Mengenal Analisis SWOT, Pengertian, Manfaat dan Contohnya

ilustrasi mengenal analisis SWOT

Siapa sih yang tidak mengenal analisis SWOT? Pastinya setiap orang minimal pernah mendengarnya baik di bangku sekolah, perguruan tinggi, buku, majalah dan sumber referensi lainnya.

Ada banyak manfaat mempelajari dan mengenal analisis SWOT terutama dalam dunia bisnis. Entah itu Anda sedang mencoba merintis usaha atau sedang memajukan usaha Anda. Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap mengenai analisis SWOT, silahkan baca terus artikel ini.

Mengenal Analisis SWOT dan Pengertiannya Secara Bahasa

Untuk lebih memahami apa itu analisis SWOT sangat mudah. Anda cukup melihatnya secara bahasa. Analisis SWOT adalah akronim atau kependekan kata dari :

  • Strengths atau kekuatan
  • Weaknesses atau kekurangan
  • Opportunities atau kesempatan (peluang)
  • Threats atau ancaman.

Dari situlah jelas, analisis SWOT berasal dari bahasa Inggris karena ditemukan oleh ilmuwan-ilmuwan barat.

Contoh Penerapan Analisis SWOT

Pada dasarnya analisis SWOT dapat dipergunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Baik itu dalam bidang organisasi terkecil sampai yang terbesar.

Namun ilmu atau strategi ini umumnya dipergunakan pada suatu perusahaan, bisnis, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk memajukan usaha lebih berkembang lagi dan bisa berjaya terus.

Contoh Penerapan Analisis SWOT pada Toko Besi

Contoh penerapan analisis SWOT pernah saya lihat di toko besi didaerah tempat tinggal saya. Dimana ada sebuah toko besi dan bahan bangunan yang ramai oleh pembeli.

Jika dianalisis menggunakan analisis SWOT. Maka toko ini mempunyai Strengths atau kekuatan dalam kelengkapan barang.

Seperti menjual berbagai jenis dan ukuran pipa. Menyediakan berbagai ubin dari berbagai merk dan ukuran, menyediakan kursi atau ruangan tunggu yang nyaman, pelayanan cepat karena jumlah pelayan dan kasir banyak dan lain sebagainya.

Harga yang ditawarkan lebih murah sedikit dari pesaing di sekitarnya. Dengan dua kekuatan ini toko besi ini laris manis diserbu orang.

Baca juga : 7 tips jitu memilih jenis usaha

Penjelasan Lengkap Analisis SWOT

manfaat analisis SWOTBerikut ini pemaparan lengkap penerapan analisis SWOT pada suatu perusahaan, antara lain:

1.Strengths atau kekuatan

Dalam mengenal analisis SWOT, bagian pertama yang dipakai pada proses analisa SWOT yaitu kekuatan atau strengths. Dengan komponen ini, sobat dapat menyaksikan kelebihan atau kekuatan dari sebuah perusahaan.

Dengan kekuatan ini akan mampu meningkatkan daya saing dan kemajuan suatu perusahaan. Sehingga sebuah perusahaan akan berupaya untuk menjaga kekuatan dan menambah atau meningkatkan kekuatan baru lainnya untuk mampu bersaing dengan kompetitor yang ada.

Apabila Anda memiliki sebuah perusahaan pastinya harus menggunakan analisis SWOT. Apa saja kekuatan dari perusahaan Anda? Seperti harga yang lebih murah, pengiriman cepat, produk lengkap dan lain sebagainya.

Lihat pula kekuatan perusahaan lawan dari segi harga, pelayanan, kelengkapan dll. Semakin banyak kekuatan perusahaan tersebut maka semakin unggul perusahaan bersangkutan.

Dan peperangan akan semakin mudah dimenangkan oleh perusahaan yang mempunyai amunisi kekuatan super banyak.

Baca juga :7 tips jitu pengelolaan keuangan usaha

2. Weaknesses atau kelemahan

Setelah melihat kekuatan, faktor selanjutnya yang harus dilihat adalah kelemahan. Apa yang menjadi kelemahan perusahaan tersebut?

Misalkan harga yang lebih mahal, tempat tidak strategis, halaman parkir tidak luas, barang tidak lengkap, dll. Bagi perusahaan Anda yang memiliki sejumlah kelemahan maka dapat menghambat kemajuan sebuah usaha.

Sebaliknya kelemahan dari perusahaan pesaing bisa menjadi peluang bagi perusahaan Anda untuk berkembang lebih besar lagi tanpa pesaing berarti.

3. Opportunities atau peluang (kesempatan)

Sesudah menganalisis sebuah usaha dari segi kekuatan dan kelemahan maka berikutnya yang dilihat dari analisa SWOT adalah komponen Opportunities. Dalam arti suatu kondisi yang memberikan sebuah peluang dan kesempatan sebesar-besarnya bagi suatu perusahaan untuk berkembang lebih besar lagi.

Misalkan adanya inovasi yang reguler. Bentuk opportunities saat ini sangat banyak. Mengingat dunia terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Terutama dalam sektor teknologi informasi, komunikasi dan digitalisasi.

Sebagai contoh dalam hal jualan baju online. Dimana saat ini yang sedang populer adalah jualan hijab secara online. Sehingga kesempatan emas bagi Anda untuk berjualan hijab yang pastinya akan laris manis apabila Anda memilih bidang usaha busana atau fashion.

Baca juga : cara melihat peluang usaha di sekitar kita

4. Threats atau ancaman

Bagian paling akhir dari analisis SWOT adalah threats yang disebut juga ancaman. Yaitu situasi kondisi yang menjadi ancaman keberlangsungan usaha Anda. Misalkan saat ini bisnis konvensional mulai beralih ke bisnis online.

Sehingga setiap perusahaan yang tidak melengkapi dengan bisnis online akan kalah dengan perusahaan pesaing. Oleh sebab itu, ancaman ini merupakan tantangan bagi usaha tersebut untuk melengkapinya dengan bisnis online.

Ancaman ini jika tidak di antisipasi dan dicarikan solusinya bisa menjadi ancaman berlangsungnya bisnis Anda. Ancaman pada sebuah perusahaan akan selalu ada. Mengingat dunia ini dinamis.

Dan orang ingin mendapatkan sesuatu yang baru. Sangat mungkin terjadi hari ini sebuah produk laku keras. Dan pada keesokan hari tidak laku. Ancaman ini bisa diubah menjadi peluang.

Misalkan trend saat ini sedang maraknya hijab. Sehingga Anda bisa membuka usaha busana muslim hijab.

Manfaat Analisa SWOT

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya mengenal analisis SWOT mempunyai banyak manfaat bagi sebuah perusahaan untuk memajukan usahanya lebih pesat lagi.

Bisnis apapun seperti bisnis fashion, hijab, makanan, minuman, jasa, perdagangan dll bisa dilihat menggunakan analisis SWOT. Misalkan Anda mempunyai perusahaan busana.

Maka Anda bisa melihat kekuatan dan kekurangan usaha Anda. Terus bisa melihat potensi atau kesempatan emas untuk menjual busana hijab yang sedang trend dan hits saat ini.

Simak juga : 6 tahapan membuat perencanaan bisnis

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Salah seorang ahli manajemen perusahaan, David Fred R berpendapat bahwa analisis SWOT adalah :

1. Kekuatan atau strengths

Yaitu semua sumber daya yang dipunyai oleh sebuah perusahaan dalam bentuk apapun. Seperti sumber daya manusia atau SDM, sumber daya alam (SDA), soft skill, keterampilan, keahlian, dan kelebihan lainnya yang dipunyai oleh perusahaan dikaitkan dengan kompetitor dan keperluan pasar.

Keunggulan-keunggulan inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan dan meningkatkan pasar.

2. Kelemahan atau weakness

Sama seperti manusia pastinya sebuah perusahaan ada yang namanya kekurangan atau kelemahan yang dimilikinya.

Baik itu kelemahan dalam sumber daya manusia, sumber daya alam, lemah dalam finansial perusahaan, lemah dalam soft skill pegawainya, karyawan pemasaran yang lemah mental dan kurang pandai berdiplomasi, fasilitas yang kurang, keterampilan dan inovasi yang lemah dan lain sebagainya.

Kelemahan tersebut bisa menjadi ancaman bagi perusahaan tersebut.

3. Kesempatan atau peluang (opportunities)

Setiap manusia mempunyai kesempatan untuk berkembang. Begitu pula dengan sebuah perusahaan. Ada saja beberapa peluang atau kesempatan untuk berkembang lebih besar lagi dan lebih menguntungkan perusahaan.

Misalkan adanya media internet yang meliputi media sosial, marketplace, blog, toko online dan SEO dalam rangka memperluas pangsa pasar hingga ke seluruh dunia.

Baca juga : cara promosi produk paling efektif

4. Ancaman atau Threats

Ancaman adalah suatu kondisi yang tidak menguntungkan bagi sebuah perusahaan dan mengancam keberlangsungan usaha. Hal ini terbalik dengan Opportunities atau peluang yang memberikan kesempatan keuntungan.

Contoh Threats atau ancaman perusahaan adalah adanya aturan baru dari pihak supplier atau pemerintah yang merugikan pengusaha, perubahan teknologi, perubahan trend media sosial dan lain-lain.

Fungsi Analisis SWOT

Yang menjadi bahan pertanyaan sekarang ini adalah apa fungsi analisis SWOT? Berdasarkan penuturan para ahli bahwa analisis SWOT berfungsi untuk menganalisis dan menyaksikan suatu masalah dalam suatu perusahaan.

Atau memetakan masalah dari empat aspek yakni kekuatan, kelemahan, kesempatan dan berbagai ancaman sehingga mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Anda bisa melihat kekuatan dan menemukan kelemahan perusahaan Anda. Kekuatan adalah sesuatu yang menguntungkan bagi usaha sehingga harus ditambah dan ditingkatkan.

Sebaliknya kelemahan adalah sesuatu yang wajib Anda hindari dan perkecil sehingga perusahaan dapat berkembang lebih besar lagi dan menguntungkan. Analisis SWOT yang dipakai untuk menganalisa perusahaan sangat bermanfaat untuk mengetahui apa saja yang tidak tampak dari bisnis Anda.

Pendek kata, mengenal analisis SWOT lebih dalam akan sangat berguna untuk meningkatkan atau menambah kekuatan perusahaan Anda dan mengurangi kelemahan bisnis Anda.

Selain itu, dapat mengurangi ancaman yang ada dan mengambil kesempatan secara baik untuk lebih meningkatkan laba perusahaan.

Contohnya yang menjadi kelemahan perusahaan Anda adalah tim pemasaran yang kurang memiliki soft skill yang baik. Hal ini bisa mengancam keberlangsungan bisnis Anda.

Sebab pesaing sangat mungkin ada yang mempunyai kekuatan dalam tim marketing yang handal dan dibekali soft skill yang baik. Oleh sebab itu, untuk membenahinya maka Anda bisa memberikan pelatihan kepada tim marketing tentang cara menjual yang baik beserta soft skill menjual yang baik dan benar.

Mengenal analisis SWOT tentunya memberikan keuntungan bagi Anda dalam membangun bisnis. Sehingga Anda akan lebih tahu strategi yang tepat untuk memajukan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *