Tips Usaha Laundry Sepatu yang Sukses dengan Modal Kecil

ilustrasi usaha laundry sepatu

Jasa laundry sepatu mungkin masih jarang ada di daerah. Tidak seperti jasa laundry pakaian yang sudah marak belakangan ini. Hal ini tentu saja menjadi peluang usaha baru bagi Anda yang sedang mencoba merintis usaha. Selain persaingan yang masih minim, usaha laundry sepatu ini hanya membutuhkan modal yang kecil.

Jika dilihat dari peluangnya, perkembangan bisnis laundry sepatu akan terus meningkat. Terutama di daerah perkotaan dengan masyarakatnya yang sibuk dan tidak punya waktu untuk mencuci sepatu mereka.

Lalu apa saja langkah untuk bisa memulai usaha laundry sepatu dengan modal kecil?

1. Siapkan Modal

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah modal. Ada dua pilihan jika Anda ingin membuka usaha pencucian sepatu. Yang pertama adalah cara manual dan yang kedua menggunakan mesin cuci sepatu. Jika Anda memilih mesin cuci, maka Anda harus merogoh kocek agak dalam karena harga mesin cuci sepatu ini lumayan mahal.

Mesin cuci sepatu dengan kapasitas 5 kg dihargai sekitar Rp 10 juta per setnya. Belum termasuk pengering sepatu, deterjen, dan peralatan lain. Nah, jika Anda memilih cara manual, modal yang Anda keluarkan hanya sekitar Rp 500 ribuan saja.

Modal Usaha Laundry Sepatu Yang Harus Disiapkan :

1. Sikat sepatu untuk mencuci : Rp 25.000
2. Sikat sepatu untuk memoles : Rp 25.000
3. Deterjen pembersih sepatu : Rp 30.000
4. Pengering sepatu elektrik: Rp 200.000
5. Pewangi sepatu: Rp 80.000
6. Semir sepatu hitam dan putih : Rp 40.000
7. Kantong sepatu plastik : Rp 20.000
8. Ember untuk mencuci : Rp 15.000
9. Banner promosi : Rp 100.000

Total modal : Rp 535.000

Ini adalah modal minimal jika Anda ingin membuka bisnis laundry sepatu, belum termasuk sewa tempat. Sebenarnya Anda bisa saja memulainya hanya dengan bermodal sikat, deterjen, dan pewangi saja. Namun pengerjaan pencucian sepatu Anda akan berjalan lebih lama.

Simak juga : 12 peluang usaha modal 500 ribuan

Beli Mesin Laundry Sepatu Atau Tidak?

Jika Anda berniat ingin membeli mesin laundry sepatu, tentu saja Anda harus melihat modal Anda. Berapa banyakkah modal yang Anda miliki dan berapa lama kira-kira Anda sanggup untuk balik modal.

Jika mengecek harganya di marketplace, Anda akan mendapati harga mesin laundry sepatu dijual mulai harga sekitaran 10 juta rupiah. Namun ada produk lokal juga yang dijual senilai 5 juta rupiah. Jika Anda memiliki cukup uang maka Anda bisa membelinya.

Analisa Prospek Usaha Cuci Sepatu

Salah satu hal yang mungkin sering ditanyakan ketika akan memulai usaha adalah apakah usaha tersebut akan laku atau tidak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Jasa laundry sepatu sendiri memiliki potensi yang lumayan bagus. Karena belum banyak orang yang membuka bisnis ini. Namun hal tersebut tergantung dimana Anda membuka usaha.

Jika Anda membuka usaha di desa dimana daya beli masyarakat rendah dan juga tidak banyak dari mereka yang menggunakan sepatu. Kemungkinan usaha Anda tidak akan berkembang.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus membuka usaha Anda di lokasi yang masyarakatnya sibuk, modern, dan tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mencuci sepatunya sendiri. Bisa di kota besar atau di daerah dekat dengan kampus dan perkantoran.

Selain lokasi, hal yang sangat penting dan sangat berpengaruh bagi lakunya sebuah usaha adalah bagaimana cara promosi Anda. Jika Anda melakukan promosi dan strategi pemasaran yang benar maka usaha Anda akan berkembang dengan bagus.

Baca lebih lanjut tentang cara melakukan riset pasar yang benar

Pelajarilah Cara Membersihkan Sepatu yang Baik

ilustrasi usaha cuci sepatuKetika Anda membuka usaha ini, maka Anda harus bisa mencuci sepatu dengan berbagai macam kotoran. Mulai dari kotoran yang tidak bandel hingga kotoran yang sangat bandel. Mulai dari mencuci sepatu biasa hingga sepatu yang mahal dan membutuhkan perlakuan khusus.

Anda harus mempelajari hal ini karena kualitas adalah salah satu hal yang terpenting dalam bisnis jasa. Anda bisa belajar cara membersihkan sepatu yang baik dengan melihat tutorialnya di Youtube. Baik menggunakan mesin cuci maupun menggunakan cara manual.

Pemilihan Lokasi Bisnis Laundry Sepatu

Salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan ketika membuka sebuah usaha adalah mencari tempat. Jika rumah Anda sudah strategis, maka Anda tidak perlu mencari tempat untuk di sewa. Namun jika rumah Anda tidak strategis Anda harus menyewa tempat dekat dengan target konsumen Anda.

Lalu di manakah seharusnya usaha laundry sepatu berada?

Tempat strategis untuk membuka usaha ini adalah di kota besar yang penduduknya sibuk, rata-rata menggunakan sepatu dan memiliki daya beli tinggi.

Untuk mengecek kepadatan penduduk Anda bisa menggunakan Google Map versi satelit. Sedangkan untuk mengecek apakah penduduknya sibuk atau tidak. Anda bisa melihat seberapa ramai kendaraan di sana pada pagi hari saat berangkat bekerja dan sore hari ketika pulang kerja. Daerah kampus dan perkantoran juga termasuk wilayah yang strategis untuk membuka usaha cuci sepatu.

Bagaimana cara mengecek daya beli masyarakat?

Anda bisa melihat kemampuan beli masyarakat dengan melihat rumah-rumah mereka. Jika kebanyakan rumah adalah rumah yang bertembok dan keramik, maka kemungkinan besar mereka memiliki daya beli yang cukup bagus.

Baca lebih lanjut tentang tips memilih lokasi usaha laundry yang strategis

Teknik Promosi Usaha Laundry Agar Bisa Ramai

Tahukah Anda Apakah sebenarnya yang membuat sebuah usaha ramai? Apakah kualitas? Ataukah harga yang murah?

Sebenarnya bukan keduanya. Banyak orang yang memiliki produk dan jasa yang kualitasnya bagus namun tetap sepi saja usahanya. Ada juga orang yang memberikan harga yang murah, namun usahanya tetap saja sepi.

Lalu apa sebenarnya kunci utama agar usaha Anda bisa ramai?

Jawabannya adalah cara promosi yang baik, yang pasti harus didukung dengan kualitas yang bagus dan harga yang masuk akal.

Semakin bagus promosi Anda, maka akan semakin banyak orang yang mengenal dan tahu akan bisnis laundry Anda, dan semakin banyak orang yang tahu maka akan semakin banyak pula kemungkinan orang akan memakai jasa Anda.

Ada beberapa promosi yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah

1. Kerjasama dengan pemilik usaha laundry pakaian

Anda bisa mempromosikan usaha Anda di usaha laundry pakaian. Karena biasanya orang yang melaundry pakaian tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaiannya. Anda bisa menawarkan pemilik usaha laundry pakaian untuk memberikan diskon pada pelanggannya jika mencuci sepatu pada Anda. Anda juga bisa membuka usaha di samping laundry pakaian yang ramai.

Simak juga : 19 rahasia sukses usaha laundry kiloan

2. Promosikan secara online dan offline

Anda harus mempromosikan dan mengenalkan usaha Anda secara rutin dan terus menerus supaya semakin banyak orang yang tau usaha Anda.

Hal ini juga akan membuat mereka melihat promosi Anda berkali-kali. Ini akan membuat mereka mengingat usaha Anda dan jika mereka ingin melaundrykan sepatunya, maka nama laundry andalah yang akan dia ingat.

Promosi offline bisa dilakukan dari mulut ke mulut dan juga menggunakan banner yang besar. Banner sangat penting bagi usaha Anda. Penggunaan banner yang tepat bisa memancing orang yang lewat untuk melihat dan membaca apa yang Anda tawarkan. Dan jika mereka tertarik, mereka akan mencucikan sepatu mereka pada Anda.

Pastikan menggunakan banner dengan ukuran yang besar dan bisa dibaca salam waktu 5 detik atau kurang. Pastikan penawaran Anda juga menarik, hal ini digunakan untuk menarik konsumen baru.

Promosi online bisa Anda lakukan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Pastikan Anda memposting gambar dengan kualitas yang bagus dan menarik. Postinglah secara rutin, sertakan juga alamat Anda dan nomor yang bisa dihubungi dengan lengkap. Jadi orang bisa langsung menghubungi Anda jika tidak bisa menemukan tempat Anda.

Selalu Pastikan Kualitas Pelayanan yang Bagus dan Cepat

Salah satu hal yang penting juga untuk diperhatikan adalah kualitas pelayanan yang cepat. Konsumen menginginkan cuci sepatu yang bisa kering dalam satu hingga dua hari.

Makin cepat cara Anda mencuci sepatu, maka mereka akan semakin puas dengan pelayanan Anda. Pastikan Anda juga memperhatikan kebersihan sepatu tersebut. Jangan sampai ada konsumen yang komplain dengan hasil cucian Anda.

Usaha laundry sepatu memiliki potensi yang cukup besar dikarenakan belum banyak yang mencoba bisnis ini. Jika Anda berminat, cobalah membukanya dengan modal kecil terlebih dahulu. Jika nanti sudah memiliki banyak pelanggan, Anda bisa membeli mesin cuci khusus sepatu sehingga usaha Anda menjadi lebih professional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *