11 Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal untuk Pemula

ilustrasi memulai bisnis properti dari nol

Saat ini bisnis properti merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Anda bisa melihat sendiri semakin banyak properti yang didirikan. Entah itu properti dalam bentuk ruko maupun rumah pribadi. Perkembangan ini bukan hanya terjadi di kota besar saja. Di kota lain yang sedang berkembang pun sudah mulai banyak pembangunan properti. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis properti.

Selama ini masih banyak orang yang berpikir bahwa untuk memulai bisnis properti membutuhkan modal yang besar. Memang benar, apalagi jika properti tersebut seperti komplek perumahan. Dimana pengusaha yang memiliki modal tinggal membeli tanah kemudian mendirikan bangunan setelah mendapatkan perijinan.

Namun untuk Anda yang tidak memiliki modal. Anda perlu tahu bahwa sebenarnya tidak selamanya bisnis properti harus dengan modal yang besar. Bahkan ada sebagian orang yang bisa memulai bisnis ini tanpa modal. Anda bisa mulai merintis usaha sendiri dari nol dengan berperan sebagai perantara atau makelar properti. Disebut tanpa modal karena memang modal utama dalam menjalankan bisnis ini hanyalah kemampuan Anda untuk berbicara.

Walaupun begitu Anda tetap harus memperhatikan faktor-faktor lainnya. Lantas bagaimana cara memulai bisnis properti tanpa modal yang baik? Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan lengkap bagaimana cara memulai bisnis properti bagi pemula.

Berikut cara memulai bisnis properti tanpa modal yang bisa Anda jalankan mulai dari sekarang sebagai usaha sampingan.

1. Memulainya dari Nol

Ketika Anda memulai bisnis properti benar-benar dari nol, maka hal tersebut bisa menjadi keuntungan bagi Anda. Salah satunya Anda tidak akan mengalami kerugian. Walaupun tentunya Anda juga tidak akan pernah lepas dari yang namanya kegagalan.

Oleh sebab itu, Anda harus fokus dan terus berusaha mencari properti yang bisa Anda tawarkan. Karena Anda memang tidak menggunakan modal sama sekali. Semakin lama Anda berkecimbung dalam bisnis properti. Tentunya semakin tinggi pula keahlian Anda dalam menjalankan bisnis ini.

Anda harus bisa membuktikan bahwa tidak selamanya bisnis yang dimulai dari nol tidak bisa sukses. Ketika Anda sudah berhasil meraih kesuksesan. Maka perasaan puas akan keberhasilan Anda tentu tidak ada tandingannya.

Baca juga : 7 Ide usaha tanpa modal yang menguntungkan

2. Memulai dari Lingkungan Anda Sendiri

Cara memulai bisnis properti selanjutnya bisa Anda amati dari lingkungan di sekitar Anda terlebih dahulu. Biasanya dalam sebuah lingkungan kerap kali menjumpai orang yang ingin membeli atau menjual rumahnya. Dari situlah Anda bisa ikut nimbrung dalam pembicaraan mereka.

Jika memungkinkan Anda bisa menanyakan lebih detail lagi mengenai rumah seperti apa yang di inginkan. Dari sini Anda bisa belajar untuk memulai bisnis properti dan menjalankannya. Akan lebih baik jika Anda berhasil mencarikan rumah sampai dapat. Karena hal tersebut akan membuat Anda mulai bisa dipercaya.

3. Rajin Melihat Iklan

ilustrasi mencari calon pembeli propertiSeperti yang kita ketahui saat ini sudah banyak sekali media yang memuat iklan-iklan properti. Dengan kata lain Anda dapat belajar mencarikan kebutuhan konsumen melalui iklan-iklan yang ada. Anda bisa mencari sumber iklan tersebut melalui internet, koran, papan iklan dan lain-lain.

Terutama iklan di koran-koran daerah tempat tinggal Anda. Yang mana pasti ada informasi tentang properti yang akan dijual. Di sinilah kesempatan Anda untuk mendapatkan sebuah informasi apa saja yang sedang di cari orang. Sehingga Anda bisa memasarkan properti yang sedang dijual tersebut kepada kerabat atau teman Anda yang membutuhkan.

Dalam melakukan hal ini Anda bisa mematok harga sedikit lebih tinggi, sehingga jika terjual Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan.

Baca juga : 12 peluang usaha modal 500 ribu

4. Mencari Calon Penjual

Pada dasarnya hal ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Dimana dengan mendapatkan sebuah informasi dari internet, koran atau papan iklan dijalan. Anda bisa mencari klien atau penjual properti.

Tapi sebelum itu pastikan bahwa Anda sudah menjalin kerjasama dengan calon pembeli. Sehingga barang yang Anda inginkan nantinya tidak sia-sia. Untuk mencari calon penjual sendiri bisa dilakukan dengan cara mendatangi pameran properti atau lokasi perumahan yang ada di dekat Anda.

Dalam hal ini lokasi sangat berpengaruh sekali terhadap harga jual. Untuk itu galilah informasi selengkap mungkin agar calon pembeli merasa puas dengan kinerja Anda.

5. Tawarkan Kerjasama

ilustrasi makelar propertiSetelah Anda menemukan calon penjual, cara bisnis properti selanjutnya yaitu mulai menawarkan kerjasama. Dan akan lebih baik jika Anda menuliskan kerjasama tersebut dalam secarik kertas perjanjian. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang mengalami kerugian.

Manfaatkan kerjasama ini sebaik mungkin untuk menggali lebih dalam mengenai rumah yang akan dijual. Setelah Anda mendapatkan informasi yang cukup, segera cari calon pembeli. Keahlian marketing dan memasarkan produk di sini sangat penting sekali.

Salah satunya tidak memasang harga yang terlalu tinggi, karena biasanya penjual seperti developer sudah memberikan komisi tersendiri untuk Anda.

Baca juga : 10 cara mudah melihat peluang usaha baru di sekitar kita

6. Kedepankan Kejujuran

Mengedepankan kejujuran menjadi faktor penting dalam bisnis properti. Sebenarnya bukan hanya properti saja sih. Semua bisnis juga membutuhkan kejujuran dalam menjalankannya. Apalagi seperti bisnis properti yang Anda mulai tanpa modal sepersen pun.

Anda harus bisa menjaga kepercayaan klien Anda baik itu penjual atau pembeli. Karena disini posisi Anda sebagai makelar. Ketika Anda berbohong dan menimbulkan kekecewaan bagi klien, maka akan sulit bagi mereka untuk mempercayai Anda kembali.

Tapi sebaliknya, jika Anda bersikap jujur pada setiap transaksi yang Anda lakukan. Maka mereka akan terus mempercayai Anda karena bagaimanapun keberadaan Anda sangat mempermudah proses jual beli properti.

Sehingga tanpa diminta pun mereka akan merekomendasikan Anda jika ada keluarga dan teman mereka yang membutuhkan atau ingin menjual properti.

7. Bangun Hubungan yang Baik dengan Klien

Modal menjadi makelar properti selain harus pandai berbicara, juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan klien. Baik itu penjual atau pun calon pembeli. Hubungan yang baik dengan penjual bisa dilakukan dengan sikap keterbukaan dalam hal komisi untuk penjualan properti.

Misalnya Anda menginginkan komisi 5 % dari harga yang ditetapkan penjual. Maka Anda harus memberitahukan dari awal pada mereka. Sehingga tidak menimbulkan rasa kecewa bagi kedua belah pihak.

Hal ini juga berlaku bagi pihak pembeli. Semisal ada orang yang yang minta tolong pada Anda untuk mencarikan properti. Anda bisa memberitahu dia tentang besaran komisi yang Anda inginkan. Dengan begitu hubungan baik akan tetap terjalin antara Anda dan klien.

Baca lebih lanjut tentang 5 strategi membangun jaringan bisnis

8. Membuat Merk Usaha

Jika bisnis yang Anda jalankan sedikit demi sedikit sudah mulai terkenal dan lancar. Anda bisa membuat sebuah merk usaha sendiri. Hal ini akan menambah daya tarik dan rasa percaya orang untuk menggunakan jasa Anda. Dalam membuat sebuah merk usaha, pastikan bahwa nama yang digunakan mudah untuk di ingat.

Selain itu Anda harus mendaftarkan usaha ini secara hukum. Agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Karena memang banyak pembeli yang mencari merk perusahaan ternama dan terpercaya.

Memang untuk membuat merk usaha ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika dirasa anggaran Anda masih kurang. Jangan memaksakannya terlebih dahulu. Karena kedepannya juga akan berpengaruh untuk kelangsungan bisnis Anda.

9. Membuat Website untuk Promosi

ilustrasi cara mempromosikan propertiSalah satu cara efektif memulai bisnis properti adalah dengan cara memasarkannya di media online. Sudah bukan hal asing lagi, jika pengguna media sosial saat ini sangatlah banyak. Anda bisa membagikan informasi seputar layanan Anda melalui media sosial seperti Facebook atau Twitter.

Disamping itu, Anda juga bisa membuat sebuah website untuk memperluas jangkauan bisnis Anda. Apalagi saat ini website bisa dibuat secara gratis melalui platform website gratisan seperti WordPress.com atau Bloger.com.

Tampilkanlah profil Anda selengkap mungkin. Mulai dari informasi kontak sejelas-jelasnya. Jangan sampai Anda memberikan kontak yang tidak bisa dihubungi. Selain itu pastikan bahwa Anda sudah memposting properti yang ingin Anda jual secara lengkap.

Baca juga :cara mudah mendapatkan uang dari blog

10. Mencari Karyawan

Dalam perkembangannya setiap usaha juga akan mengalami kemajuan atau pun kemunduran. Namun jika Anda serius dalam menjalankan usaha ini pastinya usaha Anda akan semakin besar dan ramai. Anda tidak selamanya bisa bekerja sendirian. Tentunya Anda membutuhkan bantuan orang lain dalam mencari calon pembeli dan penjual.

Nah dalam hal ini Anda bisa mencari seseorang yang bisa dipercayai untuk menjadi partner atau karyawan Anda dalam menjalankan bisnis ini. Pertama-tama Anda bisa mengajak kerabat atau teman Anda.

Selain untuk mengembangkan usaha lebih baik, mempekerjakan karyawan juga akan mengajarkan Anda bagaimana cara mengelola sebuah perusahaan dengan baik.

11. Sisihkan Keuntungan

Poin terakhir dalam menjalankan bisnis properti yaitu Anda harus pandai dalam pengelolaan keuangan usaha. Salah satunya yaitu dengan cara menyisihkan keuntungan yang Anda dapatkan.

Mungkin banyak orang sukses diluar sana, namun nyatanya masih sedikit orang yang bisa mengembangkan keuntungan agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang. Jika Anda ingin memiliki sebuah bisnis yang besar, maka mulai sekarang Anda harus bisa menyisihkan sebagian keuntungan untuk di tabung.

Akan lebih baik lagi jika Anda menyisihkan uang tersebut untuk berbagi dengan orang yang kurang mampu. Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan dan kerugian, malah sebaliknya Anda akan mendapat balasan dua kali lipat.

Jadi itulah poin-poin penting dalam memulai bisnis properti yang harus Anda perhatikan. Sebuah kesuksesan tidak di dapat dari hal instan, ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui. Seberat apapun rintangan yang di hadapi, jangan pernah mencoba menyerah. Selalu bekerja keras dari sebuah kegagalan akan menuntun Anda menjadi orang yang sukses. Dan bisnis properti inilah jalan pembuka yang bisa Anda coba untuk sebuah bisnis yang menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *