26 Jenis Peluang Usaha di Desa Berkembang yang Menguntungkan

Peluang usaha di desa berkembangDengan semakin majunya teknologi internet, peluang usaha di desa menjadi kian bervariasi. Tidak hanya berkutat pada usaha di bidang pertanian atau peternakan saja. Karena sekarang ada banyak peluang usaha menjanjikan yang bisa di jalankan di desa berkembang baik offline maupun online.

Sekarang tergantung pada kemauan diri Anda sendiri. Apakah Anda ingin jadi orang desa yang maju dengan menciptakan peluang usaha di desa Anda sendiri. Atau ingin tetap seperti orang dulu, dimana kebanyakan orang desa harus bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang tidak seberapa.

Jika kendala Anda karena modal. Jangan khawatir, karena beberapa usaha yang saya bahas di bawah ini kebanyakan merupakan usaha modal kecil yang menjanjikan.

Memang ada beberapa usaha yang mengharuskan Anda mengeluarkan modal besar. Namun itu juga berbanding lurus dengan penghasilan yang akan didapatkan.

Sebenarnya inti dari suksesnya sebuah usaha tidak bergantung pada besar kecilnya modal. Percuma Anda memiliki modal besar, karena jika pengelolaan keuangan usaha Anda buruk, lama-kelamaan bisa bangkrut.

Sebaliknya, jika usaha yang Anda jalankan penuh dengan perencanaan usaha yang matang, dengan modal kecil pun akan bisa memberikan hasil yang besar.

Oleh sebab itu, jangan hanya fokus pada hasilnya saja. Tapi bekerja keras dan nikmatilah setiap proses dalam menjalankan usaha Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil sesuai yang Anda inginkan.

Berikut 26 jenis peluang usaha di desa yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Peluang Usaha di Bidang Pertokoan

Membuka toko tidak harus di perkotaan. Di desa pun peluangnya cukup besar. Bahkan saat ini peluang usaha dagang di pedesaan cukup besar. Karena para konsumen jadi tidak perlu pergi ke kota untuk membeli barang yang mereka butuhkan.

Berikut beberapa toko yang cocok di buka di desa :

1. Buka Toko Sembako

usaha warung sembako di kampungDari dulu hingga sekarang, toko sembako masih menjadi primadona bagi orang yang ingin membuka toko. Baik itu di kota maupun di desa.

Alasannya sangat sederhana, sembako atau sembilan bahan pokok seperti beras, gula, minyak dan lain sebagainya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Jangan takut tidak laku jika ingin membuka usaha ini meskipun didaerah Anda sudah banyak yang membukanya. Market untuk usaha sembako masih sangat besar. Apalagi jika toko Anda lengkap, tentu akan banyak konsumen yang berbelanja di toko Anda.

Untuk menjaring konsumen yang lebih besar, sebaiknya bukalah toko di pinggir jalan yang ramai. Namun jika tidak memungkinkan, tidak masalah membukanya hanya dirumah.

Jika modal yang Anda miliki terbatas, manfaatkan saja ruangan depan untuk dijadikan toko sembako Anda.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka toko sembako?

Fleksibel.

Jika Anda hanya memiliki modal 5 juta, tidak menjadi masalah. Anda bisa menggunakannya untuk membeli barang-barang dagangan Anda.

Namun jika Anda memiliki modal lebih besar, misalnya diatas Rp 20 juta. Tentunya akan lebih bagus. Karena Anda bisa menyediakan barang dagangan lebih lengkap.

Yang terpenting, berapa pun modal yang Anda miliki, sebaiknya action dulu, daripada nunggu modal banyak, ujung-ujungnya malah tidak jadi buka toko.

Jika Anda ingin sukses menjalankan usaha warung sembako, silahkan baca 13 tips sukses buka usaha warung sembako dengan modal kecil.

2. Buka Depot Air Minum

Setiap orang pastinya membutuhkan air putih. Namun, tidak semua tempat memiliki sumber air putih yang baik. Padahal, begitu banyak manfaat air putih bagi tubuh manusia. Sehingga jangan sampai seseorang kekurangan air putih.

Kurangnya sumber air minum yang berkualitas nyatanya bisa memberikan peluang usaha untuk Anda. Salah satunya dengan membuka depot air minum isi ulang. Usaha ini tentu sangat cocok dibuka didaerah yang sumber air minumnya kurang.

Berapa modal untuk memulai usaha ini?

Perkiraan modal yang dibutuhkan berkisar antara Rp 25 juta – Rp 35 juta. Sebagian besar modal digunakan untuk membeli paket depot air minum, Sisanya bisa untuk membeli galon, bahan baku air dan biaya promosi untuk mengawali usaha

Jika Anda tertarik ingin buka depot air minum isi ulang, silahkan baca cara memulai usaha depot air minum yang sukses.

3. Buka Pertamini

buka pertamini di desaSaat ini, hampir merata setiap keluarga memiliki kendaraan bermotor. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya pom bensin yang tersebar hampir disetiap daerah.

Tidak hanya di daerah perkotaan saja, di pedesaan yang memiliki jalanan strategis pun sudah mulai banyak di buka pom bensin. Sayang, jumlahnya masih sangat terbatas.

Padahal di daerah pedesaan, bahan bakar seperti bensin dan solar tidak hanya digunakan untuk mengisi kendaraan bermotor saja. Namun juga untuk keperluan membajak sawah dimana mereka yang menggunakan traktor tentu membutuhkan bahan bakar.

Peluang ini sudah dibaca banyak orang sehingga banyak yang membuka toko bensin eceran. Namun, jika Anda ingin membuka usaha bensin yang bisa menarik perhatian banyak konsumen, sebaiknya bukalah pertamini.

Apa itu pertamini?

Bisa dibilang pertamini mirip dengan pertamina. Walaupun kenyataannya pertamini bukanlah versi mininya pertamina. Hanya saja alat yang digunakan untuk mengisi bensin, hampir mirip dengan yang dimiliki pertamina.

Kemiripan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk menggaet konsumen. Tentunya konsumen akan lebih percaya membeli ke tempat Anda dibandingkan beli di tempat jual bensin eceran biasa.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membeli pertamini?

Bervariasi, untuk pertamini yang tidak ada digitalnya bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 5 – Rp 8 jutaan. Namun, jika Anda menginginkan pertamini yang ada digitalnya bisa mencapai Rp 13 jutaan keatas.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat daftar harga pertamini di sini.

Tidak ada tips khusus dalam menjalankan bisnis ini. Yang terpenting Anda bisa berjualan di pinggir jalan. Sehingga kesempatan mendapat banyak pembeli tentu lebih besar.

Pertamini sangat cocok dipadukan dengan usaha lainnya seperti usaha sembako atau counter pulsa sebagai bisnis tambahan.

Rekomendasi Artikel : 

26 Rekomendasi usaha rumahan modal kecil paling menjanjikan

4. Jualan Pulsa dan Tagihan Online

Peluang usaha di desa yang cukup menggiurkan berikutnya ialah jualan pulsa dan pembayaran tagihan online. Bisnis ini tidak ada matinya karena kebutuhan masyarakat akan pulsa semakin tinggi. Ini bisa dilihat dari pengguna handphone yang semakin banyak. Saya rasa hampir semua orang dewasa memiliki handphone.

Selain pulsa, Anda bisa sekalian melayani pembayaran tagihan online seperti token listrik, tagihan listrik, tagihan PDAM, BPJS Mandiri dan lain sebagainya.

Usaha ini sangat cocok dijadikan peluang usaha untuk ibu rumah tangga atau pelajar yang ingin menambah uang saku. Namun, jika Anda ingin serius menjadikan peluang usaha ini sebagai bisnis utama. Sebaiknya lakukan dengan serius.

Setidaknya Anda membutuhkan modal yang cukup besar. Berkisar antara Rp 10 juta sampai dengan Rp 15 jutaan. Sebagian modal tersebut bisa Anda gunakan untuk membangun kios kecil-kecilan di pinggir jalan desa yang ramai. Dengan begitu peluang untuk mendapat banyak pelanggan lebih besar.

Tertarik dengan bisnis pulsa? Coba baca 13 cara sukses jualan pulsa untuk pemula 

5. Buka Warnet

Jika Anda memiliki modal besar, tidak ada salahnya membuka warnet sebagai peluang usaha di desa. Usaha ini sangat menjanjikan. Apalagi jika belum ada orang yang membuka warnet di desa Anda.

Meskipun sekarang orang lebih banyak menggunakan smartphone untuk melakukan aktivitas di internet. Berkunjung ke warnet masih sangat di gemari. Terutama anak-anak sekolah yang biasanya main game online.

Anda juga bisa sekalian buka jasa pengetikan dan percetakan foto atau brosur. Sehingga masyarakat di desa tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota hanya untuk mencetak foto.

Modal untuk membuka warnet cukup besar. Bisa mencapai Rp 60 juta – Rp 70 juta untuk membeli 10 set computer, memasang akses internet, membeli printer dan sewa tempat usaha.

Namun, investasi Anda ingin akan terbayarkan. Apalagi jika pengunjung warnet Anda selalu ramai. Belum lagi Anda akan mendapat tambahan penghasilan dari jasa pengetikan dan percetakan poto.

Baca juga : 11 Cara mudah mencari modal usaha untuk bisnis Anda

6. Jualan Baju

Bagi Anda yang suka dengan dunia fashion, peluang usaha rumahan yang cocok di pedesaan ialah jualan baju murah. Anda tahu sendiri bukan terkadang ada desa yang akses jalan menuju kota cukup sulit. Sementara masyarakat harus membeli baju di kota.

Hal inilah yang bisa menjadi usaha yang menjanjikan untuk Anda. Anda bisa menjual baju yang dibutuhkan oleh masyarakat di desa Anda.

Usaha ini sangat cocok dijadikan bisnis rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga karena target konsumennya adalah ibu-ibu.

Mengapa?

Karena biasanya ibu-ibu sangat heboh saat ada baju-baju murah. Mereka rela memotong jatah uang dapur biar bisa beli baju baru. Berbeda dengan bapak-bapak yang kurang tertarik meskipun baju yang ditawarkan cukup murah.

Baju seperti gamis, daster, jilbab, baby doll dan baju anak-anak tentu akan diserbu oleh ibu-ibu. Sediakan juga baju untuk bapak-bapak karena meskipun minat mereka akan fashion kurang, tapi kalau istri sudah membelikan, pasti akan dipakai juga.

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Juallah baju secara kredit. Hal ini untuk lebih menarik minat pembeli. Karena meskipun Anda sudah memasang harga murah, ada saja orang yang merasa keberatan membeli secara tunai.

Tapi jika modal Anda kecil, jangan sekali-kali dijual secara kredit. Karena jika kredit Anda macet, jualan Anda juga akan macet karena tidak ada perputaran uang untuk kulakan lagi.

Jika Anda tertarik dengan usaha ini, silahkan baca cara memulai bisnis baju modal 1 juta untuk pemula

7. Usaha Fotokopi

buka usaha fotokopiPeluang usaha di desa selanjutnya ialah usaha fotokopi. Mendengar kata fotokopi, pasti Anda memikirkan modal yang cukup besar.

Tapi jangan salah, meskipun membuka fotokopi memerlukan modal yang tidak sedikit. Penghasilan yang akan Anda dapatkan pun akan berbanding lurus.

Sebagai gambaran, 1 rim kertas HVS harganya Rp 45 ribu dengan isi 500 lembar. Jika 1 lembar fotokopi Anda hargai 250 perak. Maka dengan modal 1 rim Anda akan mendapatkan Rp 250 x 500 lembar = Rp 125.000

Bayangkan jika dalam sehari Anda menghabiskan minimal 3 rim kertas. Penghasilan kotor Anda bisa mencapai Rp 375.000.

Penghasilan bersih

Penghasilan kotor – modal kertas

Rp 375.000 – (3x Rp 45.000) = Rp 240.000/hari.

Sangat menggiurkan bukan.

Belum lagi Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan dari penjualan ATK dan jilid buku yang mana pasti akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa.

Siapa target konsumen Anda?

Perkantoran desa dan kecamatan serta sekolahan. Sehingga bisnis ini akan sangat cocok jika dibuka dekat dengan kantor kecamatan.

Lalu berapa modal yang dibutuhkan.

Saya rasa Anda membutuhkan modal Rp 35 juta – Rp 40 juta untuk membuka usaha ini. Sebagian besar modal digunakan untuk membeli mesin fotokopi yang bisa Anda beli dengan kisaran harga Rp 20an juta.

Sisanya bisa digunakan untuk membeli estalase, perlengkapan ATK dan sewa tempat. Jika Anda ingin mendapat 2 mesin fotokopi, Anda bisa membeli mesin fotokopi bekas yang mana bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta.

Namun, hati-hati jika memilih membeli mesin fotokopi bekas. Pilihlah yang masih bagus dan tidak mudah rewel. Sehingga tidak membebankan biaya perawatan.

Lebih lengkapnya tentang usaha fotokopi, silahkan baca cara sukses buka usaha fotokopi dan ATK dari nol

Peluang Usaha di Bidang Pertanian

Selanjutnya kita bahas peluang usaha di desa untuk bidang pertanian. Saya rasa bidang pertanian sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pedesaan. Karena sebagian besar penduduk di desa pekerjaan utamanya adalah petani.

Namun tetap ada saja peluang usaha pertanian yang layak untuk dicoba. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

8. Menanam Secara Hidroponik

budidaya tanaman hidroponikMenanam secara hidroponik adalah sistem baru didunia pertanian. Sistem hidroponik adalah menanam menggunakan media air sebagai pengganti tanah.

Keunggulan menanam dengan sistem ini ialah tidak membutuhkan lahan yang besar, modal lebih kecil, lebih cepat panen, hasilnya lebih higienis dan harganya lebih mahal.

Target konsumen Anda adalah orang-orang kota yang mengedepankan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan higienis tanpa campuran bahan kimia. Salah satunya sayuran yang mana bisa hasilkan dari cara menanam hidroponik.

Modal awal yang dibutuhkan untuk mengembangkan tanaman hidroponik berkisar antara Rp 7 juta – Rp 10 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan utama hidroponik seperti pompa air, tempat penampungan air, pipa, alat pengukur NFT, jaring, rockwoll, bibit tanaman, selang dan perlengkapan lainnya.

Anda bisa memanfaatkan lahan kosong dirumah Anda untuk memulai menanam secara hidroponik. Jika Anda tidak tahu caranya, cobalah mengikuti pelatihan yang membahas tentang cara sukses menanam hidroponik.

Atau Anda bisa browsing di google, ada banyak tips dan cara tentang menanam hidroponik hingga bagaimana cara pemasarannya. Salah satunya bisa Anda kunjungi di sini.

Baca juga : 8 Strategi pemasaran produk baru untuk usaha kecil paling efektif

9. Menanam Sayuran Organik

Selain tanaman hidroponik, sayuran organik juga sedang banyak diminati masyarakat jaman sekarang. Terutama orang-orang kota yang mulai sadar akan pentingnya makanan sehat tanpa bahan pengawet.

Memang membutuhkan modal lebih untuk menanam sayuran organik dibandingkan sayuran biasa. Namun harga jualnya pun cukup tinggi. Sayuran organik sendiri adalah jenis sayuran yang ditanam tanpa campuran bahan kimia seperti pestisida yang sangat dihindari oleh masyarakat perkotaan.

Agar usaha ini lancar, sebaiknya Anda harus membangun jaringan bisnis untuk memasarkan sayuran organik Anda. Beberapa tempat yang bisa Anda targetkan adalah supermarket dan restoran. Jika Anda bisa menjadi penyuplai untuk kedua tempat tersebut, kemungkinan untuk sukses akan semakin besar.

Anda juga bisa menjualnya secara online di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Bergabunglah di grup-grup pecinta sayuran organik dan juallah sayuran Anda. Anda akan menemukan market Anda disana.

Rekomendasi Artikel : 

9 Cara mendapatkan uang dari Facebook yang paling menguntungkan

10. Menjual Bibit Tanaman

Masih tentang seputar tanaman, peluang usaha di desa selanjutnya adalah menjual bibit tanaman. Usaha ini cukup menjanjikan lantaran kebutuhan akan bibit tanaman cukup besar di pedesaan.

Jika Anda bisa melayani kebutuhan bibit minimal masyarakat satu desa, maka keuntungan yang akan Anda dapat cukup besar. Karena harga bibit tanaman seperti cabe, tomat, terong dan lain-lain, rata-rata dijual dengan harga Rp 200 – Rp 300 per pot kecil.

Lahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini pun tidak besar. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan kosong yang Anda miliki. Upayakan bibit tanaman yang Anda miliki memiliki kualitas bagus sehingga masyarakat percaya dengan Anda.

Biasanya ketika seseorang sudah cocok membeli bibit di suatu tempat, mereka akan terus membelinya di tempat tersebut. Hal inilah yang harus Anda kedepankan jika ingin sukses berjualan bibit tanaman.

11. Menjual Alat-Alat Pertanian

Masih dibidang pertanian, karena memang peluang usaha di desa adalah jenis usaha yang tidak ada matinya. Karena bagaimanapun sebagian besar warga desa adalah petani.

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, salah satu bisnis di desa yang bisa Anda coba adalah menjual alat-alat pertanian. Alat-alat pertanian disini bermacam-macam. Mulai dari peralatan yang biasa dibutuhkan para petani, bibit tanaman, obat-obatan hama, pupuk, dan lain-lain.

Apalagi jika Anda melihat selama ini warga desa harus pergi ke kota jika memerlukan barang-barang untuk kebutuhan pertanian mereka. Dengan membuka toko alat-alat pertanian, mereka tidak perlu pergi jauh-jauh kota lagi.

Simak juga : 14 Ide peluang usaha modal 1 juta untung berlipat ganda

Peluang Usaha di Bidang Peternakan

Kita tinggalkan dulu tentang usaha dibidang pertanian. Sekarang kita akan membahas tentang peluang usaha di desa dalam hal peternakan . Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

12. Beternak Unggas

Memelihara hewan jenis unggas menjadi hal yang biasa di desa. Namun, jika niat Anda ingin mendapat keuntungan, sebaiknya Anda serius dalam memeliharanya. Beberapa hewan unggas yang bisa Anda coba antara lain :

a. Ayam Kampung

peluang usaha ternak ayam kampungMemelihara ayam kampung bukanlah hal yang asing di desa. Mungkin hampir sebagian besar warga desa memiliki jenis unggas yang satu ini. Akan tetapi, mereka hanya memelihara dan memberi makan sekadarnya saja.

Namun jika Anda ingin beternak ayam kampung sebagai tambahan penghasilan. Anda harus melakukannya dengan serius. Tidak hanya sekedar memelihara dengan sistem umbaran yang selama ini dilakukan warga desa.

Pertama-tama, Anda harus memiliki lahan yang cukup luas minimal 6 x 6 meter. Selanjutnya Anda bisa membuat kandang yang di pagar keliling dari bambu agar ayam-ayam tidak bebas keluar.

Buatlah kandang untuk ayam-ayam tersebut, selain sebagai tempat tidur juga untuk berteduh saat panas maupun hujan. Sediakan juga kandang khusus untuk ayam betina yang sedang bertelur.

Selanjutnya Anda bisa membeli satu ayam kampung jantan dan beberapa betina yang berkualitas. Perhatikan pakannya karena ayam-ayam Anda tidak bisa mencari makan sendiri karena tidak di umbar.

Setelah beberapa bulan Anda akan bisa menikmati hasilnya, mulai dari menjual telur, anak-anak ayam atau ayam yang sudah dewasa.

b. Ayam Potong

Beternak ayam potong membutuhkan modal yang cukup besar. Selain itu, resikonya juga besar karena jenis ayam ini gampang terkena penyakit jika tidak dirawat dengan baik.

Namun jika melihat dari permintaan daging ayam di pasaran sangat tinggi, sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba peluang usaha di desa yang satu ini.

Sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu sebelum terjun dalam bisnis. Ikutilah pelatihan yang ada didaerah Anda terkait budidaya ternak ayam potong. Sehingga Anda memiliki bekal ilmu dan keterampilan yang cukup.

c. Ayam Petelur

Perlakuan ayam petelur hampir sama dengan ayam potong. Hanya saja jenis ayam ini lebih kuat secara fisik. Sehingga resiko kematiannya tidak setinggi ayam potong.

Meskipun begitu, tetap butuh keterampilan jika ingin sukses jadi peternak ayam petelur. Jenis ayam ini harus diperlakukan secara khusus agar bisa rutin bertelur.

Salah satunya dengan menjaga kebersihan kandang dan sebisa mungkin letak kandang jauh dari pemukiman warga. Selain itu, selalu jaga porsi dan waktu makannya.

Karena jika telat atau pakannya tidak berkualitas, bisa mempengaruhi produksi telur ayam-ayam tersebut.

d. Bebek

Daging bebek sangat gurih dan enak, tak heran jika banyak makanan dengan menu bebek mulai dari penjual makanan di pinggir jalan sampai restoran bintang 5 sekalipun.

Yang menjadi permasalahan, pasokan daging bebek cukup susah. Sehingga para penjual makanan sering kesusahan untuk mendapatkan bahan baku.

Hal ini tentu bisa menjadi peluang usaha di desa yang menguntungkan. Tidak ada salahnya Anda mencoba beternak bebek. Apalagi hewan ini tergolong mudah dipelihara karena pakannya tidak aneh-aneh.

Selain daging, Anda juga bisa menjual telurnya. Telur bebek sendiri harganya lebih mahal daripada telur kampung. Bayangkan jika Anda memiliki 100 ekor bebek betina yang sedang bertelur setiap hari.

Dengan harga jual Rp 2.000 per butir. Anda bisa mendapatkan Rp 200.000 setiap hari hanya dari jualan telurnya saja.

e. Burung Puyuh

Peluang usaha ternak berikutnya ialah burung puyuh. Hewan yang satu ini memang lebih banyak dimanfaatkan telurnya. Namun, dagingnya pun banyak disukai pecinta kuliner karena kaya akan gizi yang tinggi.

Harga daging puyuh bisa mencapai Rp 30.000 per kgnya. Sementara untuk telurnya bisa mencapai Rp 25.000 per kgnya.

Dari fakta diatas, beternak burung puyuh tentu menjadi peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan. Jika Anda berminat, sebaiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana cara beternak burung puyuh yang benar. Sehingga Anda tidak mengalami kerugian.

Rekomendasi Artikel : 

10 Peluang usaha ternak dengan modal kecil paling untung

13. Budidaya Ikan

Selain beternak hewan unggas, budidaya ikan juga merupakan jenis usaha yang cukup menguntungkan untuk menambah penghasilan atau malah sebagai penghasilan utama.

Beberapa ikan yang bisa Anda budidayakan antara lain:

a. Ikan Lele

budidaya lele via boslele.com

budidaya lele via boslele.com

Ikan lele selalu menjadi favorit para pembudidaya ikan. Alasannya karena beternak lele sangat mudah. Bahkan untuk para pemula sekalipun. Ikan yang satu ini juga tahan banting dan memiliki resiko kematian kecil.

Disamping itu, permintaan pasar akan lele sangat tinggi, mulai dari pedagang pasar tradisional, penjual pecel lele lamongan bahkan restoran.

Anda bisa mengikuti pelatihan jika ingin serius budidaya ternak ikan lele. Disana Anda akan diajari bagaimana cara beternak lele dengan berbagai macam model kolam. Mulai dari kolam terpal, kolam beton, kolam tambak, kolam drum dan lain-lain.

Jika Anda ingin lebih banyak tentang budidaya ikan lele. Mulai dari pemilihan bibit, jenis kolam, pemberian pakan dan lain-lain, silahkan baca cara ternak ikan lele agar cepat panen

b. Ikan Nila

Selain lele, ikan nila juga banyak disukai masyarakat. Anda pasti sering menemukan jenis ikan ini banyak dijual di pasar ikan. Harganya juga cukup mahal. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda mencoba budidaya ikan nila.

Hampir mirip dengan lele, ikan nila juga mudah dalam menyesuaikan tempat. Sehingga memelihara ikan nila tidak terlalu sulit. Anda bisa membuat kolam dari tanah, kolam terpal maupun kolam semen.

Agar sukses panen, sebaiknya perhatikan pemilihan bibit yang berkualitas. Selain itu, Anda harus senantiasa menjaga pakannya agar nila tumbuh dengan baik. Mulai dari pur maupun makanan alami seperti plankton atau sayur kangkung yang sangat disukai ikan nila.

c. Ikan Gurame

Ikan gurame adalah jenis ikan yang cukup sulit didapatkan di pasaran. Bisa dikatakan ikan ini merupakan jenis ikan yang elit sehingga harganya cukup mahal jika dibanding ikan lele atau pun ikan nila. Terutama jenis ikan gurame yang memiliki ukuran yang besar.

Melihat fakta diatas, memilih budidaya ikan gurame bisa menjadi peluang bisnis di desa yang sangat menguntungkan. Apalagi di pedesaan masih memiliki lahan yang cukup luas. Anda bisa membuat jenis kolam tanah maupun semen.

Proses panen ikan gurame memang cukup lama jika dibandingkan ikan jenis lain. Terutama jika Anda menginginkan ukuran gurame yang besar. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena harganya juga lebih mahal.

Jika Anda tertarik ingin budidaya ikan gurame, silahkan baca disini.

14. Beternak Burung Kicau

ternak burung kicau di pedesaanMemelihara burung kicau mungkin bisa dibilang sebagai sebuah hobi. Namun, tidak ada salahnya jika hobi Anda tersebut bisa dijadikan usaha sampingan untuk menambah pendapatan Anda.

Salah satunya dengan mengembangbiakkan burung kicau. Jenis burung kicau yang mudah diternakkan antara lain murai batu, anis kembang, kacer, cucak rowo, jalak bali, love bird dan kenari.

Beberapa burung diatas ada yang pasarannya sangat mahal seperti cucak rowo. Anda bisa mencobanya jika memiliki modal yang cukup besar. Murai batu juga memiliki harga pasaran yang cukup tinggi. Saat ini banyak orang terutama penggemar burung di wilayah jawa mulai mengembangbiakkan murai batu.

Jika modal yang Anda miliki terbatas, ada baiknya Anda memilih love bird atau kenari. Beberapa waktu lalu ternak burung love bird sedang ngetrend dan banyak dilakukan orang. Begitu juga dengan kenari.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat ini hanya hobi memelihara burung kicau, tidak ada salahnya untuk mengembangbiakkannya agar bisa menambah penghasilan Anda.

Baca juga : 20 Jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil

15. Budidaya Kroto Rumahan dan Ternak Jangkrik

Usaha di desa lainnya yang bisa Anda coba adalah budidaya kroto rumahan dan jangkrik. Bisnis yang sat ini memiliki prospek yang cerah karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar namun omset yang didapat berlipat-lipat.

a. Budidaya Kroto Rumahan

Kroto tidak hanya dicari oleh para pecinta burung kicau, para pemancing bahkan pembuat produsen jamu dan produsen kecantikan juga banyak mencarinya sebagai bahan untuk campuran produk mereka.

Harga kroto sendiri disetiap daerah tentu berbeda-beda. Di tempat saya sendiri per kilonya dihargai Rp 250.000 – Rp 300.000. Jika produksi kroto rumahan Anda cukup bagus, Anda bisa mendapatkan omset yang besar.

Beternak kroto rumahan bisa menggunakan media toples sebagai sarang buatan. Harga kroto per toplesnya sekitar Rp 65.000. Anda bisa membeli 100 toples sebagai langkah awal memulai bisnis ini.

Pemeliharaannya pun sangat mudah. Karena semut rangrang sebagai penghasil kroto bisa mengambil makanannya sendiri. Anda bisa meletakkan pakan semut seperti belalang, jangkrik, ulat atau cairan gula di dekat sarang mereka.

Kelebihan dari budidaya kroto ialah Anda tidak membutuhkan waktu yang banyak. Sehingga bisa sebagai bisnis sampingan di waktu luang Anda.

b. Beternak Jangkrik

Selain budidaya kroto, Anda juga sekalian beternak jangkrik. Tapi usahakan tempat untuk ternak kedua jenis hewan ini di pisah. Karena ditakutkan jangkrik malah menjadi makanan empuk untuk semut rangrang.

Pemeliharaan jangkrik juga tergolong mudah. Anda bisa memberikan makanan berupa poor ayam yang terdapat kandungan kacang, kedelai dan jagung. Anda juga bisa memberikan makan daun-dauan.

Untuk kandang, Anda bisa membuat kandang dari kayu yang dibentuk kotak dengan panjang 30 cm dan tinggi 50 cm. Anda bisa membuat beberapa kandang sekaligus.

Harga jual jangkrik di pasaran per kg mencapai Rp 50.000. Jika Anda bisa menghasilkan 50 kg saja, maka penghasilan yang Anda dapatkan mencapai Rp 2.500.000. Sangat menggiurkan bukan.

Peluang Usaha di Bidang Kuliner

Selanjutnya kita akan membahas peluang usaha di desa untuk bidang kuliner. Dari dulu bisnis kuliner tidak ada matinya. Beberapa usaha kuliner yang cocok dijalankan di pedesaan diantaranya :

16. Usaha Makanan Ringan

Makanan ringan seperti keripik pisang, keripik tempe, keripik singkong dan lain-lain sangat digemari masyarakat. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun sangat menyukai jenis makanan ini.

Jika Anda berminat untuk memproduksi makanan ringan, sebaiknya cobalah fokus untuk membuat satu jenis makanan ringan. Misalnya keripik pisang. Beruji cobalah untuk membuat keripik pisang yang gurih dan renyah.

Agar terkesan mahal, Anda bisa memberikan merk untuk keripik pisang Anda. Bungkuslah untuk kemasan makanan Rp 1.000, Rp 2.000 dan Rp 5.000.

Untuk pemasaran, Anda bisa mulai dengan menitipkan di toko-toko rumahan didaerah Anda. Atau Anda bisa mengirimkannya di pasar tradisional. Tidak ada salahnya juga untuk mendistribusikannya ke kota terdekat. Jangan lupa untuk meninggalkan kartu nama atau nomor telepon.

Jika memang keripik pisang Anda sangat disukai konsumen. Maka akan banyak permintaan untuk mengirimkan keripik pisang dari Anda.

Baca juga : 17 Ide jenis makanan ringan kekinian paling menjanjikan

17. Buka Angkringan

usaha buka angkringanCoba tengok desa Anda, apakah merupakan desa yang banyak dilalui kendaraan dari luar desa Anda. Jika ya, bisnis kuliner yang bisa Anda coba adalah angkringan.

Angkringan sangat populer di wilayah jawa. Makanan yang disajikan pun tergolong mudah. Mulai dari nasi bungkus, gorengan, ayam goreng, dan beberapa minuman seperti the, kopi dan wedang jahe. Pokoknya jajanan khas rakyat kecil.

Simak juga : Cara memulai bisnis gorengan unik yang beromzet jutaan

Biasanya angkringan buka pada malam hari. Sehingga bagi Anda yang memiliki kesibukan di pagi hari, bisa menjalankan usaha yang satu ini.

Untuk urusan modal, saya rasa Rp 5.000.000 sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini. Dengan catatan Anda sudah memiliki peralatan untuk memasak dan perabotan lainnya.

Sebagian besar modal digunakan untuk membeli atau membuat gerobak angkringan. Sisanya untuk membeli bahan baku makanan.

Agar ramai pengunjung, sebaiknya lokasi angkringan Anda yang stategis. Misalnya dipinggir jalan yang banyak lalu lalang kendaraan. Selain itu, Anda harus komunikatif dengan pelanggan agar mendapat banyak pelanggan tetap.

Rekomendasi Artikel :

10 Contoh usaha modal 5 juta paling menguntungkan

18. Buka Warung Kopi

Buka warung kopi juga menjadi salah satu peluang usaha di desa yang memiliki prospek cerah. Anda tahu sendiri bahwa kopi adalah jenis minuman yang banyak peminatnya.

Anda bisa menarget konsumen mulai dari remaja dan para orang tua. Jika letak desa Anda dekat jalan antar kota, warkop Anda juga bisa dijadikan tempat persinggahan pengendara yang ingin beristirahat.

Untuk menarget anak-anak remaja, Anda bisa menyediakan wifi gratis. Biasaya mereka sangat suka nongkrong di tempat yang ada wifinya untuk sekedar main game online atau nonton video.

Untuk target orang tua, Anda bisa menyediakan layar besar saat ada pertandingan sepak bola atau motoGP. Mereka tentu akan senang datang minum kopi sambil nonton bola.

Baca juga : 7 Rahasia sukses usaha warung kopi sederhana dengan modal kecil

Peluang Usaha di Bidang Jasa

Peluang usaha di desa selanjutnya yang bisa dikembangkan adalah usaha dibidang jasa. Namun untuk usaha jenis jasa tentu saja Anda harus memiliki keahlian atau keterampilan.

Apa saja paling laris di kampung? Berikut beberapa usaha jasa yang sesuai dengan keahlian Anda.

19. Buka Jasa Menjahit

Bagi Anda yang pernah sekolah di SMK jurusan tata busana, usaha yang cocok untuk Anda adalah menjadi penjahit rumahan. Membuka usaha menjahit tidak membutuhkan modal yang besar. Untuk kelas rumahan, Anda sudah bisa memulainya dengan modal Rp 2 juta – Rp 3 juta.

Kalau Anda merasa belum terlalu mahir, Anda bisa memperdalam keterampilan menjahit Anda dengan mengikuti khursus. Untuk target konsumen, Anda bisa menyasar para tetangga di desa.

Cara promosi jasa jahit Anda bisa dari mulut ke mulut. Mulai dari kerabat dan warga desa sekitar. Anda juga bisa mengajak sekolah untuk kerja sama. Jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan jasa jahit untuk seragam sekolah.

Jika ingin sukses dalam jasa jahit, hal utama yang harus Anda kedepankan ialah hasil jahitan Anda harus rapi dan bagus. Selain itu, tepati waktu setiap ada pesanan. Dengan begitu para pelanggan akan senang menjahitkan baju mereka ke tempat Anda.

Jika Anda tertarik ingin memulai jasa ini, silahkan simak 10 tips sukses buka jasa jahit rumahan dengan modal kecil

20. Buka Jasa Salon Kecantikan

Bagi Anda yang pernah kursus salon kecantikan, buka usaha salon kecantikan juga merupakan bisnis rumahan yang menjanjikan. Apalagi jika masih jarang ditemukan salon kecantikan di daerah Anda.

Warga desa jadi tidak perlu pergi jauh-jauh ke kota hanya untuk potong rambut, rebonding, creambath dan yang lainnya.

Berapa modal untuk membuka salon kecantikan di desa?

Saya rasa modal Rp 10 juta cukup jika ingin buka salon kecantikan sederhana. Selain itu, Anda juga sudah memiliki tempat sehingga tidak perlu terlalu banyak dekorasi.

Untuk keuntungan yang didapat tentu sangat menjanjikan. Bayangkan jika dalam sehari ada 10 orang yang potong di salon Anda. Jika Anda memasang tarif Rp 15.000, maka Anda sudah dapat Rp 150.000.

Belum lagi jika ada yang ingin semir rambut, semoothing, rebonding, facial, creambath dan lain-lain. Anda akan mendapat tambahan penghasilan yang cukup besar.

Baca juga : 9 Ide peluang usaha modal 10 juta untung besar

21. Buka Jasa Potong Rambut

buka jasa pangkas rambutSelain salon kecantikan, jasa pangkas rambut juga memiliki peluang tersendiri untuk berkembang didesa. Targetnya jelas, laki-laki mulai dri anak-anak sampai orang tua.

Jasa pangkas rambut sederhana hanya berat di modal awal membuka usaha saja. Sekitar Rp 2 jutaan untuk membeli peralatan potong rambut dan dekorasi tempat.

Usahakan Anda bisa memotong rambut dalam berbagai model. Karena biasanya anak-anak remaja suka minta potong yang modelnya lagi ngetrend seperti potongan artis.

Hampir sama dengan salon kecantikan, jasa potong rambut hanya mengeluarkan tenaga dan keterampilan sehingga hampir 100 % uang yang masuk merupakan keuntungan yang Anda dapatkan.

22. Jasa Cuci Motor

Peluang usaha di desa lainnya yang bisa di coba adalah membuka jasa cuci motor. Usaha cuci motor di pedesaan cukup menjanjikan apalagi jika daerah Anda jalannya masih jelek sehingga motor mudah kotor.

Tidak hanya motor, Anda juga bisa melayani jasa cuci mobil. Agar penghasilan yang Anda dapatkan lebih besar. Untuk ukuran desa, tarif cuci motor sekitar Rp 12.000. Sementara untuk mobli sekitar Rp 40.000.

Lalu berapa modal yang dibutuhkan?

Untuk pembelian kompresor udara, mesin jet cleaner, tabung snow dan beberapa perlengkapan lain bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 8 jutaan. Ditambah renovasi tempat dan lain-lain bisa mencapai Rp 12 jutaan untuk modal awal.

Namun, jika Anda bisa menampilkan desain cucian motor yang berkelas. Tentu akan banyak pelanggan yang datang ke tempat cuci motor Anda. Apalagi jika hasil cucian motor Anda bersih dan memuaskan pelanggan.

Untuk lebih jelasnya tentang jasa cuci motor, silahkan baca 9 tips sukses usaha cuci motor dari nol.

23. Jasa Bimbingan Belajar

Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang guru, peluang usaha di desa yang cocok untuk Anda adalah jasa bimbel. Saat ini, hampir semua orang mengutamakan pendidikan. Banyak orang tua, termasuk di desa yang menginginkan anaknya menjadi pintar.

Terkadang ilmu di sekolah tidak cukup. Sehingga butuh les tambahan. Terutama bagi anak-anak yang akan menghadapi ujian nasional.

Melihat peluang ini, rasanya buka bimbingan belajar di desa memiliki potensi yang cukup menguntungkan. Anak-anak tidak perlu ke kota hanya untuk bimbel. Anda bisa memulainya dari rumah Anda sendiri atau mendatangi murid yang ingin bimbel dengan Anda.

Karena di desa, sebaiknya Anda pasang tarif dibawah pasaran bimbel di perkotaan. Dengan begitu, para orang tua tidak akan keberatan untuk memasukkan anaknya bimbel di tempat Anda.

Peluang Usaha di Bidang Online

Setelah kita membahas sekian banyak peluang usaha offline. Kini saatnya kita bahas tentang peluang usaha di desa secara online. Sebenarnya ada banyak sekali peluang bisnis online yang bisa dikembangkan. Saya akan mengulas beberapa saja. Diantaranya :

24. Menjadi Blogger

menjadi blogger profesionalMenjadi blogger bisa dijadikan sebagai usaha sampingan maupun pekerjaan utama. Telah banyak orang sukses menjalankan profesi sebagai blogger dengan meraup puluhan juta rupiah per bulan.

Mendapatkan uang dari blog bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan kerja sama iklan PPC, memasang iklan mandiri, pasang link afliasi atau menjual produk sendiri.

Yang paling populer di Indonesia saat ini ialah kerja sama iklan PPC Google Adsense. Bayaran sekali klik iklan di Indonesia berkisar antara 0,01-0,1 dollar. Sementara untuk Negara maju seperti USA bisa mencapai 0,1-1 dollar.

Jika Anda ingin mendapat bayaran klik yang besar. Maka targetkan pengunjung Anda di luar negeri. Namun, Anda harus membuat blog dengan artikel bahasa inggris.

Tapi jika Anda tidak bisa membuat artikel inggris, jangan terlalu dipaksakan. Lebih baik buatlah blog dengan target pengunjung dalam negeri. Toh, jika pengunjung Anda banyak. Kemungkinan mendapat bayaran puluhan juta terbuka lebar.

Lebih lengkapnya tentang blogger, silahkan baca cara mudah mendapatkan uang dari blog untuk pemula

25. Menjadi Dropship

Usaha online lain yang bisa Anda coba adalah jualan secara online. Hampir semua barang laku di jual secara online. Jadi Anda bisa menjual produk Anda sendiri.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki produk untuk dijual?

Jangan khawatir. Anda masih bisa berjualan online dengan menjadi dropship. Dropship sendiri adalah sistem jualan dimana Anda menjualkan barang milik supplier secara online dan tidak perlu stok barang. Bisa dibilang dropship adalah salah satu ide usaha tanpa modal karena Anda memang tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun.

Anda bisa mencari supplier di google atau di marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak. Disana banyak bertebaran supplier yang siap membantu Anda menjadi dropship.

Setelah Anda mendapatkan supplier sesuai produk yang ingin Anda jual. Tugas Anda selanjutnya tinggal upload foto dari supplier ke media sosial Anda baik di Facebook atau Instagram untuk mendapatkan konsumen.

Keuntungan yang Anda dapatkan adalah selisih harga yang ditetapkan supplier dan harga yang Anda tawarkan pada konsumen. Misalnya Jika Anda berniat jualan baju online, dari supplier harganya Rp 100 ribu. Jika Anda ingin mengambil keuntungan Rp 50 ribu. Maka Anda harus menjual ke konsumen Rp 150 ribu.

Bayangkan saja jika dalam sehari Anda mampu menjual rata-rata 10 baju. Penghasilan Anda sudah Rp 500 ribu per hari.

Lebih jelasnya tentang bisnis dropship, silahkan baca cara memulai bisnis dropship untuk pemula.

26. Menjadi Youtuber

Mencari uang lewat internet berikutnya adalah menjadi youtuber. Youtuber sendiri adalah orang-orang yang mencari uang lewat jejaring video youtuber. Mereka juga dikenal sebagai conten creator Youtube.

Untuk upload video di youtube sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal sign in dengan akun gmail lalu upload video di Youtube, maka Anda sudah punya video disana.

Yang sulit adalah bagaimana cara video Anda disukai dan ditonton banyak orang. Karena untuk menghasilkan uang dari youtube. Anda harus memiliki banyak viewer.

Jangan merasa pesimis bahwa orang desa tidak akan laku di Youtube. Anda bisa mencontoh Pak Ndul dari channel Wagu Waton Guyon. Beliau mengambil konsep sebagai warga desa dengan latar belakang di pedesaan.

Hanya dalam dua bulan saja, videonya sudah menjadi tranding topic di Youtube. Beliau juga sudah berkali-kali di undang di acara televisi nasional.

Berikut salah satu video dari Pak Ndul

Anda bisa membuat konsep yang lain. Yang penting menarik dan berpotensi disukai banyak orang. Jika Anda berminat, simak bagaimana cara jadi youtuber sukses dan terkenal.

Sebenarnya masih banyak bisnis online yang bisa Anda jalankan. Beberapa diantaranya affliate marketing, trading forex, desain grafis, buka toko online dan lain-lain.

Untuk pembahasan lebih lengkap tentang bisnis online, bisa Anda simak 15 jenis peluang bisnis online terbaru dengan modal kecil.

Itulah beberapa peluang usaha di desa berkembang yang bisa Anda jalankan. Intinya meskipun Anda tinggal didesa, jangan hanya menjadi seorang petani saja. Kalaupun menjadi petani, jadilah petani yang sukses. Anda juga bisa mencoba bisnis lain seperti yang saya sebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *