengan lancar ataukah mengalami kendala dan masih banyak kekurangan. Begitu juga dengan perencanaan keuangan anda. Percuma anda memiliki tujuan keuangan jika anda tidak memonitor secara berkala jalannya perencanaan anda tersebut.

Hal ini agar tujuan keuangan yang anda canangkan bisa tercapai seperti yang anda harapkan. Jangan sampai rencana hanya tinggal rencana tanpa sebuah realisasi yang jelas dan konsisten. Karena hal ini hanya akan membuat tujuan keuangan anda berantakan.

Melakukan evaluasi secara berkala dapat membantu anda untuk mengetahui berbagai hambatan atau kendala selama anda menjalankan rencana keuangan. Tujuan keuangan anda jadi lebih terkontrol sehingga anda bisa melihat apa saja yang sudah anda capai dan juga apa saja permasalahan yang dapat mengganggu perencanaan finansial anda.

Dari setiap permasalahan yang muncul, anda jadi tahu dan segera mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut agar tujuan yang anda rencanakan diawal bisa tercapai sesuai dengan yang anda kehendaki.

Baca juga : Pengen Kaya? Mulailah Dengan Tinggalkan 11 Kebiasaan Buruk Ini

Itulah pentingnya seseorang harus memiliki perencanaan keuangan. Selain agar anda memiliki tujuan yang jelas. Anda akan menjadi lebih berhati-hati dalam menggunakan uang agar kondisi finansial anda bisa terkontrol dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...