20 Cara Melupakan Mantan Terindah dengan Cepat dijamin Sukses

ilustrasi cara melupakan mantan dengan cepatMemiliki pacar terindah pastilah akan membuat Anda bahagia. Tapi berbeda jika memiliki mantan terindah, tentunya hati akan terasa sakit. Meskipun sudah putus lama, tapi tetap saja sulit untuk move on darinya. Semua kenangan indah bersamanya membuat Anda sulit menemukan cara melupakan mantan pacar Anda yang mungkin saja sudah tidak mengingat-ingat Anda.

Hal seperti ini sudah menjadi resiko ketika Anda memutuskan untuk berpacaran dengan seseorang. Jangankan Anda yang baru berpacaran, mereka yang sudah menikah pun banyak mengalami perceraian dalam rumah tangga.

Penyebab putusnya suatu hubungan pasti karena suatu sebab. Tapi yang pasti akan ada salah satu pihak atau mungkin kedua-duanya merasakan patah hati. Terlebih jika masih ada rasa cinta didalam hati. Sulit rasanya untuk bisa melupakan masa-masa indah bersamanya.

Lalu bagaimana cara melupakan mantan dengan cepat agar Anda bisa segera move on?

Beberapa orang yang depresi karena cinta sering melakukan perbuatan yang salah sebagai upaya melupakan mantannya. Misalnya saja seperti minum alkohol sampai mabuk atau mengkonsumsi narkoba. Perbuatan seperti ini jelas salah dan malah akan memperburuk keadaan Anda.

Untuk itu, cari jalan keluar yang baik agar Anda segera move on dari mantan Anda. Jika Anda tidak tahu caranya, saya akan membagikan secara gratis bagaimana cara melupakan seseorang yang terus membayangi Anda.

Berikut 20 cara melupakan mantan terindah dengan cepat agar Anda bisa segera bangkit.

1. Jangan Terlalu Memaksa Untuk Terus Melupakannya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan berusaha melupakan mantan. Karena semakin Anda berusaha melupakannya, maka ingatan itu akan semakin jelas di kepala Anda. Yang Anda butuhkan sebenarnya bukanlah melupakan mantan. Namun segera bangkit dan terbebas dari rasa sakit hati yang membelenggu.

Sebenarnya sakit hati tersebut bisa sembuh kok seiring berjalannya waktu, Waktu recovey biasanya tergantung pada seberapa parah rasa patah hati yang dialami dan apa saja usaha yang dilakukan untuk menyembuhkan diri dalam waktu setelah putus.

Paling cepat biasanya sakti hati akan sembuh dalam waktu 1 bulan dan paling lama bisa setahun bahkan lebih. Oleh sebab itu, jangan terlalu memaksa untuk melupakannya. Biarkan saja mengalir seperti air sampai akhirnya tiba pada titik Anda benar-benar dapat melupakannya.

Simak juga : Tips agar disukai pria idaman

2. Hindari Hal-Hal yang Membuat Anda Teringat Kepadanya

Meskipun Anda tidak harus memaksa untuk berusaha melupakannya mati-matian, bukan berarti Anda berdiam diri tanpa melakukan apa-apa. Setidaknya Anda harus mencoba untuk tidak mengingat-ingat dia agar cepat melupakan mantan Anda tersebut.

Karena jika Anda terus mengingat-ingat tentangnya, hati Anda malah akan semakin sakit. Ujung-ujungnya Anda hanya dapat menyesali kenapa hubungan Anda dengannya harus berakhir.

Memang ingatan indah bersamanya tidak serta merta akan hilang begitu saja. Namun jika Anda tidak berusaha untuk menghindarinya, maka ingatan tersebut akan terus membekas dihati Anda. Hal itu tentunya akan membuat Anda sulit untuk melupakan mantan tersayang.

3. Jangan Hanya Fokus Pada Kenangan Indah Bersamanya

ilustrasi cara move on dari mantanAgar Anda tidak ingat terus dengannya, sebaiknya jangan terlalu fokus dengan memori indah yang Anda lalui bersamanya. Karena ketika Anda terlalu fokus dengan kenangan indah bersamanya, maka bayangannya tidak akan lepas dari Anda.

Hal ini tentu akan membuat Anda kesulitan untuk melupakan mantan dengan cepat. Anda akan terus terbayang hari-hari indah bersamanya. Entah saat pertama kenalan, saat lagi PDKT, hari dimana kalian jadian atau kegiatan yang kalian lakukan sama-sama.

Terkadang hal tersebut malah akan membuat Anda selalu berharap agar bisa balikan lagi sama dia. Sementara dia belum tentu mengharapkan hal yang sama.

Baca juga : 9 Tips ampuh cari pasangan hidup yang tepat untuk Anda

4. Ingat Saja Kekurangan yang Ada Padanya

Daripada hanya fokus dengan kenangan indah dengannya, lebih baik Anda ingat-ingat saja apa yang menjadi kekurangannya ketika masih berpacaran. Meskipun Anda menganggapnya seorang yang sempurna sekalipun, pastilah ada fisik, sifat atau karakternya yang tidak Anda sukai.

Mungkin dia orangnya cerewet, posesif, cemburuan, matre, emosian atau sifat jelek lainnya. Atau Anda juga bisa mengingat kekurangan fisik yang ada padanya. Misalnya dia orangnya pendek, terlalu kurus, gemuk, tidak cantik dan lain sebagainya.

Bayangkan seumpama Anda terus bersamanya dan pada akhirnya menikah. Bisa jadi sifat yang tidak Anda sukai tersebut akan menyebabkan banyak pertengkaran dalam rumah tangga Anda.

Mengingat kekurangannya bukan berarti Anda lebih baik darinya. Namun hal tersebut setidaknya akan membuat Anda berpikir ulang jika ingin balikan atau mengharap cintanya lagi.

5. Ingat Juga Penyebab Kalian Putus

Jika sampai saat ini Anda tidak dapat melupakan mantan pacar, berarti sampai sekarang masih ada rasa cinta dihati Anda. Terlepas hal apapun yang membuat hubungan Anda dengannya berakhir.

Tapi tetap ada penyebab putusnya hubungan tersebut. Bisa jadi itu karena kesalahan Anda sendiri atau mungkin kesalahan mantan Anda. Yang jelas sampai sekarang Anda pun masih memiliki rasa cinta terhadapnya.

Nah, cara melupakan mantan pacar Anda agar cepat ialah dengan mengingat penyebab kalian putus. Misalnya dia telah mengkhianati Anda dengan berselingkuh. Hal itu jika di ingat-ingat memang akan terasa sakit, namun setidaknya dapat membantu Anda untuk melupakan memori indah bersamanya. Sehingga Anda akan lebih cepat move on dari mantan pacar Anda.

Simak juga : 10 Alasan pria selingkuh dibelakang Anda

6. Untuk Saat Ini, Tidak Usah Menghubunginya Lagi

Meskipun Anda saat ini masih menjalin hubungan baik dengannya, sebaiknya untuk saat ini tidak perlu menghubunginya dulu. Memang benar Anda tetap harus menjalin kontak dan berkomunikasi meskipun sudah putus, tapi mungkin Anda melakukannya karena Anda masih berharap bisa balikan lagi.

Tetap berkomunikasi dengannya untuk saat ini hanya akan membuat Anda terus berharap saja. Sementara dia sendiri sudah tidak menginginkan Anda dan mungkin sudah punya pilihan lain. Lebih baik sekarang Anda berusaha menjauhinya terlebih dahulu. Ketika nanti Anda sudah benar-benar melupakan mantan Anda, barulah Anda bisa mengontak dia lagi.

Bagaimana jika mantan Anda adalah teman sekolah atau bahkan sekelas?

Wah kalau ini pasti agak repot. Karena bagaimanapun Anda akan bertemu dengannya setiap hari. Tapi setidaknya Anda tidak perlu terlalu dekat dengannya jika membuat hati Anda sakit. Jauhi dia untuk sementara waktu dan anggap saja dia seperti teman-teman sekolah Anda lainnya.

7. Jangan Menyendiri Dikamar Terus-Terusan

ilustrasi berdiam diri dikamarSalah satu tempat yang memberikan rasa sakit hati adalah kamar Anda sendiri. Karena dulu saat Anda masih berpacaran dengannya, di dalam kamarlah biasanya Anda sering senyum-senyum sendiri karena mengingat kebahagiaan yang Anda alami.

Namun setelah putus, kamar menjadi tempat Anda senantiasa mengingat mantan dan meratapi nasib. Anda juga tidak melakukan apapun dan tidak bersama siapapun selain melakukan hal tersebut. Inilah yang membuat dada Anda semakin sesak dan sakit.

Jika Anda masih dalam tahap penyembuhan, sebaiknya hindari berlama-lama dalam kamar sendirian atau di tempat lain yang sepi. Sibukkan diri Anda dengan kegiatan yang bermanfaat agar memori tentangnya tidak terus-terusan mengganggu pikiran Anda. Hal ini akan bisa mengalihkan perhatian Anda dari ingatan tentang masa lalu.

Simak juga : 15 Cara Move On dari Mantan Pacar

8. Tidak Usah Dengarkan Lagu Sedih

Selain menghindarkan diri untuk tidak menyendiri didalam kamar. Anda juga tidak usah mendengarkan lagu sedih meskipun sedang putus cinta. Mendengarkan lagu sedih secara terus menerus hanya akan membuat Anda terbawa suasana. Sudahlah hati sedang sedih dan terluka masih juga mendengarkan lagu sedih.

Hal ini tentunya akan membuat Anda kesulitan untuk move on dari mantan pacar tersayang. Jikapun ingin mendengarkan lagu, carilah lagu yang bisa membuat Anda semangat dan bangkit dari keterpurukan akibat masalah cinta.

9. Tidak Perlu Berpikiran untuk Balikan

Cara melupakan mantan kekasih berikutnya adalah berhenti berharap. Maksudnya berhentilah mengharap dia akan kembali lagi kepada Anda. Apalagi jika kenyataannya dia sudah menyukai orang lain atau bahkan sudah berpacaran.

Peluang untuk mendapatkannya kembali tentunya sangat kecil. Daripada Anda memikirkan bagaimana cara balikan lagi kepadanya, lebih baik Anda fokus untuk move on dan melupakan mantan pacar Anda. Percuma juga balikan namun dia tidak menginginkan Anda lagi.

10. Ikhlaskan Dia

ilustrasi nglupain mantanAda sebuah pepatah yang mengatakan “mendapatkan sesuatu itu sulit, tapi lebih sulit lagi adalah mempertahankannya.” Begitu juga dengan kisah cinta Anda. Mungkin Anda dulu sudah berjuang mati-matian untuk bisa mendapatkan cintanya. Setelah dapat, akhirnya berhasil menjadikan dia pacar Anda.

Waktu terus berlalu dan Anda menikmati hari-hari indah bersamanya. Adakalanya juga terjadi pertengkaran kecil maupun besar dalam hubungan tersebut. Anda mungkin juga pernah putus dan akhirnya balikan lagi. Sampai pada titik dimana Anda sudah tidak dapat mempertahankan hubungan pacaran ini.

Sayangnya, jalan cerita ini terjadi pada diri Anda. Jika Anda bertanya apa yang harus Anda lakukan. Maka cara melupakan mantan yang terbaik untuk Anda saat ini adalah mengikhlaskan dia sepenuhnya.

Jodoh sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa, jika memang dia jodoh Anda, lambat laun dia akan kembali. Namun jika dia memang bukan jodoh Anda, sekuat apapun Anda berusaha untuk mempertahankannya, dia tetap akan pergi dari Anda.

Simak juga : 12 Cara mempertahankan hubungan pacaran

11. Sabar dan Perbanyak Ibadah

Salah satu cara menenangkan diri paling mudah adalah dengan mendekatkan diri pada Allah SWT. Sadarilah bahwa mungkin hal yang Anda alami sekarang adalah akibat dari kesalahan Anda dimasa lalu. Mungkin dulu Anda pernah menyakiti seseorang, dan sekarang Tuhan membalas lewat orang lain yakni mantan pacar Anda.

Mungkin juga Tuhan sedang memberitahu Anda bahwa mantan Anda bukanlah pasangan yang diperuntukkan untuk Anda. Untuk itu, Anda harus sabar dalam menghadapi ujian ini.

Lebih baik perbanyak untuk beribadah kepadanya. Dengan begitu hati Anda akan lebih tenang. Selain itu Anda juga akan lebih mudah melupakan mantan pacar Anda tersebut.

12. Ceritakan Masalah Anda Pada Sahabat

Tidak ada salahnya Anda menceritakan masalah Anda kepada orang lain yang sangat Anda percayai. Misalnya saja sahabat terbaik Anda. Dengan bercerita kepada sahabat, setidaknya hati Anda akan lebih lega karena Anda telah berbagi rasa dengan orang lain.

Sahabat Anda juga tidak akan tinggal diam melihat Anda terus-terusan bersedih. Dia akan mencari solusi dan membantu Anda agar segera move on dan cepat melupakan mantan pacar Anda.

13. Berhenti Stalking

Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan kebanyakan orang setelah putus dari pacarnya adalah stalking sosial media mantan. Entah hanya penasaran dengan status terbarunya dan melihat koleksi fotonya, masih ada foto Anda atau tidak.

Jika Anda terus melakukannya, maka akan sulit bagi Anda untuk melupakan mantan dengan cepat. Oleh sebab itu, hilangkan rasa kepo Anda untuk stalking media sosialnya.

Jika Anda sudah berniat melupakan mantan dan melepaskan diri dari rasa sakit, sebaiknya Anda berhenti melakukan hal ini. Kalau perlu blokir sosial media miliknya sehingga Anda tidak bisa stalking lagi.

Baca juga : 10 Cara menghilangkan stres akibat permasalahan hidup

14. Cari Kesibukan

Tips melupakan mantan yang paling mudah sebenarnya adalah dengan mencari kesibukan. Daripada Anda hanya bengong di kamar, lebih baik sekarang Anda pergi cari kesibukan baru. Misalnya dengan melakukan hobi Anda. Apalagi jika saat masih bersama mantan, sehingga Anda jarang melakukan hobi tersebut.

Tentu kegiatan yang berhubungan dengan hobi akan membuat hati Anda senang dan sejenak melupakan masalah yang sedang Anda alami. Misalnya Anda suka main game, cobalah main game sepuasnya agar hati Anda lega.

Anda juga bisa mencari kesibukan baru agar bisa mengalihkan pikiran Anda darinya. Misalnya saja dengan melakukan hal positif seperti mencoba bisnis sampingan untuk menambah penghasilan. Itu lebih baik daripada hanya sedih berlarut-larut karena cinta.

15. Berkumpul dengan Teman-Teman

berkumpul dengan teman-temanTerkadang memiliki status jomblo membuat Anda bisa memiliki jiwa sosial lebih tinggi loh. Anda jadi punya kesempatan untuk berkumpul dengan teman-teman Anda. Apalagi selama Anda berpacaran dulu, Anda sudah jarang berkumpul dengan mereka.

Tentunya ini menjadi berkah tersendiri untuk Anda. Tidak selamanya punya status pacar akan membuat Anda bahagia terus-terusan. Namun jika Anda memiliki banyak teman, Anda akan merasa senang untuk melakukan hal apapun bersama.

Untuk itu, cobalah hubungi teman-teman Anda sekarang. Anda bisa mengajak mereka berkumpul di café atau tempat biasa dia nongkrong.

Simak juga : 10 Cara menjadi pribadi yang menarik dalam pergaulan

16. Cobalah untuk Liburan

Cara lain agar cepat move on dan melupakan mantan pacar ialah dengan liburan. Jika Anda adalah seorang karyawan, mungkin Anda bisa mengambil cuti barang beberapa hari untuk melepas penat akibat masalah cinta.

Kunjungilah tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Tapi jangan kunjungi tempat-tempat yang pernah Anda datangi bersama mantan karena hanya akan membuat Anda mengenang memori masa lalu.

Kalau perlu bawa keluarga atau teman-teman agar bisa berlibur bersama. Dengan liburan bersama-sama, tentunya akan membuat Anda lebih senang karena bisa bercanda bersama teman-teman.

17. Sekarang Fokus Saja untuk Mengejar Impian Anda

Tidak ada gunanya terus memikirkan mantan yang membuat Anda patah hati. Kalau dibiarkan terus-menerus malah tidak baik untuk masa depan. Bagi Anda yang masih sekolah atau kuliah, tentu akan menurunkan minat Anda untuk belajar. Begitu juga dengan Anda yang sudah bekerja, Anda jadi malas-malasan dan tidak semangat dalam bekerja.

Jika sudah seperti itu, lalu apa yang bisa Anda banggakan, cinta raib karir pun berantakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sekarang fokus untuk mengejar impian atau cita-cita Anda saat ini. Kalaupun Anda tidak mendapatkan cinta Anda kembali, setidaknya masih ada yang bisa Anda raih, yakni masa depan Anda.

Fokuslah untuk menjadi orang sukses di kemudian hari. Jika Anda telah sukses, bisa jadi mantan Anda tersebut malah akan menyesal telah meninggalkan Anda.

Simak juga : 12 Cara menjadi orang sukses dan berhasil di usia muda

18. Kunjungi Psikolog

Jika yang sakit adalah tubuh Anda, maka tempat paling tepat untuk mengobatinya adalah dengan pergi ke dokter. Dan jika yang sakit adalah psikis atau pikiran Anda, maka yang paling tepat adalah ke psikolog.

Hal ini perlu Anda lakukan jika sudah merasa mentok tidak memiliki cara lain untuk dapat segera melupakan mantan Anda. Kalau memang harus datang ke psikolog, maka lakukanlah agar Anda bisa terlepas dari rasa sakit hati akibat putus cinta.

Anda tidak harus stres terlebih dulu jika ingin berkonsultasi atau hipnoterapi dengan psikolog. Tarif setiap psikolog berbeda setiap sesinya. Biasanya Anda akan dikenakan biaya Rp. 300.000 untuk satu sesi konsultasi atau Rp. 500.000 jika harus melakukan hipnoterapi.

Siapa tahu dengan datang ke psikolog, Anda bisa langsung bangkit atau move on dari mantan pacar.

19. Jangan Menutup Diri, Tidak Masalah Membuka Hati Kembali

Patah hati karena ditinggal mantan bukan berarti Anda lantas menutup hati Anda untuk yang lain. Malah terkadang obat sakit hati paling ampuh adalah jatuh hati kembali.

Jika ini bukan kali pertama Anda patah hati, berarti Anda sudah pernah mengalaminya. Setelah putus dari pasangan, sakit hati akan terasa hingga beberapa waktu. Namun ketika Anda mulai jatuh hati kembali tanpa sadar Anda akan melupakan mantan Anda yang lama dan mendadak sakit itu hilang.

Kemudian berganti dengan rasa bahagia karena menemukan tambatan hati yang baru. Tapi jangan buru-buru untuk mencari yang lain ya, sebaiknya biarkan seperti air mengalir. Ketika tumbuh rasa cinta, biarkan saja sampai pada akhirnya Anda mendapatkan pengganti yang benar-benar mau menerima Anda apa adanya.

20. Fokus untuk Menikah

Jika Anda masih berpacaran dan hanya untuk bersenang senang, maka kemungkinan Anda akan mengalami sakit hati kembali. Jika Anda ingin benar-benar sembuh dan tidak mau merasakan sakit hati akibat cinta, maka solusi terbaik adalah menikah.

Oleh sebab itu, jika Anda pada akhirnya nanti menemukan pasangan. Sebaiknya jalani dengan serius. Jangan hanya main-main saja. Niatkan dan rencanakanlah untuk menikah. Karena dengan menikah, hidup Anda akan jauh lebih tenang dan lebih tenteram.

Selain itu Anda bisa bebas pergi kemana pun kapanpun dengan pasangan halal Anda, dan Anda sudah tidak perlu pusing lagi soal melupakan mantan atau bagaimana cara menyembuhkan patah hati. Selama Anda memilih calon pasangan yang baik.

Move on dari mantan terindah memang tidak mudah. Karena semakin Anda ingin melupakannya, dia malah akan selalu muncul di pikiran Anda. Cobalah 20 cara melupakan mantan pacar diatas dan fokuslah untuk menatap masa depan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *