tips menjadi customer service

Tips Menjadi Customer Service yang Selalu Bikin Closing

Tips menjadi customer service profesional sangat penting untuk Anda ketahui. Mengingat customer service merupakan garda terdepan dari kegiatan operasional dalam suatu perusahaan.

Pesatnya perkembangan teknologi internet berimbas pada persaingan usaha yang semakin ketat. Lalu, setiap perusahaan  dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen untuk mendukung penjualan yang bagus.

Dan perusahaan yang bagus, pasti memiliki customer service  yang profesional. Jadi, bagaimana caranya agar Anda bisa menjadi CS profesional?

Seberapa Penting Seorang CS?

Mengapa Anda harus tahu apa itu definisi pelayanan? Dikarenakan CS merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan kepada konsumen.

Ternyata, pelayanan yang diberikan kepada konsumen sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu perusahaan. Bahkan, sering dijadikan acuan untuk mengukur kepuasan konsumen.

Jadi, setiap perusahaan harus bisa memberikan pelayanan yang baik, bermutu dan berkualitas kepada pelanggannya.

Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang tanggap dan tanggapan terhadap kritik, saran dan keluhan konsumen. Nah, adanya kritik, saran dan keluhan dari konsumen inilah yang akan memotivasi perusahaan untuk bisa bekerja lebih baik.

Pelayanan akan dikatakan baik, apabila mampu memberikan kepuasan terhadap konsumen dengan standar yang telah ditetapkan. Kepuasan adalah penilaian konsumen tentang produk atau pelayanan setelah membandingkan harapan dengan kinerja aktual produk.

Yang perlu Anda tahu, kepuasan tiap orang berbeda-beda. Mengapa? Hal ini dikarenakan kepuasan adalah sifat manusia yang bersifat kualitatif. Selain itu, customer service juga harus tahu bagaimana teknik closing agar konsumen tidak hanya tanya tapi membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Jadi, jangan heran jika ada dua orang yang membeli produk dengan jenis yang sama, tapi keduanya akan mendapatkan kepuasan yang berbeda.

Tugas dan Fungsi dari Customer Service

Customer service adalah sebuah posisi jabatan di suatu perusahaan tertentu yang memiliki tugas memberikan pelayanan dan kepuasan kepada konsumen.

Selain itu, customer service juga bertugas memberikan informasi, serta menyelesaikan keluhan tentang produk yang dihadapi oleh konsumennya.

Pada intinya, customer service berperan sebagai jembatan antara pemiliki bisnis atau perusahaan dengan konsumen.

Nah, dalam praktiknya sebelum Anda menjalankan tips menjadi customer service profesional, maka Anda harus memahami tugas dan fungsi customer service berikut ini:

1. Sebagai Receptionist

Seorang customer service biasanya berada pada posisi frontliner yang bertugas menerima tamu yang datang, baik secara online maupun offline.

Jadi, seorang customer service harus memiliki sikap ramah dan sopan. Selain itu, juga harus memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang perusahaan tempatnya bekerja, baik tentang produk, layanan dan fasilitas yang tersedia.

2. Sebagai Komunikator

Selain menjadi penerima tamu, customer service harus bisa menjadi seorang komunikator. Yaitu menjadi penghubung antara perusahaan dengan konsumen.

Selain itu, customer service juga bertugas untuk menampung berbagai keluhan dari konsumen yang berkaitan dengan bisnis perusahaan.

3. Sebagai Customer Relation Officer

Selanjutnya, customer service harus bisa membina hubungan baik dengan semua konsumen di perusahaan. Caranya bisa dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik, ramah, sopan dan menyenangkan.

Hal ini dikarenakan baik buruknya suatu perusahaan bisa tercermin melalui kinerja customer service dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya.

Tips untuk Menjadi Customer Service Profesional

Berikutnya akan membahas beberapa tips menjadi customer service profesional. Jika Anda ingin menjadi seorang customer service atau bahkan sedang bekerja sebagai customer service yang profesional, maka simak  beberapa tips dibawah ini.

Pertama, mau meningkatkan kemampuan komunikasi. Hal yang paing utama harus dimiliki oleh seorang customer service adalah memiliki skill  berkomunikasi yang baik.

Nah, jika Anda ingin menjadi customer service yang professional, maka Anda bisa memulainya dengan memperbaiki artikulasi dan pengucapan.

Sebagai customer service, sebaiknya Anda harus menguasai beberapa bahasa asing, dikarenakan konsumen yang datang kepada Anda bisa berasal  dari mana saja.

Kedua, memahami spesifikasi produk dengan baik. Sebagai customer service kemampuan pelayanan yang baik harus diimbangi dengan pengetahuan yang mumpuni tentang spesifikasi produk yang ditawarkan perusahaan Anda.

Setiap konsumen pasti akan bertanya tentang produk yang akan dibeli kepada customer service. Lalu, bagaimana jika sebagai customer service Anda tidak menguasai produk yang dijual?

Jawabannya hanya satu. Sebagai customer service, Anda harus belajar secara detil tentang spesifikasi produk yang akan dijual. Jadi, saat konsumen bertanya, Anda tidak bingung dalam memberikan penjelasan.

Ketiga, selalu fokus pada tujuan. Seorang customer service harus selalu fokus pada tujuan dalam mencapai kepuasan customer.

Sebagai customer service, Anda harus memastikan bahwa konsumen Anda sudah puas dengan pelayanan yang Anda berikan atau belum.

Jadi, tidak ada lagi alasan dengan menganggap customer Anda malas untuk memperpanjang urusan atau menyelesaikannya, sehingga kebutuhan customer Anda tidak dipuaskan dengan baik.

Keempat, mengikuti tes mengukur kemampuan. Setelah Anda mempelajari banyak hal, maka Anda juga harus mengukur seberapa jauh kemampuan Anda sebagai customer service.

Misalnya, dengan mengikuti beberapa tes yang disediakan oleh Freshdesk. Tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan Anda dalam memuaskan konsumen menggunakan Freshdesk.

Dengan melakukan tes menggunakan Freshdesk, Anda akan memperoleh beberapa keuntungan seperti, mengukur pengetahuan, belajar lebih jauh tentang Fresdesk, sebagai booster karir dan memperlihatkan kemampuan yang dimiliki.

Itulah ulasan tentang tips menjadi customer service yang profesional. Jika Anda ingin menjadi customer service profesional, maka jalankan beberapa tips di atas. Pilih peluang bisnis yang tepat untuk Anda jalankan lalu siapkan CS dengan skill mumpuni. Biarkan bisnis jalan dan Anda bisa jalan-jalan.

Previous Post
cara riset produk terlaris
Bisnis Online

Cara Riset Produk Terlaris Yang Dilakukan Pebisnis Sukses

Next Post
teknik closing
Bisnis Online

Menerapkan Teknik Closing Agar Konsumen Segera Membeli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *